Pernahkan anda mendengar istilah Weebly?

Bagi anda yang berkecimpung di dunia blogging tentu tidak asing lagi dengan ini. Berbeda dengan WordPress atau Blogger, Weebly hadir dengan memberikan kemudahan bagi penggunanya. Anda dapat membuatnya hanya melalui antar muka drag-and-drop tanpa memerlukan pengetahuan pemrograman. Pembuatan website dengan Weebly gratis, sehingga anda dapat membuat web atau blog tanpa mengeluarkan biaya apapun.

Weebly didirikan oleh David Rusenko, Chris Fanini, dan juga dan Veltri pada tahun 2006. Kehadiran Weebly disambut positif oleh mereka yang belajar mengelola dan mengembangkan web. Salah satu fitur yang dimiliki Weebly yang dapat di pakai secara cuma-cuma yaitu Weebly Pro. Fitur ini dapat membuat password pada halaman yang dilindungi dan membatasi file yang akan diupgrade dan menerima support serta fungsi lainnya. Weebly juga dikabarkan sudah kompatibel dengan browser Google Chrome dan Safari, sehingga lebih responsif dan nyaman.

Baca Juga  Inilah Aplikasi Desain Logo PC Terbaik 2020

Selain itu, weebly bekerja dengan format widget yang membuat para pengguna dapat membuat halaman dengan hanya beberapa klik dan menyeret tulisan, gambar maupun konten lain dengan mudah.

Fungsi Weebly

 

Seperti yang sudah dijelaskan bahwa fungsi weebly yaitu untuk mempermudah pengguna dalam membuat website secara gratis. Baisanya weebly dimanfaatkan bagi pengguna yang baru belajar blogger karena adanya kebebasan untuk merubah atau mengatur website sesuai keinginan.

Weebly juga akan memberikan sub domain gratis, tetapi biasanya pengguna tidak dapat menentukan sub domain sesuai dengan yang diinginkan dan harus memilih salah satu sub domain yang ditentukan oleh Weebly.

Kelebihan Weebly

  1. Pembuatan Website Mudah

Weebly memberikan kemudahan dalam pembuatan website. Anda dapat membuat desain sesuai tema yang sudah ada, tetapi desain menjadi tidak unik. Selanjutnya dapat dengan menyentuh kode pemograman yang  akan membuat desain menjadi unik, tapi tidak dapat dilakukan oleh semua orang. Sehingga dengan weebly, anda dapat membuat situs yang unik dengan mudah. Anda hanya perlu menggeser elemen dan menempatkannya pada posisi yang diinginkan.

  1. Menyediakan Fitur Gratis

Memiliki kelebihan untuk membuat web yang diinginkan secara gratis dengan fitur-fitur yang ada.

  1. Desain yang disediakan lebih menarik

Weebly menyediakan desain yang lebih menarik dari blogspot. Anda dapat memilih desain sesuai dengan yang diinginkan. Desain yang disediakan tidak membosankan dan kekinian.

  1. Memberikan kemudahan dalam memasukkan konten

Menyediakan fitur yang banyak dan dapat dinikmati maupun dimanfaatkan, sehingga website akan menjadi menarik dan tentunya dapat meningkatkan traffic website anda.

Baca Juga  PERBEDAAN LITESPEED DENGAN APACHE

Kekurangan Weebly

  1. Masih kurang banyak diketahui khususnya diIndonesia dan tidak sepopuler Blogger dan WordPress.
  2. Cenderung kesulitan ketika mengerjakannnya karena masih awam tentang weebly.
  3. Pencarian di Google masih cenderung kurang dan dipaksa dnegan memasukkan input Weebly pada kotak pencarian.
  4. Tidak bisa menggunakan domain sendiri dan akan menggunakan subdomain dari Weebly.

 

0 Shares