Apa itu Google AMP?

AMP (Accelerated Mobile Pages) merupakan sebuah halaman website yang didesain berdasarkan open sorce, tidak menggunakan API atau RSS. Google AMP merupakan fitur milik Google yang bisa dengan mudah diterapkan di website anda.

Keunggulan utama dari Google AMP adalah memastikan konten dalam website anda dapat diakses lebih cepat.  Website yang menggunakan Google AMP dapat anda lihat langsung melalui hasil pencarian Google. Pada dasarnya, fitur Google AMP ini akan membuat loading halaman blog atau website anda menjadi lebih ringan. Penggunaan JavaScript, CSS, dan juga penggunaan HTML akan diminimalisir oleh fitur AMP ini sehingga blog anda hanya memerlukan waktu loading yang jauh lebih sedikit.

Apabila anda tertarik untuk membuat halaman Google AMP, maka ada tiga komponen utama yang harus anda perhatikan, yaitu:

  • AMP HTML

AMP HTML adalah sebuah bagian dari HTML untuk konten artikel blog anda. AMP HTML ini terdiri dari custom tag, contohnya seperti amp-image, amp ads, dan amp-video. Ada beberapa hal yang dilakukan oleh AMP HTML ini, di antaranya yaitu menyesuaikan gambar, memperkecil ukuran CSS dan juga HTML serta akan melakukan inline CSS.

  • AMP JS

AMP JS merupakan framework JavaScript yang berfungsi untuk mempercepat akses melalui perangkat mebile dengan menggunakan metode asynchronous. Namun perlu anda inget, penggunaan JavaScript dari pihak ketiga tidak dapat dilakukan dengan AMP.

  • AMP CDN

Fitur Google AMP akan menyimpan file blog atau website anda sehingga pada saat halaman blog atau website anda diakses berulang-ulang, maka browser tidak harus mengambil kembali di server.

Manfaat Google AMP

  • Meningkatkan pengunjung blog atau website dan dapat menurunkan tingkat bounce rate

Google AMP adalah salah satu cara meningkatkan pengunjung blog dan website dengan cepat. Blog atau website anda akan lebih cepat untuk diakses, sehingga kemungkinan kecil pengunjung akan meninggalkan website anda.

  • Meningkatkan peringkat blog atau website anda pada mesin pencarian

Dengan menggunakan Google AMP, blog atau website anda memiliki peluang lebih besar untuk kenaikan peringgkat di mesin pencarian Google.

  • Google AMP dapat dihubungkan dengan akun Analytics

Dengan menghubungkan blog atau website AMP anda dengan Google Analytics akan  mempermudah anda dalam proses pengelolaan dan pemantauan perkembangan blog atau website anda.