Meskipun WordPress telah mengklaim dirinya sebagai CMS yang aman dibandingkan platform lainnya, namun ada saja kelemahan yang dapat ditemukan sehingga hacker dan spammer dapat menembusnya.

Berikut cara untuk menjaga agar WordPress tetap aman:

  • Selalu Upgrade WordPress

Update versi WordPress terbaru diperlukan untuk mengatasi celah (bug system) versi sebelumnya. Anda bisa melakukannya secara langsung melalui halaman dashboard WordPress ketika terdapat versi terbaru. Pastikan Anda selalu update versi untuk mengurangi resiko keamanan WordPress yang ada.

  • Gunakan Layanan Hosting Yang Tepat

Penyedia layanan hosting tentu memiliki peranan penting untuk keamanan website Anda. Pilih layanan hosting yang menyediakan layanan tambahan keamanan seperti SSL.

  • Gunakan Password yang Kuat

Anda tidak hanya mengubah password default, tapi juga anda harus mengganti dengan kata kunci yang rumit agar terhindar dari brute force.  Untuk mendapatkan password yang rumit, gunakan kombinasi angka, huruf, dan karakter.

  • Install Plugin Detektor Spam

Pilihlah plugin yang benar-benar diperlukan saja dan dari sumber yang resmi. Plugin pembersih dan pemblokir spam termasuk salah satu yang dibutuhkan. Tugas dari plugin adalah mendeteksi dan meblokir komentar spam secara otomatis.

  • Install Plugin Keamanan WordPress

Plugin keamanan merupakan salah satu hal yang penting. Plugin memiliki ketegori keamanan mulai dari dasar, menenganh, hingga canggih. Dengan memilih opsi pengamanan tambahan, anda dapat meningkatkan skor keamanan WordPress.

  • Hapus Plugin yang Tidak Digunakan

Hapus plugin yang sudah tidak digunakan untuk menutup celah bagi para hacker yang ingin meretas website anda.

  • Batasi Login

Seorang hacker akan login ke website anda berulang kali hingga mereka dapat crack password anda. Namun ada plugin yang mengizinkan anda membatasi jumlah waktu tertentu untuk mencoba login dalam periode waktu yang telah ditentukan

  • Backup Situs Anda

Backup yang terjadwal merupakan bagian penting dari strategi keamanan situs karena untuk memastikankalau situs anda bermasaah , anda bisa merestorenya ke versi sebelumnya.

  • Install Antivirus di WordPress Anda

Halini perlu anda lakukan karena untuk mengantisipasi file-file terinfeksi dari perangkat ataupun dari website ke perangkat anda saat anda melakukan uploud/download data.

Rate this post