HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Panduan Lengkap Cara Membuat Instagram Ads

Penggunaan media sosial menjadi populer di berbagai kalangan dan menjadikan platform tersebut sebagai media hiburan yang disukai, termasuk Instagram.Instagram merupakan tempat berbagi informasi dan periklanan, baik gratis maupun berbayar. Menurut DataReportal, Instagram merupakan salah satu jejaring sosial terbesar di dunia dengan total lebih dari 1 miliar pengguna.

Di Indonesia sendiri, DataReportal mengklaim penggunanya sudah mencapai sekitar 89 juta orang. Dengan basis pengguna yang sangat besar, iklan Instagram memiliki jangkauan yang sangat luas. Selain jumlah penggunanya yang besar, platform ini mendukung banyak format kreatif yang dapat diterapkan, mulai dari teks, gambar, video.

Apa itu Instagram Ads?

Instagram Ads adalah layanan periklanan berbayar di bawah naungan Meta Ads, namun khusus ditujukan untuk platform media sosial Instagram. Iklan Instagram memungkinkan bisnis dan pengiklan untuk mempromosikan produk, layanan, atau merek kepada pengguna Instagram yang ditargetkan. Iklan Instagram mencakup gambar atau video yang diberi label “bersponsor” dan muncul di feed, story, dan reel.

Cara Kerja Instagram Ads

Instagram Ads cara kerjanya kurang lebih sama dengan iklan di platform media sosial lainnya. Pengguna atau merek dapat mengatur target audiens, anggaran iklan, penempatan, dan jenis iklan yang ingin ditampilkan. Instagram memungkinkan pengiklan menargetkan audiens berdasarkan minat pengguna, demografi, lokasi, perilaku, dan riwayat interaksi. Karena Instagram Ads merupakan bagian dari grup perusahaan Meta, terdapat banyak opsi berbeda untuk pengaturan iklan, baik melalui perangkat bisnis Meta, dasbor Meta Iklan, atau langsung di dalam aplikasi Instagram itu sendiri.

Ini membuat Instagram Ads mudah digunakan. Iklan Instagram juga memiliki alat analisis untuk mengukur kinerja iklan, termasuk metrik seperti tayangan, keterlibatan, dan konversi. Setelah iklan yang dibuat ditayangkan, pengguna Instagram mungkin diminta untuk mengambil tindakan yang diinginkan, seperti mengunjungi situs web, mengklik link, mengirim pesan langsung, mengikuti akun pengiklan untuk mengiklankan atau membeli produk.

Instagram Ads adalah salah satu pilihan periklanan terbaik bagi bisnis dan pengiklan untuk menargetkan audiens yang diinginkan, menjangkau audiens yang lebih luas, dan meningkatkan kesadaran merek, sehingga meningkatkan pendapatan. Ingatlah untuk membuat iklan yang menarik dan relevan agar Anda bisa mendapatkan hasil terbaik dari kampanye iklan yang Anda buat.

Alasan Harus Beriklan di Instagram Ads

1. Jumlah pengguna aktif yang sangat tinggi

Instagram memiliki lebih dari 1 miliar pengguna aktif bulanan di seluruh dunia, sehingga menjadikannya platform yang sangat besar untuk menjangkau target audience.

2. Instagram Ads juga memungkinkan pengiklan memilih target audience yang spesifik

Berdasarkan minat, perilaku, demografi, dan riwayat interaksi pengguna. Dengan demikian, iklan dapat dipromosikan kepada orang-orang yang sesuai dan paling mungkin tertarik pada produk atau layanan yang ditawarkan.

3. Format iklan yang beragam juga menjadi salah satu aspek penting di Instagram Ads

Instagram Ads menawarkan berbagai format iklan seperti foto, video, stories, dan reels. Format iklan ini dapat membantu pengiklan menarik perhatian pengguna saat memperkenalkan produk atau jasanya. Tak kalah pentingnya, IG juga memiliki alat analisis performa iklan yang mendetail untuk mengukur keberhasilan iklan Anda, misalnya dari segi impresi, engagement, dan konversi.

4. Budget iklan yang murah dibandingkan dengan media sosial lain

dikarenakan Instagram Ads hanya menarik budget iklan per hari kurang lebih bisa di mulai dari harga Rp15.000 saja. Dengan menggunakan data yang tersedia di alat analisis, pengiklan dapat mengevaluasi kinerja iklan yang ditayangkan dan mengoptimalkan kampanye iklan agar lebih efektif.

Biaya Iklan di Instagram

Biaya beriklan di Instagram dapat sangat bervariasi tergantung pada berbagai faktor seperti target audiens, persaingan pasar, jenis iklan, dan lainnya. Oleh karena itu, Anda sebaiknya membuat anggaran iklan yang realistis dan melakukan pengujian untuk menentukan biaya iklan yang sesuai, karena setiap biaya untuk metrik seperti CPC atau CPM akan berbeda.

Namun jika Anda ingin mengetahui biaya minimum harian yang dikeluarkan, Anda dapat melihat opsi pengaturan iklan. Jika Anda menggunakan Manajer Iklan, Anda bisa memulainya mulai dari Rp 16.000. Sedangkan jika Anda ingin menggunakan Meta business toolkit atau mungkin meningkatkan promosi konten organik, minimal anggaran harian adalah Rp 20.000. Iklan Instagram tetap menjadi salah satu platform periklanan media sosial termurah karena platform media sosial lainnya memiliki rata-rata anggaran harian untuk biaya minimum yang bisa 2 kali lipat atau bahkan lebih.

Cara Membuat Instagram Ads

1. Boost post konten organik

  • Buka Instagram dan tampilkan postingan yang ingin diiklankan lalu klik tombol boost post.
  • Setelah klik tombol boost post, pilih objektif atau select goal yang akan dijadikan tujuan beriklan, apakah supaya user mengunjungi profil, kunjungan ke website, atau mendapatkan direct message.
  • Setelah Anda memilih objektif, lanjut ke pemilihan audience. Anda bebas memilih apakah ingin menggunakan automatic audience yang nantinya ditentukan Instagram atau membuat sendiri sesuai kebutuhan Anda. Sebaiknya pilih untuk membuat audience sendiri dengan klik opsi create your own.
  • Selanjutnya beri nama audience (sesuai kebutuhan masing-masing), pilih lokasi, minat, umur, dan gender. Setelah itu klik tombol done.
  • Lanjutkan ke pemilihan budget dengan menyesuaikan kebutuhan alokasi sendiri dan pilih apakah durasinya ingin agar selalu berjalan atau ditentukan beberapa hari.
  •  Terakhir pada halaman review, cek kembali apakah semuanya sudah sesuai dengan yang diinginkan.

2. Ads Manager Meta

Kenyataanya, opsi ini masuk dalam ranah profesional karena mengharuskan pengelola bisnis di platform Meta, untuk memasang iklan di Instagram. Pengguna dapat membuat kampanye dan iklan baru di Ads manager jika mereka tidak ingin mempromosikan postingan yang ada di konten organik.

Pengguna dapat menjalankan iklan di platform Facebook dan Instagram secara bersamaan, meskipun cara postingan ditampilkan mungkin berbeda di kedua platform. Berikut langkah sederhana jika Anda ingin menggunakan Ads manager:

  • Buka Business Manager Meta atau akses langsung lewat URL business facebook atau ads manager facebook
  • Pilih menu bar paling atas dan klik ad account yang nantinya akan dipakai beriklan.
  • Lalu create pada tombol hijau untuk membuat campaign iklan baru.
  • Pilih objektif yang akan dicapai, misal kita menginginkan traffic yang diarahkan ke akun Instagram kita sendiri atau website yang sudah dipersiapkan.
  • Setelah menu Campaign terbuka, kalian dapat melakukan setup nama seperti pada gambar atau menentukan buying type, objective, budget sesuai kebutuhan.
  •  Selanjutnya pada adset, Anda dapat memilih ingin mengarahkan kunjungan ke mana, optimasi iklan apa, melakukan setup waktu mulai dan berhentinya iklan, audience. Hal terpenting saat membahas Instagram Ads adalah penempatan, karena ini memisahkan penempatan dari iklan. Anda dapat menghapus opsi penempatan di Facebook, Audience Network & Messenger.
  • Pada bagian ads yang terakhir, Anda dapat memilih page dan Instagram yang akan digunakan, memilih elemen creative atau menggunakan creative dari konten organik yang sudah di-posting organik sebelumnya.

Tips Beriklan di Instagram Ads

1. Menentukan tujuan kampanye

Sebelum meluncurkan kampanye periklanan, pastikan tujuan Anda jelas. Apakah Anda ingin meningkatkan kesadaran merek, meningkatkan penjualan, atau meningkatkan lalu lintas ke situs web Anda? Dengan menentukan tujuan yang jelas, perencanaan kampanye iklan Anda akan lebih efektif.

2. Targetkan audience yang tepat 

Instagram Ads menawarkan berbagai opsi penargetan untuk membantu Anda menjangkau audiens yang tepat. Targetkan berdasarkan lokasi, demografi, minat, perilaku, dan lainnya. Pastikan Anda memilih opsi penargetan yang relevan dengan produk Anda.

3 Gunakan gambar atau video berkualitas tinggi

Instagram ialah platform visual sehingga gambar atau video yang menarik dan berkualitas tinggi adalah hal yang penting. Pastikan konten yang digunakan konsisten dengan identitas brand Anda dan menarik minat audiens.

4. Buat caption yang menarik

Selain gambar atau video, caption menjadi bagian penting dalam iklan Instagram. Buatlah semenarik mungkin dengan tetap menjaganya tetap informatif, ringkas, dan jelas. Pastikan caption mengandung nilai tambah bagi audiens Anda.

5. Gunakan Call-to-action (CTA) yang tepat

CTA penting untuk mendorong audiens Anda mengambil tindakan tertentu, seperti mengunjungi situs web atau membeli produk. Pastikan CTA relevan dengan sasaran periklanan Anda dan menarik.

6. Uji dan optimalkan kampanye

Setelah kampanye iklan Anda diluncurkan, ingatlah untuk terus memantau kinerjanya. Lakukan A/B testing untuk mengetahui mana yang berhasil dan mana yang tidak. Optimalkan kampanye berdasarkan data yang dikumpulkan untuk meningkatkan kinerja iklan dari waktu ke waktu.

7. Gunakan fitur pengukuran dan pelaporan

Instagram Ads menawarkan berbagai fitur pengukuran dan pelaporan yang dapat membantu Anda memahami kinerja kampanye dan membuat keputusan yang tepat. Ingatlah untuk memanfaatkan fitur ini untuk meningkatkan kinerja iklan Anda seiring waktu.

Jangan terlalu khawatir dengan banyaknya pilihan konfigurasi dan mulailah bereksperimen dengan anggaran kecil sehingga Anda dapat mencoba sedikit demi sedikit formula Iklan Instagram mana yang pada akhirnya akan menjadi winning campaign Anda.

5/5 - (1 vote)
Anisa Sifa

Recent Posts

Pahami Komponen Penting dalam Pembuatan Website beserta Harganya

Penggunaan website di era digital saat ini sangat diperlukan untuk berbagai keperluan bisnis maupun pribadi.…

7 hours ago

Belajar Tahap Marekting dengan AIDA

Pernahkah Anda mendengar konsep yang disebut AIDA? Mungkin kata ini masih asing bagi mereka yang…

8 hours ago

Apa itu Software Engineering? Pengertian, Elemen, dan Model Pengembangannya

Di era teknologi saat ini, kebutuhan akan komputer dan perangkat komputer tentu saja semakin bertambah,…

1 day ago

Berbagai Cara Simple Atasi ERR_CONNECTION_CLOSED!

Jika Anda sedang sibuk membuka website atau mencari informasi dengan terburu-buru dan menemui error ERR_CONNECTION_CLOSED,…

1 day ago

Mudah Banget! Begini Cara Membuat Landing Page dengan Elementor

Kamu sudah punya website? Ingin punya website tapi budget terbatas? Tenang! Karena WordPress memiliki plugin…

3 days ago

Ide Konten Video Menarik Untuk Sosial Mediamu!

Halo Sobat! Dengan berkembangnya dunia digital, kini kita bisa menikmati berbagai macam konten. Salah satu…

3 days ago