HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Pelajari apa itu Ethernet, Pengertian, Sejarah, Fungsi, dan Cara Kerjanya

Teknologi jaringan komputer saat ini sudah dikenal oleh masyarakat umum. Evolusi tidak ada habisnya, dari yang paling sederhana hingga yang paling kompleks. Ethernet adalah teknologi yang sangat berguna sehingga penggunaannya juga bervariasi. Untuk alasan pribadi atau bisnis.

Jenis jaringan juga banyak, untuk area lokal ada LAN dan salah satunya adalah Ethernet. Anda harus tahu apa artinya menjadi Ethernet sebagai kabel LAN generasi berikutnya.

Pengertian Ethernet

Tentu saja, jika Anda sudah familiar dengan jaringan komputer, Anda sudah tahu apa itu Ethernet. Ethernet adalah jaringan yang termasuk dalam kategori Local Area Network (LAN). Sistem komunikasi yang dibangun dengan Ethernet membagi aliran data ke dalam frame. Di setiap frame, ada alamat tujuan dan sumber data. Selain itu frame juga memiliki sistem verifikasi data sehingga jika ada kerusakan atau error bisa dikirim kembali.

Ethernet dapat dipahami sebagai salah satu jenis protokol komunikasi yang membantu menghubungkan komputer dalam jaringan LAN dan WAN. Dengan sistem operasi jaringan Ethernet, yang merupakan jenis LAN, memungkinkan setiap komputer bersaing untuk mendapatkan akses ke jaringan. Namun, jaringan Ethernet sekarang merupakan jenis LAN yang paling populer. Hal tersebut dikarenakan jaringan Ethernet mudah dipasang dan biayanya sangat murah.

Sejarah Ethernet: Awal Populer

Sejarah Ethernet dimulai ketika Robert Metcalfe dan David Boggs menemukan teknologi Ethernet pada LAN pertama pada pertengahan tahun 1970-an. Teknologi ini dikembangkan oleh Robert Metcalfe di Pusat Riset Palo Alto milik Xerox Corporation.

Awalnya, lulusan Universitas Harvard Bob Metcalfe bekerja untuk ARPANET di MIT dan ALOHANET sambil meneliti secara mendalam protokol akses acak. Setelah menyelesaikan studi doktoralnya, ia mulai bekerja di Xerox Palo Alto Research Center (Xerox PARC). Di sana dia memperhatikan peralatan komputer Alto. Dia menyadari kebutuhan akan jaringan komputer yang terjangkau.

Gagasan ini pertama kali didokumentasikan dalam sebuah memo pada 22 Mei 1973 oleh Robert Metcalfe. Inilah mengapa Robert Metcalfe memulai penelitian tentang Ethernet pada tahun 1972 dan menerbitkannya pada tahun 1973.

Sejarah Ethernet : Perkembangan dan Evolusinya

Ethernet menjadi salah satu LAN yang paling populer pada tahun 1980. Kemudian, Ethernet berhasil mengubah status LAN lain hingga distandarisasi pada tahun 1985 dan disebut IEEE 802.3. Ethernet awalnya beroperasi pada 2,94 Mbps dan terhubung ke 256 server yang berjarak satu kilometer. Hasil ini menjadikan mereka peneliti Xerox PARC pertama yang berkomunikasi dengan komputer AltoMetcalfe mengembangkan teknologi Ethernet ini dengan mendirikan perusahaan sendiri yang bernama 3Com. 3Com mengembangkan pemasaran kartu Ethernet (Ethernet Card) untuk komputer IBM pada awal 1980-an. Namun, pada tahun 1990, Metcalfe meninggalkan 3Com, perusahaan yang telah ia bangun dengan kerja keras.

Evolusi Ethernet sendiri terdiri dari 4 generasi, yaitu:

  1.  Standar Ethernet
    Sejarah kuno Ethernet melibatkan standar Ethernet dengan kecepatan hingga 10 Mbps. LAN adalah contoh penggunaan jenis jaringan ini. Biasanya, jumlah komputer yang terhubung ke jaringan jenis ini cenderung relatif kecil dan relatif berdekatan. Sesuai untuk rumah atau kantor kecil yang hanya membutuhkan jangkauan yang lebih kecil dan tidak terlalu luas.
  2. Fast Ethernet
    Fast Ethernet memiliki kecepatan hingga 100 Mbps. LAN adalah contoh menggunakan jenis jaringan ini. 100Mbps sendiri adalah kecepatan transfer data, sedangkan kecepatan input data selalu 10Mbps.
  3. Gigabit Ethernet
    Gigabit Ethernet memiliki kecepatan hingga 1000 Mbps atau setara dengan 1Gbps. Teknologi ini mulai populer pada tahun 1998, dan masih berkembang hingga sekarang kecepatannya mencapai 10Gbps. Sesuai untuk gedung atau kantor yang hanya membutuhkan jangkauan yang lebih luas dan luas.
  4. Ten-gigabit ethernet
    Kecepatan hingga 10.000 Mbit/dtk atau 10 Gbit/dtk. Standar ini belum diterapkan secara luas.

Fungsi Ethernet

Penting untuk mengetahui Ethernet, tetapi akan lebih baik jika Anda memahami fungsinya. Tentu saja, Anda memerlukan pengontrol Ethernet atau kartu Ethernet, yang merupakan dasar untuk membangun jaringan LAN.

Apa itu Ethernet controller? Ethernet controller atau kartu Ethernet adalah perangkat yang berfungsi untuk mentransfer file dan data melalui jaringan komputer.

Komputer terhubung ke jaringan dan berkomunikasi satu sama lain dengan akses fisik ke media jaringan. Sistem yang digunakan untuk Ethernet juga mencakup pengalamatan tingkat rendah. Alamat MAC yang digunakan juga merupakan satu-satunya 48 bit yang ditemukan pada ROM kartu Ethernet. Jadi dalam jaringan dapat dipastikan bahwa setiap komputer memiliki kartu alamat MAC yang unik.

Kabel Ethernet digunakan untuk membuat koneksi Internet. Perangkat terhubung ke jaringan lokal, yang terhubung ke port Ethernet dari berbagai perangkat. Untuk jaringan lokal yang digunakan oleh organisasi tertentu, mis. B. kantor perusahaan, sekolah kampus dan rumah sakit. Ethernet dicirikan oleh kecepatan tinggi, keamanan, dan keandalan. Kabel Ethernet biasanya digunakan untuk menghubungkan router atau modem nirkabel ke port Internet atau saluran telepon.

Cara Kerja Ethernet

Protokol Ethernet menggunakan topologi star atau linier bus, yang menjadi dasar standar IEEE 802.3. Dalam struktur jaringan OSI, protokol ini beroperasi pada lapisan fisik dan lapisan data link, dua lapisan pertama. Ethernet membagi lapisan tautan data menjadi dua lapisan terpisah: lapisan kontrol tautan logis dan lapisan MAC (Medium Access Control).

Lapisan tautan data dalam sistem jaringan terutama berkaitan dengan transmisi paket data dari satu node ke node lainnya. Ethernet menggunakan mekanisme akses yang disebut CSMA/CD (Carrier Sense Multiple Access/Collision Detection) untuk memungkinkan setiap komputer terhubung sebelum mengirim data melalui jaringan.

Ethernet juga mentransmisikan data menggunakan dua komponen, paket dan bingkai. Frame berisi data payload yang akan dikirim serta MAC dan alamat fisik pengirim dan penerima, data koreksi kesalahan untuk mengidentifikasi kesalahan transmisi, dan VLAN tagging (VLAN) dan quality information.service (QoS). Setiap frame dienkapsulasi dalam paket berisi beberapa byte data untuk mengatur koneksi dan menentukan titik awal frame.

Komponen Utama Koneksi Ethernet

    1. Protokol Ethernet
      Xerox mengembangkan protokol ini  pada tahun 1970-an. Ini adalah seperangkat standar yang mengatur transmisi data antar komponen Ethernet seperti yang telah dijelaskan sebelumnya.
    2. Port Ethernet
      Port Ethernet (sering disebut jack) adalah lubang di infrastruktur jaringan komputer tempat kabel Ethernet dapat dihubungkan. Ini mendukung kabel dengan konektor RJ-45. Port Ethernet pada sebagian besar komputer digunakan untuk menghubungkan periferal dengan koneksi kabel. Port Ethernet komputer terhubung ke kartu jaringan Ethernet, juga dikenal sebagai kartu Ethernet, dipasang di motherboard. Router dapat menyertakan beberapa port Ethernet untuk mendukung perangkat jaringan kabel.
    3. Adaptor jaringan Ethernet
      Adaptor Ethernet adalah chip atau kartu yang cocok dengan slot pada motherboard dan menghubungkan komputer ke jaringan area lokal (LAN). Sebelumnya, itu selalu digunakan dengan komputer desktop. Ethernet sekarang terintegrasi ke dalam chipset motherboard laptop dan desktop.
    4. Kabel Ethernet
      Kabel Ethernet, umumnya dikenal sebagai kabel jaringan, menghubungkan komputer/PC ke modem, router, atau sakelar jaringan. Kabel Ethernet termasuk konektor RJ45, kabel internal, dan selubung plastik.

Kelebihan Ethernet

    1. Kecepatan tinggi
      Ethernet adalah teknologi jaringan komputer berkecepatan tinggi. Selain itu, Ethernet juga merupakan teknologi jaringan komputer pertama yang memungkinkan administrator jaringan untuk mengoperasikannya dengan mudah.
    2. Lebih mudah dan murah
      Dibandingkan dengan teknologi jaringan komputer lain seperti Token Ring, FDDI dan ATM yang lebih kompleks dan mahal, teknologi Ethernet lebih sederhana dan murah.
    3. Lebih adaptif
      Dibandingkan dengan teknologi jaringan komputer lainnya, teknologi Ethernet terus berkembang untuk mengakomodasi perkembangan teknologi baru dengan aliran data yang lebih cepat.
    4. Biaya yang murah
      Perangkat keras Ethernet seperti adaptor dan sakelar adalah produk berbiaya rendah.

Kekurangan Ethernet

    1. Memungkinkan konflik data saat menggunakannya.
    2. Diaktifkan untuk jaringan kecil dan pendek.
    3. Menggunakan kabel yang lebih panjang dapat menyebabkan crosstalk.
    4. Kcepatan akan berkurang seiring bertambahnya lalu lintas.
5/5 - (1 vote)
Anisa Sifa

Recent Posts

Ampuh Banget! 10 Tips Meningkatkan Keamanan Server VPS

Pada dasarnya, VPS (Virtual Private Server) sudah cukup aman untuk digunakan sebagai hosting situs online…

17 hours ago

Solusi Mencari Kata Kunci SEO Dengan Mudah

Siapa pun yang mengelola website perlu mengetahui cara mencari kata kunci untuk meningkatkan traffic ke…

20 hours ago

Pahami Komponen Penting dalam Pembuatan Website beserta Harganya

Penggunaan website di era digital saat ini sangat diperlukan untuk berbagai keperluan bisnis maupun pribadi.…

3 days ago

Belajar Tahap Marekting dengan AIDA

Pernahkah Anda mendengar konsep yang disebut AIDA? Mungkin kata ini masih asing bagi mereka yang…

3 days ago

Apa itu Software Engineering? Pengertian, Elemen, dan Model Pengembangannya

Di era teknologi saat ini, kebutuhan akan komputer dan perangkat komputer tentu saja semakin bertambah,…

4 days ago

Berbagai Cara Simple Atasi ERR_CONNECTION_CLOSED!

Jika Anda sedang sibuk membuka website atau mencari informasi dengan terburu-buru dan menemui error ERR_CONNECTION_CLOSED,…

4 days ago