Apa itu CDN?

Content Delivery Network (CDN) adalah kumpulan dari server global yang terletak di beberapa data center dan tersebar di berbagai Negara. Jaringan ini berfungsi untuk mengirimkan konten dari server kesuatu website. Dengan memasang CDN pada website, maka konten website anda seperti CSS, image, video, custom scripts akan dipantulkan di server cadangan yang terletak di berbagai Negara di dunia.

Sebagai contohnya, jika ada pengunjung website anda yang berasal dari Eropa, server CDN Eropalah yang melakukan respon ke pengunjung tersebut. Secara otomatis server CDN ini akan merespon dengan server yang terdekat dengan pengunjung. Dengan anda memakai CDN, website anda akan lebih cepat di buka dari berbagai Negara di dunia, dan quota bandwidth anda di server asal akan minim penggunanya. Selain itu juga website anda tidak akan membebani resources server shared hosting sebab sangat ringan dan tidak menyebabkan overload di hosting.

Cara kerja CDN

Ketika pengunjung website anda mengunduh suatu halaman website, maka pengunjug akan mengirim http request ke server yang dituju, kemudian server anda akan merespon dan mengirimkan berkas-berkas yang diminta oleh pengunjung untuk di unduh. Kecepatan mengunduh sangat dipengaruhi oleh beberapa faktor salah salah satunya yaitu jarak antara letak server dengan pengunjung website anda. Semakin jauh jarak server ke lokasi pengunjung, maka akan lama pula respon pengirimannya/ lama dalam mengakses halaman website. Begitu pula sebaliknya jika semakin dekat jarak antara server dengan pengunjung, maka semakin cepat waktu untuk mengakses halaman web tersebut.

Fungsi CDN

Berikut manfaat Content Delivery Network (CDN) yang bisa anda dapatkan ketika menerapkan CDN pada website.

  • CDN sebagai solusi untuk website yang memiliki banyak pengunjung

Ketika ada pengunjung yang ingin mengakses website anda, maka CDN akan mengarahkannya ke server yang paling dekat dengan pengunjung. Hal ini akan mengurangi beban server bahkan ketika website mempunyai banyak pengunjung.

  • CDN memastikan sebuah website dapat diakses secara global

Penyedia CDN tersebar diseluruh dunia, hal ini memungkinkan pengunjung dari seluruh dunia dapat mengakses website anda.

  • CDN cukup efektif mengurangi penggunaan resource

CDN melakukan cache dan mengirimnya ke pengunjung dengan meminimalisir permintaan ke server hosting. Hal ini sangat bermanfaat jika anda mempunyai hosting dengan sumber daya terbatas. Misalnya saja ada batasan bandwidth yang kadang melebihi kapasitas yang ada, selain itu di beberapa penyedia hosting juga menerapkan batasan disk space maupun PAM untuk sebuah hosting.

  • CDN meningkatkan kecepatan loading situs web (terutama jika lokasi pengunjung lebih dekat dengan server CDN)

Ketika CDN mengarahkan pengunduhan ke srver yang paling dekat dengan pengunjung, maka dapat mempercepat loading di website. Hal ini dikarenakan pengunjung tidak perlu melewati beberapa routing server di seluruh dunia.

  • CDN dapat meningkatkan peringkat yang lebih baik pada pencarian

Mesin pencarian akan mempercayai bahwa situs yang dikunjungi itu baik. Tentu saja informasi positif ini akan membawa situs dapat lebih tinggi dibandingkan situs lain yang tidak menggunakan CDN. Mesin pecari lebih mengutamakan situs website yang aman dan cepat.

  • CDN mendukung semua tipe website dan hosting

Semua layanan hosting dapat menggunakanCDN dapat memaksimalkan kinerja website. Bahkan pada situ web yang menggunakan WordPress terdapat plugin yagn dapat terintegrasi dengan CDN langsung.