Pengertian SSH

Menurut wikipedia, SSH ( Secure Shell) adalah sebuah protocol jaringan kriptografi untuk komunikasi data yang aman, login antarmuka baris perintah, perintah eksekusi jarak jauh dan layanan jaringan lainnya antara dua jaringan komputer. SSH ( Secure Shell) merupakan protokol jaringan yang memungkinkan pertukaran data atau komunikasi data  melalui saluran aman antara dua perangkat jaringan. Biasanya SSH itu banyak digunakan pada Operasi System berbasis UNIX dan LINUX untuk mengakses akun Shell. SSH dirancang sebagai pengganti telnet dan protocol remote shell lainnya yang tidak aman seperti rsh Berkeley dan protocol rexec yang mengirim informasi terutama kata sandi dalam bentuk teks terutama kata sandi sederhana yang membuatnya mudah dicegat.

Fungsi SSH ( Secure Shell)

  • Menggantikan telnet, rlogin, ftp, dan rsh yang salah satu fungi utamanya adalah untuk menjamin keamanan dalam melakukan transmisi data pada suatu jaringan.
  • Melakukan enkripsi data yang dikirim.
  • Protocol untuk pertukaran data dalam suatu jaringan.
  • Otentifikasi yang merupakan mekanisme untuk memastikan pengiriman dan penerimanya benar dan aman.
  • Kerahasiaan untuk memastikan kerahasiaan data yang dikirim agar hanya diketahui oleh penerima dan pengirim.

Manfaat SSH ( Secure Shell)

Manfaat menggunakan akun SSH adalah dapat meningkatkan keamanan data pada komputer anda ketika mengakses internet, karena dengan adanya SSH sebagai perantara koneksi internet anda, SSH akan memberikan enskripsi pada semua data yang terbaca, baru mengirimkannya ke server lain. Selain dapat melakukan enskripsi data, SSH juga memiliki kemampuan melakukan Port Forwarding yang mana memungkinkan anda dapat melakukan koneksi aplikasi TCPdengan lebih aman dan anda dapat melakukan koneksi dengan membypass firewall atau proxy setempat.

Dengan menggunakan SSH anda juga dapat bergerak bebas melalui stukrur file akun hosting. Anda juga dapat menjalankan tugas seperti monitoring log file dan memulai atau menghentikan service ( berlaku di layanan VPS / Dedicated). Bahkan anda juga dapat menggunakannya untuk install software ke akun hosting anda atau manage database MySQL. SSH mengijinkan anda untuk melakukan banyak hal lebih dari standard web.