Apa Itu Email Marketing?

Email marketing adalah cara pemasaran yang sering dilakukan oleh para pelaku bisnis online dengan memanfaatkan media email (surat elektronik). Email marketing merupakan cara yang paling efektif untuk membangun koneksi dengan calon pelanggan dan mengarahkan mereka untuk menjadi pelanggan setia anda. Email marketing dikirim kepada calon pelanggan yang belum pernah membeli produk, dan juga kepada pelanggan yang sudah menjadi pelanggan. Selain mengirimkan email penawaran produk ke calon pembeli, media email juga sering digunakan sebagai media untuk menjalin hubungan baik dengan para subscriber melalui email news letter.

Type Email Marketing

Ada beberapa type email marketing yang dilakukan oleh pelaku bisnis online, antara lain:

  • Direct Email

Merupakan pesan yang dikirim ke list email pelanggan dimana email tersebut berisi pesan penawaran atau promosi. Direct email bisa dalam bentuk teks saja atau bisa juga dalam bentuk HTML yang berisi pesan dalam bentuk multimedia yang menarik.

  • Retention Email

Retention email adalah email yang kita kirimkan kepada pelanggan lama agar tetap terhubung dengan bisnis kita, ini sangat krusial bagi semua jenis bisnis. Isi pesan retention email biasanya bertujuan untuk menjaga hubungan baik antara pengusaha dan para pelanggan mereka, ini adalah salah satu cara berbeda untuk menawarkan produk kita ke pelanggan.

  • Beriklan Di Email Orang Lain

Beriklan di email rang lain merupakan salah satu bentuk marketing yang sangat efektif dalam pemasaran secara online. Bagi anda yang belum memiliki banyak email list dan subscriber, anda bisa memanfaatkan email list dari publisher lain dengan membayarkan sejumlah uang kepada mereka agar mau mengirimkan email kepada list mereka dimana di dalam email tersebut terdapat pesan promosi bisnis milik anda.

Manfaat Email Marketing

  1. Bersifat Pribadi

Emal marketing yang bersifat pribadi akan mendapat perhatian lebih dari para pelanggan atau calon pelanggan. Saat mereka merasa nyaman menerima email dari anda, maka akan lebih mudah anda untuk menawarkan apapun kepada mereka melalui email.

  1. Informasi terkirim lebih cepat

Dengan email marketing anda dapat menjangkau para pelanggan dalam waktu yang sangat cepat langsung ke email pribadi mereka sehingga hasilnya akan kita dapatkan lebih cepat.

  1. Biaya Lebih Murah

Menggunakan email marketing jauh lebih murah dan efektif dibandingkan jika anda menggunakan surat fisik.

  1. Promosi Dapat Diukur

Promosi yang anda lakukan melalui email marketing dapat diukur dengan baik karena anda dapat melihat berapa email yang terkirim pada pelanggan dan bagaimana respon pelanggan tersebut. Dengan begitu, anda bisa melakukan analisa lebih baik terhadap promosi  yang dilakukan dan bisa segera melakukan perubahan pada promosi  selanjutnya.

  1. Membangun Hubungan Baik Dengan Pelanggan

Anda dapat dengan mudah menjalin hubungan baik dengan para pelanggan dan calon pelanggan melalui email marketing. Email yang anda kirimkan bisa berupa tips, informasi penting, promosi produk, dan lainnya dengan cara yang lebih mudah.

Rate this post