HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Apa Itu Gateway? Yuk Simak Ulasan Lengkapnya!

Gateway merupakan komponen penting dalam jaringan, baik jaringan komputer maupun internet, dan mempunyai fungsi yang beragam. Kata gateway berasal dari kata bahasa Inggris “gate” yang artinya gerbang, dan “way” yang artinya jalan. Oleh karena itu, gateway adalah perangkat atau node yang digunakan untuk menghubungkan jaringan yang berbeda dengan mengubah komunikasi atau lalu lintas dari satu protokol ke protokol lainnya.

Tanpa gateway, Anda mungkin tidak dapat mengakses atau mengirim atau menerima data melalui Internet. Hal ini dikarenakan setiap perangkat mempunyai protokol komunikasi yang berbeda. Oleh karena itu diperlukan suatu alat untuk menghubungkannya melalui gateway.

Selain itu, gateway juga dapat menyediakan konektivitas antar jaringan meskipun jaringan tersebut memiliki pola arsitektur atau topologi yang berbeda. Manfaat utama menggunakan gateway untuk keperluan pribadi atau bisnis adalah menyederhanakan konektivitas Internet pada satu perangkat. Di perusahaan, node gateway juga dapat berfungsi sebagai server proxy dan firewall.

Fungsi Gateway

Pada poin berikut akan menjelaskan berbagai fungsi gateway.

Hardware Sharing

Fungsi pertama dari gateway adalah hardware sharing, yang memungkinkan pengguna untuk berbagi perangkat keras (hardware sharing) secara bersamaan.

Misalnya jika Anda menggunakan printer di kantor Anda. Kantor sering kali memiliki setidaknya satu printer bersama. Kehadiran gateway memungkinkan Anda untuk berbagi jaringan kantor atau printer lainnya antar orang di dalam ruangan.

Protocol Converting

Fungsi selanjutnya adalah protocol converting. Dimana peran gateway adalah memungkinkan jaringan dengan protokol berbeda untuk terhubung dan bertukar informasi dengan benar. Network gateway dapat beroperasi di semua tingkat model network Open System Interconnection (OSI).

Memudahkan Akses Informasi

Setelah konversi dan pemerataan protokol berhasil, fungsi selanjutnya adalah menghubungkan kedua komputer dan bertukar data sehingga pengguna dapat dengan mudah mengakses informasi yang mereka butuhkan. Tanpa gateway, dua komputer yang menggunakan protokol berbeda tidak dapat terhubung dan bertukar data satu sama lain.

Membantu Kinerja Komputasi

Untuk meningkatkan kinerja komputasi, Anda dapat menggunakan gateway untuk mengoptimalkan daya dan stabilitas komputasi perusahaan Anda. Hal ini dapat dilakukan dengan membagi atau mendistribusikan tugas komputasi komputer lain ketika sistem jaringan kelebihan beban.

Memudahkan Pengaturan Data

Menggunakan gateway dalam bisnis atau perusahaan Anda sangatlah penting, terutama untuk pekerjaan yang banyak menggunakan komputer. Gateway memungkinkan bisnis dengan mudah mengintegrasikan dan mengatur data penting. Hal ini terutama berlaku jika perusahaan Anda memiliki divisi berbeda atau divisi yang bekerja secara terpisah.

Jika komputer-komputer tersebut dihubungkan melalui gateway, maka pihak manapun yang membutuhkan data atau informasi tersebut dapat dengan mudah memperolehnya. Dalam hal ini, Anda memerlukan administrator yang tugasnya mengontrol keamanan dan pengelolaan data Anda.

Jenis – Jenis gateway

Ada berbagai jenis gateway berdasarkan fungsinya:

Network Gateway

Network gateway adalah jenis yang paling umum digunakan. Jenis gateway ini menyediakan antarmuka antara dua jaringan berbeda yang menggunakan protokol berbeda. Tipe gateway ini biasanya disebut tanpa nama tipe yang mengikutinya.

Cloud Storage Gateway

Jenis gateway ini mengubah storage request menggunakan berbagai cloud storage service API calls. Ini memungkinkan Anda mengintegrasikan storage dari private cloud ke dalam aplikasi Anda tanpa berpindah ke public cloud.

Beberapa cloud storage gateway menyertakan REST (Representational State Transfer) dan SOAP (Simple Object Access Protocol).

IoT Gateway

Gateway IoT mengumpulkan data sensor dari perangkat di lingkungan Internet of Things (IoT), memproses data sensor dengan mengkonversi antar protokol sensor, dan kemudian mengirimkannya ke jaringan layanan cloud. Hal ini memungkinkan perangkat jaringan cloud berbasis IoT terhubung ke aplikasi pengguna.

VoIP Trunk Gateway

Gateway trunk VoIP memungkinkan pertukaran data antara perangkat PSTN (Public Switched Telephone Network) dan jaringan VoIP (Voice Over Internet Protocol) tanpa operator. Banyaknya layanan yang disediakan oleh gateway trunk VoIP telah memungkinkan biaya telepon yang lebih rendah, menjadikan gateway trunk VoIP sebagai aplikasi utama.

Selain itu, gateway secara umum dibagi menjadi dua kategori berdasarkan arah aliran data:

Bidirectional Gateway

Bidirectional gateway adalah jenis gerbang yang dapat mengirimkan data dalam dua arah berbeda. Hal ini juga memungkinkan gateway jenis ini menjadi alat sinkronisasi.

Unidirectional Gateway

Berbeda dengan bidirectional gateway, unidirectional gateway memungkinkan transmisi data hanya dalam satu arah. Unidirectional gateway sering digunakan sebagai alat pengarsipan.

Cara Kerja Gateway

Berdasarkan penjelasan sebelumnya, gateway bertugas menghubungkan jaringan dengan menerjemahkan antar protokol yang memiliki format data berbeda. Gateway mencakup network interface cards (NICs), input dan output ethernet serta software untuk menerjemahkan protokol jaringan.

Sebuah gateway digunakan pada network layer pada model Open System Interconnection (OSI), tapi secara teori gateway dapat di deploy pada beberapa OSI layer. Standalone atau virtual gateways biasanya ditempatkan di mana saja pada sebuah jaringan dimana terjemahan diperlukan.

Gateway bisa menjadi unidirectional (memungkinkan data mengalir hanya dalam satu arah) atau bidirectional (memungkinkan data mengalir masuk dan keluar jaringan) sesuai dengan kebutuhan. Saat Anda membuka situs web di browser web, browser web biasanya melewati gateway. Peran gateway adalah mengarahkan paket data ke tujuannya.

Contoh Gateway

Contoh penggunaan perangkat dan jaringan gateway Internet termasuk router dan ISP (internet service provider) yang menyediakan akses ke seluruh jaringan World Wide Web (WWW). Bila Anda memiliki koneksi Internet nirkabel di rumah, router dan ISP Anda mengizinkan semua perangkat jaringan Anda terhubung ke Internet.

Jadi ketika Anda membuat permintaan untuk mendapatkan informasi, permintaan tersebut disalurkan melalui router Anda dan ISP.

Jadilah yang pertama untuk memberi nilai
Nabilah Atikah S

Recent Posts

Optimasi Latency: Cara Meningkatkan Kecepatan Akses Internet

Apa Itu Latency? Latency jaringan adalah waktu yang diperlukan untuk mengirimkan paket data dari pengirim…

15 hours ago

Yuk Simak! Pengertian Facebook Blueprint Hingga Manfaat Penggunaannya

Facebook Blueprint mungkin belum banyak diketahui masyarakat umum, terutama mereka yang tidak aktif menggunakan media…

22 hours ago

Mengenal STP Marketing: Strategi Cerdas untuk Menargetkan dan Memahami Pelanggan

Salah satu kesalahan paling umum yang dilakukan pebisnis baru adalah menjadikan semua orang sebagai target…

2 days ago

Website Portofolio Desain Artistik dan Impresive Sebagai Insipirasimu!

Portofolio penting sebagai “album foto” karya desain Anda yang telah selesai cara yang bagus untuk…

2 days ago

Pentingnya Caption dalam Branding: Cara Menyampaikan Pesan Secara Efektif

Media sosial bukan lagi hal baru di masyarakat. Sebelumnya masyarakat menggunakan media sosial hanya untuk…

5 days ago

Strategi Efektif untuk Memulai Perjalanan Wirausaha

Belakangan ini banyak istilah-istilah kewirausahaan yang sering terdengar dan dibicarakan di masyarakat. Ya, banyak sekali…

6 days ago