HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Strategi Efektif untuk Memulai Perjalanan Wirausaha

Belakangan ini banyak istilah-istilah kewirausahaan yang sering terdengar dan dibicarakan di masyarakat. Ya, banyak sekali orang yang ingin menjadi wirausaha. Salah satu faktor mendasarnya adalah tingginya tingkat persaingan yang harus dihadapi masyarakat ketika mencari pekerjaan baru. Wirausaha mungkin merupakan cara paling praktis untuk mencari pekerjaan baru yang tidak hanya sesuai dengan passion Anda tetapi juga berdasarkan keahlian. Selain itu, persyaratan untuk sebagian besar pekerjaan ternyata terlalu tinggi untuk dipenuhi.

Namun dunia wirausaha bukanlah suatu hal yang mudah. Siapapun yang menjadi pengusaha sukses mungkin pernah mendapatkan pengalaman buruk dengan perusahaan yang dijalankannya. Oleh karena itu, jika Anda ingin menjadi seorang wirausaha, perlu memahami beberapa ciri-ciri wirausaha secara umum.

Apa yang Disebut Dengan Wirausaha?

Mengenai pengertian wirausaha, belum ada pembahasan yang konsisten mengenai istilah tersebut. Dengan kata lain, wirausaha adalah suatu kegiatan usaha atau bisnis yang dilakukan secara mandiri. Artinya sumber daya dan kegiatan usaha yang dilakukan ditanggung oleh pelaku usaha seperti: Metode produksi, rencana operasional, pemasaran, dll.

Menurut Kasmir, dalam Harmaizar (2009 : 12) wirausaha adalah orang yang berjiwa berani mengambil risiko untuk membuka usaha dalam berbagai kesempatan. Wirausaha adalah pelaku utama dalam pembangunan ekonomi dengan fungsinya sebagai pelaku inovasi atau pencipta kreasi-kreasi baru.

Dari definisi di atas dapat kita simpulkan bahwa fokus kewirausahaan adalah perjuangan diri sendiri. Oleh karena itu, untuk sukses menjadi seorang wirausaha diperlukan mental dan keterampilan yang kuat.

Menapa Banyak Orang yang Ingin Menjadi Seorang Wirausaha?

Seperti yang telah disebutkan, wirausaha kini semakin sering terdengar dan menjadi topik yang sering dibicarakan ketika membahas keadaan perekonomian. Selain itu, kini semakin banyak orang yang ingin menjadi wirausaha dibandingkan sebelumnya.

Meski ada tantangan yang harus dihadapi sebelum menjadi seorang wirausaha, namun ada beberapa alasan mengapa banyak orang ingin menekuni bisnis ini. Berikut alasan mengapa banyak orang ingin menjadi wirausaha:

Bayangan kebebasan

Banyak orang yang beranggapan bahwa bekerja di perusahaan lain akan menyulitkan hidupnya. Menepati jadwal, memenuhi deadline, dan adanya sanksi pada setiap kesalahan dapat membuat pekerjaan terasa tidak menyenangkan, bahkan menakutkan. Di sisi lain, banyak orang ingin lebih santai dalam bidang tertentu dan mengikuti passionnya. Citra kebebasan ini dapat diwujudkan ketika seseorang mempunyai usaha yang dijalankannya sendiri. Hal inilah yang memotivasi banyak orang untuk menjadi wirausaha.

Suka mengambil risiko

Banyak orang merasa tertantang dengan risiko yang akan dihadapi. Umumnya mereka merasa hidup lebih menyenangkan jika ada tantangan dan bisa mengatasinya.

Nah, alasan-alasan di atas juga menjadi sebab mengapa banyak orang yang memilih untuk menjadi wirausaha.
Seperti yang kita ketahui bersama, dunia wirausaha penuh dengan tantangan dan risiko yang tidak terduga.

Mengejar passion

Diantara alasan seseorang terjun ke dunia wirausaha, passion juga menjadi salah satu alasan utama dan ini sangat penting. Banyak orang mengatakan bahwa mereka bekerja di perusahaan yang tidak sesuai dengan passion mereka.
Oleh karena itu, meskipun Anda mencoba beradaptasi, Anda tidak akan dapat menikmati pekerjaan.

Passion sangat penting bagi orang-orang yang menganggap pekerjaan sebagai salah satu bentuk kesenangan.
Meski hasilnya berbeda-beda, pasti lebih menyenangkan mengerjakan sesuatu dengan penuh passion. Sebagai seorang wirausaha, tentunya Anda mempunyai kebebasan untuk memilih ide bisnis yang sesuai dengan passion Anda.

Mengagumi wirausaha lain

Tidak sedikit orang yang menjadi wirausaha karena terinspirasi oleh wirausaha lain. Menyaksikan orang lain sukses menjadi wirausaha bisa menjadi motivasi untuk menekuni bisnis ini. Selain itu, seorang wirausahawan yang sukses dilihat sebagai sosok yang mebahagiakan sehingga mampu menginspirasi banyak orang untuk menjalani kehidupan yang lebih baik. Citra ini pula yang menjadi alasan mengapa banyak orang yang akhirnya ingin menjadi wirausaha.

Mendambakan keberhasilan finansial

Tidak dapat disangkal bahwa mencari keuntungan lebih adalah alasan untuk menjadi seorang wirausaha. Pasalnya, selama Anda bekerja di suatu perusahaan, gaji Anda ditentukan oleh perusahaan dan Anda mungkin tidak mendapatkan jumlah yang Anda inginkan. Di sisi lain, ada juga kesan bahwa pendapatan seorang pengusaha bisa mencapai tak terhingga tergantung kinerjanya. Citra tersebut mendorong banyak orang untuk menuangkan ide kreatifnya dalam berbagai inovasi dan menjadi wirausaha.

Beberapa poin di atas menjadi alasan umum mengapa banyak orang ingin menjadi wirausaha. Terlepas dari alasan-alasan tersebut, sudah jelas bahwa menjadi wirausaha merupakan cara yang menarik untuk memperoleh keuntungan yang lebih besar.

Tahapan Untuk Menjadi Wirausaha

Berikut beberapa tahapan penting yang perlu diketahui untuk menjadi seorang wirausaha yang sukses:

  • Membangun ide

    Bagi wirausahawan, ide adalah segalanya. Ide bisa datang secara tak terduga, kapan pun, di mana pun. Banyak ide emas yang ditemukan secara kebetulan dan akhirnya menjadi sarana menuju kesuksesan. Namun jika ingin menjadi seorang wirausaha, Anda perlu mewujudkan ide tersebut. Dengan kata lain, jika Anda mempunyai ide, carilah berbagai dukungan untuk memastikannya menjadi peluang bisnis baru yang tidak hanya menguntungkan tetapi juga unik di mata masyarakat secara keseluruhan.

  • Perencanaan wirausaha

    Perencanaan merupakan tahapan terpenting dalam dunia wirausaha. Banyak bisnis yang akhirnya gagal dan tidak dilanjutkan karena perencanaan yang buruk. Mungkin seseorang hanya ingin menjadi wirausaha karena pengaruh orang lain atau karena tekanan keadaan. Jika Anda memutuskan untuk menjadi seorang wirausaha, persiapkan ide bisnis secara matang. Perlu persiapan yang serius sehingga akan memakan cukup banyak waktu. Berbeda hal jika anda sudah merencanakan bisnis dengan matang, tentu anda akan lebih siap dan menjalankan bisnis lebih stabil. Selain itu, perencanaan dapat menjadi langkah penting dalam menjalankan bisnis. Dengan perencanaan yang tepat, Anda akan mengetahui langkah selanjutnya apa yang perlu diambil nantinya.

  • Pelaksanaan kegiatan wirausaha

    Setelah ditentukan bahwa rencana tersebut cukup dan mencakup semua aspek yang diperlukan, langkah selanjutnya adalah mengimplementasikan atau melaksanakan rencana tersebut. Sebelum menerapkan ide wirausaha, pastikan Anda tidak ada masalah dalam hal finansial. Hal ini penting karena modal merupakan fondasi perusahaan yang stabil.

  • Kontrol kegiatan wirausaha

    Kontrol ide kegiatan usaha merupakan kegiatan yang penting dilakukan, ketika usaha yang dijalankan sudah terlaksana dan membuahkan hasil. Kontrol ini merupakan langkah managemen untuk meminimalisir permasalahan yang mengganggu. Selain itu, manajemen kontrol yang tepat secara mendasar mempengaruhi stabilitas ide wirausaha yang diterapkan. Tidak jarang para pengusaha perlu melakukan inovasi dalam menjalankan usahanya agar dapat menarik perhatian konsumen sasarannya atau menghadapi persaingan di pasar.

Beberapa hal yang disebutkan di atas merupakan tahapan umum bagaimana dunia wirausaha bekerja. Tentu saja, pada kenyataannya Anda mungkin perlu menghadapi masalah yang lebih kompleks. Namun prinsip kewirausahaan juga mencakup keberanian mengambil risiko.

Tantangan yang Harus Dihadapi Wirausaha

Dunia wirausaha bukannya tanpa tantangan. Oleh karena itu, sebelum memutuskan menjadi seorang wirausaha, Anda perlu bersiap dan berani menghadapi berbagai tantangan yang mungkin muncul di luar dugaan. Tanggung jawab yang besar merupakan salah satu tantangan yang harus dihadapi seseorang. Pengusaha memiliki tanggung jawab yang besar dalam memainkan peran mereka. Misalnya, kebutuhan untuk menjamin kelangsungan hidup perusahaan atau kebutuhan untuk membayar gaji kepada karyawan yang terlibat di perusahaan. Ia juga bertanggung jawab atas risiko gagal bayar. Tidak dapat disangkal bahwa ada risiko akan gagal. Risiko ini tentu semakin besar, terutama ketika pengusaha melibatkan pihak lain untuk membiayai operasional awal usahanya.

Tantangan lain bagi wirausaha adalah banyaknya pekerjaan yang harus diselesaikan. Pada tahap memulai bisnis, tentu saja Anda akan menghadapi berbagai tugas sebagai seorang wirausaha, apalagi jika tidak memiliki karyawan.
Tanpa tekad yang kuat, Anda mungkin tidak akan bisa mewujudkan ide wirausaha. Selanjutnya pengusaha harus siap menghadapi tantangan persaingan. Banyaknya pengusaha yang melakukan bisnis yang sama, dapat menjadi kendala ketika ingin mengembangkan bisnis sendiri. Oleh karena itu, para wirausahawan harus mampu mengembangkan inovasi sebagai strateginya agar perusahaan yang dipimpinnya dapat terus bertahan dalam persaingan tersebut.

Kesalahan Umum Wirausaha yang Harus Dihindari

Seperti kita ketahui, banyak sekali contoh pengusaha yang gagal dan akhirnya bangkrut. Oleh karena itu, sebelum seorang wirausaha terjun ke dunia usaha, ada beberapa kesalahan umum yang harus dihindari.

Berikut beberapa kesalahan umum yang harus dihindari:

  1. Meremehkan perencanaan 

Banyak pengusaha yang mengikuti prinsip asal jalan ketika memulai bisnis. Percaya diri dan sepertinya yakin bahwa permasalahan yang muncul dalam bisnis bisa berhasil diselesaikan. Sebenarnya ini adalah sebuah kesalahan. Tanpa perencanaan yang baik, manajemen konflik dalam wirausaha akan gagal. Selain itu, pengusaha mungkin kesulitan menentukan langkah selanjutnya karena tidak memiliki rencana yang jelas.

  1. Memilih mitra yang salah

Kemitraan adalah strategi yang tepat untuk memulai sebagai wirausaha dan membangun bisnis. Namun seringkali pengusaha salah memilih mitra bisnis. Kesalahan umumnya terjadi karena tidak memperhitungkan kriteria mitra usaha yang diundang. Harap berhati-hati karena salah memilih orang bisa menjadi beban di kemudian hari. Bisnis tersebut mungkin tidak berkembang sesuai rencana dan bisnis wirausaha yang Anda jalankan mungkin hanya memiliki lebih banyak masalah.

  1. Tidak melakukan survey

Survey sudah menjadi bagian dari proses perencanaan. Tujuan utama dari survey ini adalah untuk menilai apakah ide bisnis yang ingin Anda terapkan memenuhi kebutuhan target pasar, terutama lokasi bisnis. Namun, banyak pengusaha yang meremehkan hal ini. Mereka tidak melakukan riset dan berasumsi bahwa pasar akan berubah seiring waktu. Akibat langkah-langkah tersebut, perusahaan cenderung mengalami kesulitan untuk berkembang.

  1. Tidak melakukan inovasi

Seperti yang Anda ketahui, inovasi merupakan salah satu prinsip dasar wirausaha. Namun seringkali pengusaha enggan berinovasi. Mereka hanya meniru produk orang lain atau menganggap produk merekalah yang terbaik, tentu saja pendapat seperti itu salah. Kurangnya inovasi memiliki risiko yang tinggi, apalagi persaingan antar perusahaan semakin ketat.

 

Dapat kita simpulkan bahwa menjadi wirausaha merupakan solusi untuk menjaga roda perekonomian tetap berjalan bagi individu. Namun dunia wirausaha tidaklah mudah untuk ditaklukkan, sehingga jika ingin terjun ke dunia ini diperlukan kekuatan mental yang kuat dan persiapan yang matang.

 

5/5 - (1 vote)
Rinta Noviana

Recent Posts

Optimasi Latency: Cara Meningkatkan Kecepatan Akses Internet

Apa Itu Latency? Latency jaringan adalah waktu yang diperlukan untuk mengirimkan paket data dari pengirim…

16 hours ago

Yuk Simak! Pengertian Facebook Blueprint Hingga Manfaat Penggunaannya

Facebook Blueprint mungkin belum banyak diketahui masyarakat umum, terutama mereka yang tidak aktif menggunakan media…

23 hours ago

Mengenal STP Marketing: Strategi Cerdas untuk Menargetkan dan Memahami Pelanggan

Salah satu kesalahan paling umum yang dilakukan pebisnis baru adalah menjadikan semua orang sebagai target…

2 days ago

Website Portofolio Desain Artistik dan Impresive Sebagai Insipirasimu!

Portofolio penting sebagai “album foto” karya desain Anda yang telah selesai cara yang bagus untuk…

2 days ago

Pentingnya Caption dalam Branding: Cara Menyampaikan Pesan Secara Efektif

Media sosial bukan lagi hal baru di masyarakat. Sebelumnya masyarakat menggunakan media sosial hanya untuk…

5 days ago

Apa Itu Gateway? Yuk Simak Ulasan Lengkapnya!

Gateway merupakan komponen penting dalam jaringan, baik jaringan komputer maupun internet, dan mempunyai fungsi yang…

5 days ago