HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Kamu Harus Tau! Berbagai Kode Domain Negara Berdasarkan Pembagian Benuanya

Sekarang, Anda harusnya sudah tidak asing website apa saja yang memiliki domain .id. Domain ini biasanya ditampilkan saat Anda mengunjungi situs web atau URL resmi pemerintah.

Seperti, https://kemkes.go.id/, https://kemlu.go.id/portal/en, dst.

Faktanya, bukan hanya website pemerintah saja yang menggunakan domain .id. Banyak usaha kecil dan menengah yang menggunakan domain .id sebagai ekstensi domain untuk websitenya.

Nah, tahukah Anda kalau domain .id sebenarnya adalah kode negara Indonesia? Yuk kita pelajari bersama!

Apa Itu Kode Domain Negara?

Kode domain negara adalah kode dari negara tertentu yang digunakan sebagai akronim atau ciri khas dari sebuah ekstensi domain. Kode domain negara sering disebut sebagai Country code Top Level Domain (ccTLD).

ccTLD adalah TLD berdasarkan kode negara. Misalnya Indonesia menggunakan .id, Amerika Serikat menggunakan .us, dan Singapura menggunakan .sg. Nah, selengkapnya di bawah ini.

Daftar Kode Domain Negara di Seluruh Dunia

Setiap negara mempunyai kode domain negaranya masing-masing. Menurut Internet Assigned Number Authority (IANA), kode domain negara dikategorikan ke dalam kode domain untuk benua Asia, Amerika, Eropa, dan Afrika.

Benua Asia menempati urutan kedua dalam hal jumlah kode domain negara. Hal ini dikarenakan terdapat 31 negara di benua Asia yang memiliki Country code Top Level Domain (ccTLD).  Lihat tabel di bawah untuk detailnya.

Berbeda dengan benua Eropa. Negara-negara Eropa pada dasarnya adalah negara berkembang, sehingga lebih beragam dalam hal teknologi dan pengetahuan. Inilah sebabnya ada 44 negara dengan kode domain negara.

Saat ini, Amerika dan Afrika berada di lokasi yang sama dengan 20 negara yang memiliki Country code Top Level Domain (ccTLD).

Kode Domain Negara Indonesia

Bagaimana dengan Indonesia? Seperti disebutkan di atas, Indonesia memiliki kode domain negara .id. Domain .id ini resmi dihosting oleh PANDI (Pengelola Nama Domain Internet Indonesia).

PANDI adalah pendaftar domain untuk domain .id. Jika Anda membutuhkan domain .id, Anda dapat mendaftar dan membayar domain tersebut. Ternyata selain PANDI, PANDI sendiri juga mempunyai partner sebagai penyedia domain .id. Salah satunya adalah Hosteko.

Melalui PT Registrasi Neva Angkasa (RNA), Hosteko resmi menjadi registrar domain Indonesia seperti .id, co.id or.id, ac.id, dll. Oleh karena itu, Hosteko optimis dapat melayani masyarakat dengan lebih baik.

DomaiNesia akan resmi menjadi partner PANDI dalam pemasaran domain di Indonesia setelah lolos seleksi dan melengkapi persyaratan dan tahapan yang diperlukan. Ada berbagai jenis domain .id yang bisa Anda pilih sebagai ekstensi domain website Anda, antara lain.id, .my.id, .co.id, .biz.id, .web.id, .or.id, .ac.id, .sch.id, dan .ponpes.id. Setiap jenis domain .id memiliki kegunaannya masing-masing.

.ac.id : digunakan untuk lingkungan akademik/universitas.
.co.id : digunakan untuk tujuan komersial.
.biz.id : digunakan bagi UMKM yang ingin mempromosikan karyanya melalui website.
.or.id : digunakan untuk organisasi
.web.id : digunakan untuk perseorangan dan organisasi
.sch.id : digunakan untuk sekolah
.ponpes.id : digunakan untuk pondok pesantren

Nah, untuk mendapatkan domain .id dan domain turunannya, Anda perlu mengikuti beberapa dokumentasi. Setiap jenis domain .id memiliki kebutuhan yang berbeda-beda.

Apakah Anda Menggunakan Domain Indonesia? Apa Kelebihannya?

Seperti yang Anda ketahui, untuk website Indonesia, sebaiknya gunakan ekstensi domain ID. Apa sebenarnya kelebihan ID domain yang sebaiknya Anda gunakan khususnya untuk website yang berasal dari Indonesia?

Nah dibawah ini akan kita bahas kelebihan domain ID dibandingkan gTLD (generic top-level domains).

Geografis Website Lebih Spesifik

Kelebihan domain ID yang pertama adalah membuat lokasi geografis suatu situs web menjadi lebih spesifik. Karena situs web ini berasal dari Indonesia, mungkin berguna jika menggunakan ekstensi domain ID sebagai identitas negara. Identitas negara yang terkait membantu pengunjung website mengetahui bahwa website tersebut benar-benar berasal dari Indonesia dan merupakan website yang sah.

Selain itu, penggunaan ekstensi domain ID tentunya menunjukkan sikap bangga terhadap Indonesia. Apalagi jika website tersebut bergerak dalam bidang bisnis. Memberikan nilai tambah karena memungkinkan merek lokal Indonesia dipromosikan ke dunia internasional.

Meningkatkan Kepercayaan Pengunjung Website

Kelebihan kedua dari domain ID adalah meningkatkan kepercayaan pengunjung situs web.

Dalam beberapa kasus, sejumlah besar situs web yang menggunakan gTLD (Generic top-level domain) seperti .com dapat berdampak signifikan terhadap kepercayaan. Banyak situs aneh dan tidak jelas yang menggunakan gTLD.

Berbeda keadaan jika website Anda menggunakan domain ID yang menggunakan kode negara Indonesia sebagai ekstensi domainnya. Efek yang dicapai adalah pengunjung semakin mempercayai website. Namun bukan berarti gTLD sulit digunakan, ya!

Sifatnya Lebih Eksklusif

Kelebihan domain ID berikutnya adalah lebih eksklusif. Mengapa demikian?

Hal ini karena beberapa jenis domain ID memerlukan dokumentasi yang digunakan untuk membuktikan keabsahan hukum situs web. Proses aktivasi berbeda dengan ekstensi domain lainnya karena memerlukan banyak dokumen. Begitupun dengan tingkat keamanannya.

Potensi Peringkat #1 Pada Hasil Pencarian Search Engine

Domain ID memiliki keunikan dibandingkan gTLD, sehingga memudahkan mesin pencari membaca website yang menggunakan domain ID dibandingkan gTLD. Seperti yang Anda ketahui, gTLD merupakan domain generik atau umum yang sering digunakan sebagai ekstensi domain.

Domain ID saat ini hanya digunakan untuk website yang berbasis di Indonesia. Inilah sebabnya mengapa SEO lokal merupakan keunggulan domain ID. Saat Anda mencari sesuatu di mesin pencari, mesin pencari secara alami akan memberikan preferensi pada situs web yang berlokasi di negara tertentu.

Bagaimana Cara Mendapatkan Domain Indonesia?

Cari tahu dulu syarat dan dokumen apa saja yang perlu Anda kumpulkan. Dokumen-dokumen ini digunakan oleh PANDI atau mitra PANDI untuk keperluan verifikasi dan validasi. Setelah keaslian dan keakuratan dokumen diperiksa, Anda dapat melanjutkan ke langkah berikutnya, yaitu mendaftarkan domain.

Hosteko memungkinkan Anda memilih domain ID Anda. Silakan pilih sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda. Selanjutnya lakukan registrasi. Semoga ini membantu ya!

Jadilah yang pertama untuk memberi nilai
Nabilah Atikah S

Recent Posts

Mengenal STP Marketing: Strategi Cerdas untuk Menargetkan dan Memahami Pelanggan

Salah satu kesalahan paling umum yang dilakukan pebisnis baru adalah menjadikan semua orang sebagai target…

18 hours ago

Website Portofolio Desain Artistik dan Impresive Sebagai Insipirasimu!

Portofolio penting sebagai “album foto” karya desain Anda yang telah selesai cara yang bagus untuk…

23 hours ago

Pentingnya Caption dalam Branding: Cara Menyampaikan Pesan Secara Efektif

Media sosial bukan lagi hal baru di masyarakat. Sebelumnya masyarakat menggunakan media sosial hanya untuk…

4 days ago

Apa Itu Gateway? Yuk Simak Ulasan Lengkapnya!

Gateway merupakan komponen penting dalam jaringan, baik jaringan komputer maupun internet, dan mempunyai fungsi yang…

4 days ago

Strategi Efektif untuk Memulai Perjalanan Wirausaha

Belakangan ini banyak istilah-istilah kewirausahaan yang sering terdengar dan dibicarakan di masyarakat. Ya, banyak sekali…

5 days ago

Tren Inbound Marketing: Hal yang Perlu Anda Ketahui untuk Tetap Terdepan

Dari sudut pandang pemasaran, menjangkau khalayak yang luas tentu saja menjadi hal yang sangat penting.…

6 days ago