Jika anda memiliki pasti anda memerlukan domain agar orang-orang dapat mengunjungi website anda secara online. Domain berfungsi sebagai alamat, sehingga orang-orang dapat mengunjungi website anda jika mereka mengetahui domain/alamat website anda. Domain memiliki sifat unik karena tidak ada nama domain yang sama. Perlu anda ingat, bahwa anda perlu memperbaharui kepemilikan domain agar tidak menjadi Expired Domain.

Apa itu Expired Domain?

Expired Domain merupakan semua nama domain yang tidak diperpanjang sebelum masa kadaluarsanya. Bisa juga diartikan Expired Domain adalah domain yang sudah berumur lumayan lama tapi pemiliknya tidak berkehendak untuk memperpanjang registrasi domainnya, penyebabnya bisa karena lupa atau sengaja.

Berbeda dengan domain baru, Expired Domain ini sudah ada pemiliknya. Dalam bebrapa kasus anda perlu membeli Expired Domain melalui lelang yang diadakan registrar.  Meski begitu ada bebrapa orang membeli domain Expired Domain karena menganggap dengan membeli domain expired mereka tidak perlu membangun popularitas domain dari awal.

Kelebihan Expired Domain

  1. Expired Domain biasanya mempunyai ranking website tinggi

Biasanya Expired Domain memiliki ranking website tinggi sehingga anda sebagai pemilik baru tidak harus mempromosikan domain dari awal. Membeli Expired Domain yang memiliki ranking website tinggi juga akan memberikan banyak keuntungan bagi anda.

  1. Memiliki back link yang bagus

Ketika anda membeli Expired Domain secara otomatis back link yang sudah dibangun oleh pemilik sebelumnya juga menjadi milik anda. Anda hanya perlu menambah atau memodifikasi back link yang sudah ada. Jika back link yang dibangun oleh pemilik sbelumnya berkualitas, maka akan lebih mempermudah segalanya.

  1. Menghindari penalti google

Jika anda pemilik baru hanya menggunakan kembali domain yang sudah lama ada di indeks Google. Pemilik baru dapat terhindar dari dugaan penggunaan teknik promosi ilegal yang dapat menyebabkan turunnya ranking website. Anda hanya dapat memanen manfaat Expired Domain yang memiliki track record bagus dalam hal trafik, ranking website, dan backlink.

Kekurangan Expired Domain

  1. Nama domain pernah dipenalti oleh google

Beberapa website kadang melakukan spamming dan hal illegal lainnya hanya untuk menaikkan peringkat website. Hal ini mengakibatkan google menghapus website tersebut dari indeksnya dan tidak akan muncul di hasil pencarian. Anda memerlukan banyak waktu untuk memastikan sebuah expired domain tidak melakukan tindakan ilegal untuk mendapatkan wanking website yang tinggi.

Walaupun anda sebagai pemilik domain baru dapat mengirim petisi ke Google untuk mengembalikan domain tesebut ke indeks, tapi ini akan merepotkan anda.

  1. Ranking alexa tidak valid

Jika anda menemukan  Expired Domain yang rankng alexa yang tidak valid, kemungkina besar ketika domain tersebut diaktifkan kembali akan mengarah ke nilai yang lebih buruk ketia direset.

  1. Popularitas domain tidak seperti semula

Ada kemungkinan polpularitas domain tidak kembali seperti sebelum masa kadaluarsa. Anda hanya dapat mengecek kemungkinan popularitas domain yang anda beli ketika diaktifkan kembali.

  1. Back link berkualitas rendah

Anda perlu teliti memeriksa apakah back link domain tersebut benar-benar berasal dari website asli atau bukan. Ada beberapa website yang curang dengan menggunakan link farm untuk mendapatkan back link. Back link dari link farm ini memang tetap dianggap sebagai back link, tetapi back link-nya tetap tidak berkualitas.

  1. Domain digunakan untuk bisnis tidak sehat oleh pemilik sebelumnya

Anda juga perlu memerhatikan track record dari pemilik sebelumnya. Jika pemilik sebelumnya memiliki track record yang buruk, ada kemungkinan anda juga akan ikut terkena imbasnya. Anda juga perlu memastikan bahwa pemilik domain sebelumnya tidak menyebarkan hate speech dan konten semacamnya. Hal ini penting karena reputasi domain sebelumnya akan anda bawa ketika Anda membelinya.