Diartikel selanjutkan kita akan membahas secara detail tahapan bagimana cara bemigrasi dai Wix.com ke WordPress setelah artikel sebelumnya sedikit menyinggung tentang migrasi Wix ke WordPress.

Jika ingin memindahkan Wix ke WordPress hal utama yang harus dilakukan adalah dengan melakukan mempersiapkan situs WordPress baru untuk konversi. Lama waktu proses konversi bergantung dengan seberapa besar situs Wix yang Anda miliki. Apakah memerlukan pengaturan SEO dan apakah Anda mengerti tentang WordPress dengan baik. Jika Anda masih awam dengan WordPress maka harus belajar terlebih dahulu.

Ada beberapa hal yang harus Anda lakukan sebelum melakukan migrasi dari Wix ke WordPress yaitu:

  1. Membeli Hosting Baru

Wix.com memberikan paket building hosting. Jadi jika ingin memindahkan situs dari Wix ke WordPress Anda harus memiliki hosting baru dan nama domain yang baru yang berguna uutk mengaktifkan website.

Jika Anda ingin mencari hosting yang dapat dikeloka di rumah sebagi pemula maka https://hosteko.com/ dapat menjadi solusi untuk Anda.

  1. Mensetup Situs WordPress

Bagi Anda yang sudah memiliki hosting dan domain baru, tahap selanjutnya adalah membuat tempat baru du website Anda.

  • Menginstall WordPress

Pada tahap ini akan bergantung pada penyedia hosting yang Anda gunakan. Cara installnya yaitu dengan 1-click installer. Jika sudah berhasil dan masuk ke dashboard Anda dapat mengakses backend situs.

  • Mensetup Situs Anda

Anda harus login ke admin area dan masuk ke dashboard WordPress. Untuk mengkostumisasi Anda harus masuk ke pengaturan terlebih dahulu. Buka Settings > Permalinks dan pilih opsi Post name. Maka srtuktur URL Anda akan diubah sehingga terbaca di mesin pencari.

Berikutnya adalah mengatur nama dan tagline situs. Buka Settings > General.

  • Mengelola Situs Anda

Yang dapat diolah disini adalah mengubah tampilan, melalui tema dan plugin. Ada terdapat beragam tema yang gratis yang dapat langsung install melalui dashboard WordPress. Buka Appearance > Themes > Add New. Selain itu juga tema yang berbayar dengan kualitas dan menawarkan banyak fitur yang baik.

Dengan menggunakan WordPress Anda memiliki kemungkinan akan mendapatkan tema yang hampir sama dengan website Wix sebelumnya. Cara untuk mengubah tema yaitu dengan Themes > Customize dan melakukan perubahan dasar.

Setelah melakukan tahap diatas selanjutnya adalah cara berpindah dari Wix.com ke WordPress. Berikut adalah cara untuk berpindah dari Wix ke WordPress :

Menggunakan RSS untuk Mengimpor Wix Ke WordPress

Mentransfer data dengan RSS feed hanya bisa dilakukan pada Wix versi lama saja. Namun jika situs Wix Anda adalah versi baru maka cara tersebut tidak dapat dilakukan. Jadi bagimana caranya? Mari kita bahas bersama.

  • Mencari RSS Feed

Langkah pertama adalah membuka RSS Feed Wix yang sudah ada dengan cara menambahkan /feed.xml’ ke end URL.

Jika situs Anda adalah kudomain.com, maka akan tampil menjadi ‘kudomain.com/feed.xml’, atau ‘kudomain.com/feed’.

  • Simpan File RSS

Jika sudah membuka RSS Feed maka klik kanan pada halaman dan pilih Save as. Ubah nama ekstensi file ke .xml dan simpan di desktop.

  • Impor ke WordPress

Cara mengimpor yaitu dengan masuk ke dashboard WordPress dan membuka  Tools > Import.

Mencari RSS importer dan klik Run Importer. Setelah itu uplouad file RSS yang telah diunduh, dan cek apakah postingan Anda sudah berhasil di upload.

Selanjutnya Posts > All Posts untuk melihat apakah postingan sudah berhasil di transfer. Jika terdapat kesalahan berarti harus diatur ulang.  Cara migrasi ini harus dilakukan secara manual.

  •  Menambahkan Halaman ke WordPress

Cara yang harus dilakukan adalah dengan copy dan paste. Buka halaman situs di Wix dan salin konten di halaman terseut kebudian buka WordPres dan pilih Pages > Add New. Kemudian paste konten Anda ke halaman baru dan lakukan dengan manual.

  • Memindahkan Gambar

Bagaimanaa dengan memindahkan gambar yang masih ada di Wix? Anda dapat menggunakan dua cara unutk memindahlkan gambar.

a. Cara pertama yaitu dengan mengunduh gambar yang ada di situs Wix dan dimpan di computer kemudian mengupload ke WordPress melalui Media > Add New.

b. Cara kedua yaitu dengan menggunakan plugin unutk mengunduh dan mentansfer gambar. Dengan menggunakan plugin akan mengunduh lalu menyalin gambar baru ke situs Anda kemudian menguodate link gambar yang sudah ada.

Install plugin Import External Images kemudian buka Media > Import Images, kemudian klik Import Images Now.  Plugin ini akan mengupload gambar ke library dan memperbarui link gambar yang sudah ada.

Itu adalah sedikit tentang cara migrasi Wix ke WordPress dengan menggunakan RSS Feed yang dapat di lakukan secara manual. Jadi Anda yang menggunakan cara ini harus bersabar dan telaten. Namun jangan khawatir ya, artikel berikutnya akan di bahas bagaimana cara memigrasi Wix ke WordPress dengan cara yang lebih cepat. Terimaksih

 

Semoga bermanfaat 😀