HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Pengertian Hardware, Fungsi, Jenis, dan Contohnya

Hidup di era kemudahan teknologi menuntut masyarakat untuk hidup bersama dan beradaptasi dengan penggunaan perangkat komputasi. Keberadaan komputer dapat membuat kehidupan manusia menjadi lebih nyaman terutama dalam melakukan pekerjaan. Perangkat komputer ada beberapa jenis, salah satunya adalah hardware. Berbeda dengan software, hardware adalah perangkat komputasi yang mempunyai wujud fisik yang nyata dan dapat disentuh. Oleh karena itu, setiap perangkat komputasi yang memiliki karakteristik fisik yang nyata disebut hardware. Berikut penjelasan lengkapnya.

Pengertian Hardware

Pengertian hardware mengacu pada perangkat atau komponen komputer yang terlihat dengan mata telanjang dan dapat disentuh langsung. Dengan kata lain, hardware adalah komponen fisik. Menurut pendapat ahli James O’Brien, pengertian hardware mencakup seluruh komponen fisik atau perangkat yang digunakan untuk memproses informasi, contohnya seperti CPU, RAM, monitor, mouse, keyboard, printer, pemindai, dan lain-lain. Hardware biasanya dianggap sebagai bentuk keluaran dari setiap proses sistem operasi komputer.

Namun hardware tersebut harus didukung dengan software pendukung agar dapat menjalankan perintah-perintah pada komputer dengan baik. Pengertian hardware komputer meliputi segala jenis perangkat atau komponen komputer yang bagian fisiknya dapat dilihat dan dirasakan langsung dengan mata telanjang. Beberapa ahli di bidang komputer pernah menjelaskan tentang definisi hardware, sebagai berikut:

  • Ali Zaki : Pengertian hardware adalah bagian fisik dari komputer, termasuk sirkuit digital suatu pernagkat komputasi.
  • Joko Untoro : Pengertian hardware adalah suatu perangkat fisik yang berupa komputer dan seluruh peralatan pendukungnya.
  • Raya Fahreza : Pengertian hardware adalah bagian dari komputer yang beroperasi sesuai dengan instruksi software.
  • Sunarto S. Kom : Pengertian hardware mengacu pada perangkat berwujud apapun yang mendukung EDPS (elektronik data processing system) yang dapat disentuh dan dirasakan.
  • Wijaya Ariyana dan Deni Arifianto : Pengertian hardware adalah adalah komponen komputer yang dapat dirasakan secara fisik yaitu dapat diraba dan dilihat atau kasat mata.
  • R. Wilman dan Riyan : Pengertian hardware adalah serangkaian perangkat elektronik kecil yang terpasang pada sebuah telepon seluler, yang bersama-sama dengan perangkat tersebut merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan.
  • Rainer : Pengertian Hardware mencakup perangkat fisik di dalam komputer, seperti prosesor, monitor, keyboard, dan printer. Fungsi hardware yang menerima data atau informasi dan memproses informasi mentah untuk direpresentasikan menjadi informasi baru dan berguna.
  • James O’Brien : Pengertian hardware mencakup semua perangkat fisik yang digunakan untuk memproses informasi, seperti CPU, RAM, monitor, mouse, keyboard, printer, pemindai, dan lain-lain. Hardware merupakan media komunikasi yang menghubungkan beberapa jaringan dan memproses paket data agar transmisi data menjadi lebih efisien.

Ciri-ciri Hardware

  1. Memiliki bentuk fisik

Salah satu perbedaan antara software dan hardware adalah formatnya. Software hanya dapat dilihat secara visual dan tidak mempunyai bentuk fisik, sedangkan software mempunyai bentuk fisik yang dapat dilihat dan dirasakan.

  1. Bersifat keras

Hardware pada umunya bersifat keras. Beberapa contoh hardware adalah keyboard, printer, scanner, dan perangkat lainnya yang bersifat keras.

  1. Terdapat di bagian luar komputer

Sebagian besar hardware berada di  luar komputer. Namun, tidak semuanya. Beberapa di antaranya ada  di dalam komputer Anda, seperti RAM dan juga CPU.

  1. Media penghubung antara user dan software

Hardware adalah perangkat yang membantu menghubungkan pengguna dan software yang menerima masukan dan meneruskannya ke pengguna.

Fungsi Hardware

Fungsi hardware terutama untuk memudahkan pengguna komputer dengan alat-alat komputer yang berfungsi dengan baik. Namun, jika diuaraikan, ada beberapa fungsi hardware tertentu:

  1. Memberi output

Fungsi hardware yang pertama adalah  memberikan output kepada pengguna setelah melakukan pemrosesan masukan.

  1. Menerima input

Fungsi hardware selanjutnya adalah menerima input. Selain memberikan output, hardware juga menerima input yang dikirimkan oleh pengguna.

  1. Menyimpan informasi dan data

Hardware merupakan perangkat keras yang mempunyai fungsi  menyimpan data output. Output tersebut biasanya disimpan ke penyimpanan komputer.

  1. Mengolah informasi dan data

Kemampuan hardware selanjutnya adalah mengolah data tersebut dan mengubahnya menjadi informasi baru yang berguna bagi manusia.

Jenis-jenis Hardware

Ada berbagai jenis hardware dan Anda harus mengetahuinya. Berikut penjelasannya.

  1. Hardware output

Hardware output adalah perangkat yang  menghasilkan informasi baru atau data  berguna untuk dipahami pengguna. Informasi baru dikeluarkan melalui perangkat lain. Contoh hardware output adalah:

    • Monitor : Monitor mempunyai fungsi menampilkan informasi yang telah diproses. Ini memungkinkan pengguna untuk memverifikasi informasi.
    • Printer : Printer adalah hardware yang digunakan untuk mencetak informasi atau data  berupa teks atau gambar di atas kertas.
    • Speaker : Speaker adalah hardware yang  mengubah gelombang radio menjadi gelombang audio dengan cara menggetarkan komponen mirip diafragma.
  1. Hardware input

Hardware input adalah perangkat input yang  memasukkan data ke dalam komputer berupa gambar, teks, video, dan audio.Berikut beberapa contoh hardware input:

    • Mouse : Mouse digunakan untuk menggerakkan kursor. Selain itu, mouse juga dapat melakukan perintah yang praktis dan cepat. Mouse biasanya memiliki tiga tombol yaitu dua tombol klik di sisi kiri dan kanan, dan tombol gulir di tengah.
    • Keyboard : Keyboard merupakan suatu unit yang sangat penting dalam pengolahan data oleh komputer. Fungsinya bagi pengguna untuk menginput huruf, angka dan simbol sebagai media  untuk menjalankan perintah yang diinginkan.
    • Scanner : Contoh hardware input ini digunakan untuk menggandakan atau menyalin gambar dan teks dan menyimpannya dalam memori komputer.
  1. Hardware process

Hardware process atau proses hardware adalah perangkat yang membantu memproses atau memproses data di komputer Anda. Ini adalah perangkat yang dapat disebut sebagai otak komputer, yang melakukan pemrosesan penting pada data masukan. Contoh proses hardware adalah:

    • CPU : CPU adalah perangkat yang membantu mengontrol semua proses di komputer, termasuk instruksi, manajemen, dan pembangkitan output yang diinginkan.
    • VGA : Perangkat ini memiliki kemampuan untuk mengolah dan mengolah data grafis. Anda dapat melihat hasilnya nanti di  layar komputer Anda.
    • RAM : RAM adalah jenis hardware yang  menentukan kecepatan akses komputer Anda.
  1. Storage device

Seperti namanya, storage device adalah perangkat penyimpanan. Ini  adalah hardware yang memiliki kemampuan untuk menyimpan data komputer. Hardware yang termasuk  dalam jenis ini adalah:

    • Harddisk : Harddisk atau  biasa disebut dengan HDD merupakan perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan data sekunder. Harddisk dapat dipasang secara internal atau eksternal pada perangkat.
    • Flash Disk : Flash Disk merupakan perangkat keras penyimpan data dengan port USB. Port ini memungkinkan Anda menghubungkan perangkat Anda dengan mudah ke komputer atau media lain. Anda dapat menggunakan flash disk  untuk memindahkan  data dari satu komputer ke komputer lainnya.
    • Optical Disk : Optical disk adalah media penyimpanan yang dapat dibaca dan ditulis dengan sinar laser, biasanya CD atau DVD.
  1. Perangkat tambahan

Yang dimaksud perangkat tambahanadalah alat yang memungkinkan komputer Anda menjalankan perintah pengguna. Perangkat ini biasa disebut perangkat periferal. Tujuannya adalah untuk menghubungkan perangkat komputasi Anda ke koneksi Internet. Contohnya adalah modem. Modem memungkinkan Anda mengubah sinyal digital menjadi sinyal analog dan sebaliknya.

Cara Kerja Hardware

Cara kerja hardware didasarkan pada perintah. Ini juga disebut instruction set. Perintah ini memungkinkan hardware untuk melakukan berbagai aktivitas yang ditentukan oleh penerbit perintah. Tiga instruksi dasar untuk menjalankan hardware adalah:

  • Instruksi dasar input, Artinya, instruksi yang dapat meneruskan informasi ke software lain dengan menggunakan driver sebagai perantaranya. Dalam hal ini, software nya adalah sistem operasi. Hal ini terjadi ketika pengguna menggunakan hardware seperti input keyboard atau klik mouse.
  • Instruksi dasar proses, Artinya, ini adalah instruksi yang bertindak sebagai perantara antara proses input dan output. Instruksi ini hanya muncul pada sebagian hardware, bukan pada keseluruhan sistem komputer.
  • Instruksi dasar output, Dengan kata lain, ini adalah instruksi yang terjadi ketika pengguna memberikan instruksi untuk menggunakan hardware.

Demikan penjelasan mengenai hardware. Dari gambaran di atas terlihat jelas bahwa komputer tidak dapat berfungsi dengan baik tanpa adanya hardware. Oleh karena itu, penting untuk menjaga komponen hardware Anda untuk memastikannya terus berfungsi sebagaimana mestinya.

5/5 - (1 vote)
Anisa Sifa

Recent Posts

GUI: Cara Mudah Berinteraksi dengan Teknologi

GUI merupakan antarmuka untuk berinteraksi dengan komputer, website, aplikasi, atau perangkat lain. Semula, interaksi hanya…

23 hours ago

Membuat Website Multisite Yang Berbasis WordPress

Pernahkah Anda membutuhkan website dengan 1 dashboard utama dan 1 domain yang terhubung ke beberapa…

23 hours ago

Ini Dia Aturan Dan Cara Menjalankan PHP

Penulisan dan Aturan PHP Seperti bahasa pemrograman pada umumnya, PHP memiliki aturan penulisan yang spesifik.…

1 day ago

Client-Server: Mahami Manfaat dan Cara Kerjanya

Client-server merupakan arsitektur jaringan komputer yang membagi tugas atau layanan antara penyedia layanan (server) dan…

2 days ago

Panduan Lengkap Apa Itu Bash Script Dan Bagaimana Penggunaannya

Sebagai salah satu alat scripting paling populer di Unix, Bash sangat berguna bagi pengguna Linux…

2 days ago

Topologi Ring: Karakteristik, Kelebihan, dan Kekurangan dalam Jaringan

Saat membuat arsitektur jaringan komputer, Anda dapat menggunakan berbagai pilihan topologi, termasuk topologi ring. Setiap…

2 days ago