HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Ini dia! Strategi Bisnis beserta Keunggulan Kompetitif untuk Bisnis

Sebuah bisnis, bahkan bisnis kecil pun memerlukan strategi. Strategi adalah tindakan terkoordinasi dari pemilik atau manajer bisnis untuk mengatasi persaingan dan mencapai keuntungan yang besar.

Tujuan Menerapkan Strategi Bisnis

Tujuan utama dari penerapan strategi bisnis yang baik bukan sekedar untuk memperoleh kesuksesan sementara atau pencapaian keuntungan besar dalam jangka pendek. Namun, strategi bisnis yang baik adalah yang mendukung perkembangan bisnis dan mengamankan posisi perusahaan dalam jangka panjang.

Untuk mencapai hal tersebut, pemilik bisnis harus berkomitmen dalam melaksanakan keputusan terkait operasional perusahaan, yang termasuk didalamnya adalah:

  • Bagaimana cara untuk memposisikan perusahaan pada pasar?
  • Bagaimana cara menarik konsumen?
  • Bagaimana cara bersaing dengan kompetitor?
  • Bagaimana cara untuk mencapai target performa perusahaan?
  • Bagaimana cara untuk memanfaatkan peluang untuk mengembangkan bisnis?
  • Bagaimana cara merespon perubahan ekonomi dan pasar?

Di sebagian besar industri, perusahaan bebas memutuskan strategi “bagaimana” yang telah dijelaskan di atas. Misalnya, beberapa perusahaan memilih menerapkan strategi penetapan harga yang cenderung lebih murah dibandingkan pesaingnya.

Atau beberapa perusahaan lain yang memilih untuk memanfaatkan keunggulan produknya. Pilihan-pilihan tersebut tentunya dipilih berdasarkan sumber daya dan kemampuan perusahaan, serta ditujukan untuk mendekati pesaing dengan pendekatan yang lebih kompetitif.

Strategi Bisnis adalah Bersaing Menggunakan Perbedaan

Meniru strategi pesaing dalam menerapkan strategi bisnis atau meniru produk pesaing dengan menyasar konsumen yang sama adalah strategi bisnis yang jarang sekali berhasil. Setiap perusahaan seharusnya memiliki strategi yang berbeda dalam mendekati target pasarnya. Perbedaan itulah yang bisa menarik konsumen baru dan menciptakan persaingan antar perusahaan.

Inti dari penerapan strategi bisnis adalah menciptakan berbagai persaingan yang memungkinkan suatu perusahaan melakukan hal-hal yang tidak dapat dilakukan oleh pesaingnya. Namun, hal ini bukan berarti harus ada perbedaan 180 derajat atau 100% agar sebuah perusahaan dapat bertahan dan memperoleh keuntungan.

Penerapan sederhana yang bisa dilakukan adalah:

  • Mencoba menarik calon konsumen dengan cara yang berbeda dari yang dilakukan oleh perusahaan kompetitor.
  • Mencoba memposisikan diri pada pasar yang tidak banyak terdapat persaingan.

Contoh nyatanya bisa dilihat pada Tokopedia vs Shopee yang sekilas terlihat sama. Namun, Tokopedia cenderung identik dengan penjualan gadget, alat kesehatan, dan peralatan rumah tangga. Sedangkan Shopee identik dengan produk fashion murah dan aneka barang lucu.

Strategi bisnis yang baik memberikan pedoman tentang apa yang boleh dilakukan dan apa yang tidak boleh dilakukan. Kerugian dapat dihindari jika perusahaan mengetahui batasan-batasan yang terdapat di luar strategi yang telah ditetapkan. Misalnya pemborosan sumber daya perusahaan yang pasti akan berdampak pada keselamatan perusahaan di kemudian hari.

Ketahui Keunggulan Kompetitif Untuk Bisnis Kamu

Hakikat strategi bisnis adalah tindakan yang dilakukan untuk mencapai keunggulan kompetitif dibandingkan pesaing. Keunggulan kompetitif dapat dicapai dengan menggunakan dua mekanisme sederhana. Pertama, suatu perusahaan mempunyai keunggulan kompetitif dibandingkan pesaing jika mampu menciptakan nilai pelanggan yang lebih tinggi. Artinya produk yang dihasilkan lebih baik.

Kedua, perusahaan memiliki keunggulan kompetitif jika dapat menghasilkan produk atau jasa dengan lebih efisien. Artinya harga produk atau jasa yang dihasilkan lebih rendah dibandingkan pesaing. Namun, untuk mencapai keduanya, perusahaan harus melakukan aktivitas produksi yang berbeda.

Keunggulan kompetitif yang baik merupakan keunggulan yang sulit ditiru oleh pesaing. Dan untuk mencapai keunggulan kompetitif tersebut, sebuah perusahaan dapat melakukan beberapa hal, diantaranya:

  1. Penyedia Produk atau Jasa Murah

Menjadi penyedia produk atau jasa dengan harga murah merupakan salah satu strategi untuk mendapatkan keunggulan harga dibandingkan pesaing. Strategi ini memberikan keuntungan ketika pesaing kesulitan menyamai harga yang kita tawarkan.

  1. Menampilkan Perbedaan Umum

Secara umum, mencari perbedaan baik produk maupun jasa merupakan salah satu cara untuk menarik konsumen. Contoh perusahaan yang mampu menerapkan cara ini adalah Apple yang dikenal inovatif atau LVMH yang memberikan kreasi unik pada Louis Vuitton. Salah satu cara yang dapat membuat bisnis kamu bertahan dengan cara ini adalah dengan menciptakan inovasi baru yang sulit ditiru.

  1. Fokus pada Produk Termurah

Cara ini dapat diterapkan ketika perusahaan menargetkan pasar yang lebih sempit yang hanya tertarik dengan harga yang lebih murah. Cara ini biasanya dilakukan oleh para pelaku usaha lokal yang menjual produk makanan, kesehatan, dan kecantikan.

Contoh penerapannya adalah bumbu instan merek terkenal dibandingkan bumbu instan olahan skala kecil dari industri dalam negeri. Jika kedua produk tersebut ditempatkan pada pasar yang lebih sempit, seperti pedagang sayur keliling maka yang lebih unggul adalah produk nomor dua.

  1. Fokus pada Perbedaan

Seperti cara sebelumnya, cara ini juga menyasar pasar yang lebih sempit. Cara ini dapat berhasil jika perusahaan dapat menyesuaikan produk atau jasa yang mereka tawarkan untuk memenuhi permintaan konsumen.

Misalnya saja channel berbahasa Mandarin yang diproduksi Metro Tv yaitu Metro Xin Wen. Keunggulan channel ini dibandingkan program lainnya adalah disiarkan dalam bahasa Mandarin dan terdapat segmen pasar masyarakat berbahasa Mandarin.

  1. Penyedia Harga Terbaik

Cara kelima adalah menawarkan harga terbaik sebagai keunggulan. Harga terbaik disini berarti harga yang ditawarkan dapat memenuhi ekspektasi mengenai fitur-fitur atau layanan yang paling diharapkan yang mampu mengalahkan harga yang ditawarkan.

Perusahaan seringkali mendapati bahwa produk yang mereka tawarkan memiliki harga yang relatif sama dibandingkan dengan produk pesaingnya. Sebagai contoh, mari kita bandingkan smartphone dengan harga 2 juta hingga 2,5 juta. Tentu saja, produk yang lebih baik sedikit banyak mengacu pada produk dengan kapasitas RAM yang lebih besar, kamera yang lebih baik, atau merek yang lebih terkenal.

Nah, itulah beberapa strategi bisnis yang dapat kamu coba terapkan. Semoga bermanfaat!

5/5 - (1 vote)
Dwi H

Recent Posts

Kenali Perbedaan Customer Experience dan Customer Service beserta 10+ Strategi Membangun Customer Experience 

Customer experience adalah kesan atau pengalaman yang dimiliki pelanggan dari suatu interaksi bisnis. Pengalaman ini…

19 hours ago

Ini Dia Pengertian Lengkap dan Cara Menghitung Cost Per Lead

Dengan kemajuan teknologi, semua orang melakukan berbagai aktivitas secara online, termasuk marketing. Seperti diketahui bahwa…

22 hours ago

Pahami 5+ Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Memilih Framework PHP

Framework PHP adalah platform untuk membangun aplikasi web PHP. Framework ini menyediakan pustaka baris kode…

2 days ago

Rahasia Jitu SEO Tanpa Kursus Mahal

Ingin mengikuti kursus SEO yang biayanya jutaan? Baca ini sebelum Anda membayar kursus SEO yang…

2 days ago

Pahami 5+ Keunggulan Framework PHP

Keberadaan framework PHP dilatarbelakangi oleh data dari W3Tech yang menunjukkan bahwa lebih dari 80% website…

3 days ago

Pilihan Software Terbaik Web Development Untuk Web Developer

Hallo Sobat! Saat ini perkembangan website semakin hari semakin meningkat. Mulai dari kebutuhan bisnis, akademik,…

3 days ago