Sudah tahu dengan Apache kan? Sudah sering mendengar juga kan? Atau bahkan kalian sudah pernah dan sedang memakai Apache? Jika Anda menggunakan software XAMPP pasti mengenalnya. Lalu  apa itu Apache? Serta apa kelebihan dan kekurangan dari Apache?

Mari kita buka bersama dalam artikel ini.

Jika Anda sudah terjun kedunia website pasti tahu apa itu Apache. Apache merupakan salah satu dari banyak jenis web server. Ketika pengguna internet mencari sesuatu melalui browser maka dengan cepat akan membaca dan menampilkan informasi yang dibutuhkan tersebut.

Bagaimana cara kerjanya? Hal tersebut bekerja karena adanya web server tersebut. Web server akan mencari melalui database tersebut, dan akan mengirim hasil ke web browser pengguna. Sehingga pengguna dapat dengan mudah menemukan sesuatu yang dibutuhkan.

Pengertian Apache

Apache merupakan salah satu jenis web server yang dapat dijalankan di berbagai sistem operasi seperti Ms. Windows, Linux, Unix, Novell Netware dan platform lain untuk melayani dan melakukan pengaturan fasitilas web menggunakan sebuah protocol yang di kenal dengan HTTP.

Apache juga diartikan sebagai suatu web server kompak, modular, mengikuti standar protocol HTTP, dan sangat digemari oleh web programmer.

Sebagai software web server yang tersedia secara gratis dan bersifat open source, Apache didukung oleh para pengembang di seluruh dunia yang membuat Apache menjadi lebih terawat dan terus diperbarui secara teratur dan fungsionalitas baru untuk meningkatkan kualitas dalam pengiriman layanan HTTP.

Fitur yang diberikan oleh Apache yaitu seperti pesan kesalahan yang dapat dikonfigurasi, autentikasi berbasis data dan sebagainya. Apache sebagai perangkat lunak sumber terbuka dikembangkan oleh komunitas terbuka yang terdiri dari pengembang dibawah naungan Apache Software Foundation.

Apache memiliki dua versi yaitu versi mayor 2.0 dan 1.3

Kelebihan dan Kekurangan Apache

Kelebihan Apache

  1. Tersedia gratis dan bersifat open source, sekalipun untuk tujuan komersial.
  2. Software andal dan stabil.
  3. Fleksibel karena memiliki stukrur berbasis modul.
  4. Patch kemanan yang selalu diperbaharui.
  5. Lintas platform ( dapat berfungsi baik si server Unix mauun Windows).
  6. Kemudahan konfigurasi dan tidak sulit bagi pemula.
  7. Memiliki komunitas yang besar dan sebagai tempat
  8. Dapat digunakan pada situs WordPress.

 

Kekurangan Apache

  1. Terlalu banyak opsi konfigursi yang bisa mengarah ke turunmya keamanan.
  2. Terjadi gangguan pada performa jika website menerima traffic dengan jumlah yang cukup tinggi.

 

Dari bahasan ditas dapat diambil pengertian jika Apache merupakan web server yang sangat populer dan sudah cukup tua serta gratis yang memungkinkan Anda menjalankan website dengan aman tanpa banyak masalah. Serta beberapa kelebihan dan kekurangan dari Apache. Terimakasih.

 

Semoga bermanfaat 😀