HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Pengertian Netcut Dan Cara Kerjanya

Mungkin sebagian orang sudah pernah mendengar atau menggunakan software ini,guna memperlancar wi-fi namun sebagian besar pasti belum memahami tentang fungsi dan kegunaan dari Netcut.Langsung saja kita bahas mengenai netcut ini,sesuai namanya software Netcut ini memiliki logo gunting dan tergolong software yang bisa digunakan di perangkat mobile ataupun komputer.

Pengertian Netcut

Merupakan software yang digunakan untuk memutus koneksi wireless.Jadi dengan aplikasi ini, kita bisa memanage jaringan yang digunakan dalam suatu area wireless dan bisa memutus semua koneksi atau akses wireless yang artinya hanya kita sendiri yang menggunakan wireless itu dan otomatis meningkatkan kecepatan koneksi.

Perkembangan Netcut

Arcai.com merupakan perusahaan pembuat NetCut yang berdiri pada tahun 1999.Pelayanan dari Arcai.com bergerak dalam bidang teknologi internet.Salah satu produk ternama mereka adalah NetCut, dibuat pada tahun 2001 dan diluncurkan pertama kali pada platform Windows.Peluncuran NetCut pertama kali dilakukan Arcai.com kepada beberapa pengguna kecil berasal dari komunitas terpercaya.Pengguna tersebut diberikan produk yang bersifat sebagai uji coba sekaligus peluncuran produk NetCut pertama,Arcai.com juga berhasil merilis produk mereka pada perusahaan-perusahaan sekelas Cisco, Sun, dan IBM.Arcai tetap berinovasi dan membuat alat yang mendeteksi dan melindungi ARP(Address Resolution Protocol) dari serangan spoofing(tindakan penipuan dengan menunjukkan alamat yang berkedok atau palsu).

Fungsi Netcut

Ada 5 fungsi utama yang bisa kalian manfaatkan dari Netcut,yaitu:

  • Mengontrol Penggunaan Bandwidth Internet

Netcut sebagai aplikasi pengelola jaringan bisa didapatkan dari kemampuannya dalam mengontrol pemakaian bandwidth internet dalam jaringan,Netcut bisa kalian manfaatkan jika mendapati perangkat yang menyedot bandwidth dalam jumlah besar yang kemudian membuat akses perangkat lain lambat.

  •  Memantau Perangkat yang Terhubung Ke Jaringan

Salah satu fungsi dari aplikasi Netcut adalah memantau jaringan komputer.Dengan memakai aplikasi ini,kalian dapat melihat perangkat-perangkat yang terhubung di dalam jaringan.Dengan berdasarkan informasi ini,bisa mengetahui ada tidaknya penyusup di jaringan.

  • Mengelola Akses Internet Perangkat Dalam Jaringan

Mengizinkan dan menolak koneksi internet dari sebuah perangkat.Bahkan,kalian juga dapat memakai Netcut untuk mematikan koneksi internet secara total.

  • Mengetahui MAC Address Setiap Perangkat Dalam Jaringan

Aplikasi Netcut juga memungkinkan untuk mengetahui MAC address dari semua perangkat dalam jaringan.Bukan itu saja,Netcut juga memberi akses untuk melakukan clone MAC address dari sebuah perangkat yang terhubung.

  • Melindungi Komputer dari Serangan ARP Spoof

Memiliki fungsi untuk melindungi komputer dari serangan cyber,serangan yang memakai teknik ARP spoof.Cara Netcut menangkal ARP spoof dilakukan dengan memperbaiki ARP mapping.Terdapat fitur Protect My PC pada Netcut yang memungkinkan memperoleh fungsi ini.Arcai mendesain aplikasi Netcut bekerja dengan metode ARP spoofing.Metode ini memang rentan dan cukup berbahaya karena dilakukan dengan melakukan penyadapan pada komunikasi yang terjadi di dalam jaringan.ARP spoofing dilakukan dengan mengirimkan pesan ARP palsu kepada jaringan lewat alamat IP perangkat lain. Selanjutnya, traffic yang masuk ke IP komputer target,bisa dialihkan ke perangkat milik penyerang.

Kelebihan NetCut

  • Proses atau kecepatan Internet kalian jadi sangat cepat.
  • Jaringan LAN atau WIFI kalian yang pegang.
  • Tidak loading,jika ingin download atau browsing,tapi tergantung dengan kondisi sinyal WIFI di tempat kalian.

Kekurangan NetCut 

  • Mudah error Netcut jika ada salah salah satu target yang Offline,saat kalian sudah menjalakan Netcut sebelum target mulai Offline.
  • Jika PC kalian memiliki memori yang kurang bagus,pasti akan memakan waktu untuk menjalankan Netcut ini.
  • Sabar dan menunggu hasil yang memuaskan.

Cara Kerja Netcut

Untuk cara kerja dari Netcut ini menggunakan protocol ARP dan dengan software ini dapat melacak serta menampilkan daftar pengguna yang terhubung dalam koneksi yang sama dengan mengidentifikasi IP Adress yang digunakan.Sebagai pengguna PC kalian dapat mengatur,mematikan atau bahkan jaringan sebagai tabel IP-MAC pada komputer manapun yang terhubung dengan LAN sama.Selain itu Netcut juga bisa bekerja pada komputer yang terhubung ke router maupun switch.Komputer yang dipakai pun bisa terlindungi dari serangan Arp Spoof dengan menggunakan software Netcut ini.

Untuk bisa menggunakannya,dapat mengunduh software Netcut secara gratis di situs resminya atau melalui alamat website lain sebagai pihak ketiga.Sebelum menginstall terlebih dahulu disable antivirus,karena beberapa software antivirus masih menganggap software ini sebagai virus meskipun tidak merugikan komputer sama sekali ketika diinstall.Hal ini mungkin disebabkan banyaknya oknum yang menggunakan software ini untuk kegiatan ilegal.Proses install dilakukan seperti biasa namun untuk berjaga-jaga matikan aplikasi yang tidak penting untuk menghindari terjadinya hang ketika Netcut melakukan scanning.Ini dikarenakan semakin banyak IP Adress yang diidentifikasi tentunya semakin memacu kerja komputer kalian.

Hal pertama yang dilakukan ketika dijalankan Netcut melakukan scanning IP Address dan selanjutnya menjadikan komputer kalian sebagai gateway sehingga dapat memantau semua perangkat yang terhubung serta melakukan setting jaringan pada area tersebut.Kalian dapat memutus koneksi pada suatu perangkat dengan memilih IP Address yang ditampilkan kemudian pilih Cut Off. Setelah itu muncul keterangan In Testing sebagai tanda software sedang bekerja.Perlu diketahui bahwa ada 2 IP Address yang tidak boleh dipotong yakni IP Address server dan IP Address komputer sendiri.Biasanya 2 IP itu ditampilkan di urutan pertama dan kedua dari list.

Setelah dipotong (Cut Off) maka perangkat tersebut tidak dapat terkoneksi atau tersambung wi-fi lagi kecuali kalian menekan tombol Resume pada software Netcut kalian.Banyak juga software-software yang bisa menghidden IP Address suatu komputer agar tidak terdeteksi oleh Netcut namun mengingat sepak terjang Netcut ini yang sudah cukup kuat.

Cara Mengetahui Ada User Yang Menggunakan NetCut

1. Apabila user Netcut telah memulai aksinya,maka hal yang sebaiknya dilakukan menscan semua IP address dan MAC address yang tercatat pada jaringan,dengan menggunakan aplikasi yang kalian miliki atau menggunakan Advance IP Scanner.
2. Lakukan ping dari komputer korban menggunakan fasilitas yang disediakan windows dengan membuka menu run dan pada textbox ketik ping ip_address_address_yang_dituju -t.Contoh saja:  ping 192.168.1.25 -t.Tunggu hingga beberapa detik,jika pada layar tetulis Request Time Out berarti user dengan IP addres tersebut bukan pengguna NetCut.Namun jika tertulis pada layar adalah Reply from 192.168.1.23:.Maka user dengan IP address tersebut patut dicurigai.Jika diCut dengan aplikasi NetCut koneksi korban tidak teputus secara total.Sehingga korban masih tetap dapat melakukan aktifitas pada gateway.Karena user NetCut bertindak sebagai gateway, maka user dengan IP address Reply mungkin saja menggunakan NetCut.Cara ini dapat dilakukan pada jaringan dengan pengguna yang sedikit.Namun  jika dalam jaringan terdapat 100 pengguna maka proses mencarinya akan memakan waktu yang lama.Maka dari itu kalian dapat menggunakan aplikasi yang telah disediakan oleh windows,yakni CommandPrompt.

Langkah-langkahnya sebagai berikut:

  • Jalankan commandprompt dengan mengklik tombol START lalu RUN.
  • Pada TextBoxt ketikkan cmd.
  • Pada layar command prompt,ketik arp -a,Maka pada layar akan tampil IP address kalian dan gateway.Jika pada daftar terdapat 2 gateway,maka sebaiknya komputer user tersebut diperiksa, apakah benar dia menggunakan NetCut.

Cara Mengatasi Netcut

  • Rubah IP address kalian,apabila merasa dicurangi dengan Netcut,lalu jangan pernah beritahukan alamat IP kalian pada orang yang dicurigai sebagai pengguna netcut. Karena,pengguna netcut tidak akan bisa memutuskan koneksi komputer kita tanpa mengetahui IP kita.
  • Gunakan Anti Netcut.Kalian bisa mendownloadnya.
  • Jangan menggunakan Netcut untuk hal buruk atau kalian akan disebut pencuri.
  • Hidden komputer dari LAN menggunakan XP antispy,XP antispy adalah utiliti kecil untuk menyingkirkan atau menonaktifkan program-program yang tidak diperlukan.XP antispy terbaru bisa menonaktifkan Netcut atau mungkin kalian bisa menghidden komputer kalian agar pengguna netcut tidak bisa mendeteksi komputer kalian.
  • Install anti ARP (trial).Anti ARP ini bukan freeware, jadi lebih baik pakai trialnya saja yang gratis.Anti ARP memiliki fitur : intercept ARP spoofing / ARP serangan / peracunan ARP,intercept alamat IP konflik,mencegah serangan Dos,keselamatan modus,ARP arus analisis,lindungi ARP cache,pertahanan aktif, cari penyerang,membersihkan virus ARP.
  • Merubah MAC Address.MAC Address (Media Access Control Address)adalah sebuah alamat jaringan yang diimplementasikan pada lapisan data-link dalam tujuh lapisan model OSI, yang merepresentasikan sebuah node tertentu dalam jaringan.Salah satu software yang bisa digunakan untuk mengubah MAC address adalah K-Mac. K-Mac biasanya di gunakan dalam proses membobol jaringan Lan atau Wifi yang menerapkan filltering Mac, jadi K-Mac di pergunakan pada tahap akhir proses hack WiFi yang terenskripsi atau terkunci. Bila kita terkena serangan NetCut, dapat menggunakan K-Mac,kemudian aktifkan NetCut untuk proteksi.
2/5 - (1 vote)
feni

Recent Posts

Kenali Perbedaan Customer Experience dan Customer Service beserta 10+ Strategi Membangun Customer Experience 

Customer experience adalah kesan atau pengalaman yang dimiliki pelanggan dari suatu interaksi bisnis. Pengalaman ini…

7 hours ago

Ini Dia Pengertian Lengkap dan Cara Menghitung Cost Per Lead

Dengan kemajuan teknologi, semua orang melakukan berbagai aktivitas secara online, termasuk marketing. Seperti diketahui bahwa…

10 hours ago

Pahami 5+ Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Memilih Framework PHP

Framework PHP adalah platform untuk membangun aplikasi web PHP. Framework ini menyediakan pustaka baris kode…

1 day ago

Rahasia Jitu SEO Tanpa Kursus Mahal

Ingin mengikuti kursus SEO yang biayanya jutaan? Baca ini sebelum Anda membayar kursus SEO yang…

1 day ago

Pahami 5+ Keunggulan Framework PHP

Keberadaan framework PHP dilatarbelakangi oleh data dari W3Tech yang menunjukkan bahwa lebih dari 80% website…

2 days ago

Pilihan Software Terbaik Web Development Untuk Web Developer

Hallo Sobat! Saat ini perkembangan website semakin hari semakin meningkat. Mulai dari kebutuhan bisnis, akademik,…

2 days ago