Apa itu Plugin?

Menurut Wikipedia, plugin adalah program komputer yang berinteraksi dengan host sebuah aplikasi dalam menyediakan fungsi tambahan tertentu dan spesifik. Sedangkan menurut WordPress plugin adalah sebuah program aplikasi tambahan yang bisa diintegrasikan dengan WordPress untuk memberikan fungsi-fungsi lain yang belum tersedia yang bertujuan untuk meningkatkan fungsi dalam blog wordpress.

Dari pengertian tersebut dapat disimpulkan bahwa plugin merupakan aplikasi berukuran kecil yang ditanam didalam aplikasi lain yang lebih besar dan bertujuan untuk meningkatkan fungsi dari aplikasi utamanya.

Plugin di WordPress

WordPress sebagai salah satu CMS terpopuler menyediakan plugin agar para penggunanya bisa memberikan fitur-fitur terbaik di website atau blognya. Ketersediaan plugin di WordPress memudahkan para pengguna WordPress yang tidak ahli dalam coding. Plugin adalah cara mudah bagi para pengguna CMS WordPress untuk menambahkan fitur-fitur di website atau blognya. Adapun fungsi plugin wordpress, antara lain:

  1. Memungkinkan pihak ketiga membuat tambahan kemampuan pada aplikasi wordpress yang merupakan aplikasi terbuka untuk siapa saja yang ingin membantu mengembangkannya.
  2. Mendukung fitur yang belum terlihat oleh para pengguna wordpress
  3. Mengurangi ukuran aplikasiwordpress baik dari segi kapasitas, bandwith yang digunakan, adan lain-lain.

WordPress menyediakan 55ribu jenis kategori plugin. Ada beberapa jenis plugin WordPress yang popular, antara lain:

  • Plugin SEO

Agar artikel yang anda tulis bisa muncul di halaman pertama hasil pencarian Google, anda perlu melalukan banyak hal salah satunya dengan mengmasang plugin SEO. Plugin ini berfungsi untuk membantu menganalisis artikel yang akan anda rilis dari segi SEO, apakah artikel tersebut sudah SEO friendly atau belum.

  • Plugin Keamanan

Dengan memasang plugin keamanan untuk menghindari serangan cyber yang bisa datang kapan saya merupakan salah satu cara untuk melindungi website anda.

  • Plugin Backup

Berfungsi untuk mengembalikan data website yang error atau terhapus. Dengan memasang plugin backup menjadi salah satu langkah antisipasi jika terjadi error pada website anda yang menyebabkan data-data di dalamnya terhapus.

  • Plugi Anti-Spam

Saat anda menulis sebuah artikel dan memperoleh banyak komentar tidak jarang kolom komentar dipenuhi dengan komentar spam. Anda dapat memasang plugin anti-spam agar website atau blog anda terhindar dari komentar-komentar spam yang mengganggu.

  • Plugin Kecepatan Website

Website yang mempunyai kecepatan loadingnya lebih cepat mempunyai nilai lebih dari para pengguna. Oleh sebab itu, disarankan agar anda memasang plugin untuk meningkatkan kecepatan.

  • Plugin Social Media

Anda juga memerlukan pengunjung yang dating dari media sosial karena kebanyakan orang membagikan artikel melalui platform tesebut. Agar pembaca dapat membagikan artikel anda dengan mudah, disarankan anda memasang plugin social media.