Dalam perkembangan zaman yang semakin modern, penggunaan teknologi berkembang semakin pesat, seperti penggunaan software atau perangkat lunak. Pada sebuah software terdapat lisensi untuk mengijinkannya. Software  yang mengijinkannya  seperti  freeware, adware, open source dan shareware, yang mana jenis-jenis lisensi tersebut memiliki sistem kerja yang berbeda.  Untuk kali ini kita akan membahas tentang Shareware. Berikut penjelasannya

Pengertian Shareware

Shareware merupakan sebuah software atau perangkat lunak  yang dibagikan secara gratis, dapat di download dan digunakan oleh para pengguna diseluruh dunia. Tetapi dalam penggunaannya, shareware memiliki batasan fitur atau waktu tertentu dan jika pengguna ingin memiliki dan menggunakan software tanpa batasan, pengguna harus membeli lisensi dari  pengembang software tersebut.  Software shareware memiliki batasan pemakaian selama 30 hari dan biasanya juga ada yang bisa digunakan sebanyak 30 kali.  Akan tetapi, juga terdapat software yang dapat digunakan kembali ketika masa pemakaian sudah habis, tetap saja fitur-fitur yang ada dapat dibatasi dengan hal yang tertentu untuk bisa digunakan kembali. Harga shareware berbeda-beda tergantung pada fitur-fitur yang ada, fungsi dan juga kegunaannya.

Kelebihan dan Kekurangan Shareware

  • Kelebihan Shareware

  1. Untuk penggunannya dapat digunakan oleh siapapun
  2. Sebagai peluang untuk mencoba berbagai jenis produk dan memberika beberapa pilihan sesuai dengan kebutuhan anda.
  • Kekurangan Shareware

  1. Pemakaian secara gratis dibatasi dan harus membeli shareware premium
  2. Tidak cukup mudah jika ingin menambahkan aplikasi
  3. Jika tidak membayar secara penuh, anda tidak akan bisa memiliki segala fungsi yang ada.

Contoh Aplikasi Shareware

Terdapat beberapa contoh aplikasi shareware yang bisa anda gunakan, yaitu

  1. Internet Download Manager (IDM)

Merupakan salah satu aplikasi berbasis shareware yang memiliki batasan waktu penggunaan. Software ini dapat digunakan secara gratis selama 30 hari, dan setelah lebih dari kurun waktu tersebut, anda harus membeli lisensi dari Microsoft dan memasangnya pada komputer anda.

  1. Microsoft Windows

Aplikasi ini juga dapat digunakan secara gratis, tetapi memiliki limit dalam waktu pemakaian dengan batasan waktu selama 60 hari. Sama seperti software sebelumnya, untuk dapat menggunakan terus menerus anda harus membeli lisensi dari Microsoft dan memasangnya pada komputer anda.

  1. Winrar

Dapat digunakan saat anda mengkompresi data. Untuk penggunaan secara gratis juga terdapat batasan waktu selama 30 hari dan jika ingin berlanjut anda harus membeli lisensi pada pengembangannya.

  1. CyberLink PowerDVD

Merupakan Shareware yang bisa digunakan untuk membuat film dengan format DVD dan Blu-ray. Dapat digunakan secara gratis dalam kurun waktu tertentu. Jika sudah melebihi waktu yang ditentukan anda harus membeli lisensinya agar tetap bisa digunakan.

  1. Norton AntiVirus

Digunakan untuk membersikan dan menangkal komputer dari serangan virus. Anda hanya dapat menggunakan aplikasi ini selama 30 hari, melebihi dari waktu tersebut anda harus membeli lisensi terlebih dahulu.

0 Shares