Alexa Rank atau yang dulunya disebut Alexa Traffic Rank merupakan salah satu tools untuk melakukan perankingan website berdasarkan data. Penentuan perankingan dengan menggabungkan data jumlah pengunjung dan berapa jumlah halaman yang dikunjungi pengunjung website. Penggunaannya juga mudah, yaitu dengan memasukkan URL dan nantinya akan menampilkan data untuk domain tersebut.

Alexa didirikan pada tahun 1996  dengan pendiri awalnya yaitu perusahaan di California dan diambil oleh Amazon pada tahun 1999. Penetuan peringkat sama seperti di Google, dimana semakin rendah angkanya maka nilainya semakin baik. Website yang populer, statistic trafiknya juga akan semakin akurat.

Prinsip Kerja Alexa Rank

Seperti yang sudah dijelaskan, untuk menentukan perankingan dengan menggabungkan data jumlah pengunjung dan berapa jumlah halaman yang dikunjungi pengunjung website. Untuk mendapatkan peringkat Alexa Rank tidak harus mendapatkan lalu lintas yang banyak, tetapi lalu lintas harus konsisten dan membuka halaman-halaman yang berbeda di website kamu. Selain itu, Alexa Rank juga memiliki fitur bawaan untuk meminimalisir  pada manipulasi statistik website yang seolah-olah dilihat banyak orang.

Adapun informasi yang dapat disampaikan ke anda yaitu seberapa banyak lalu lintas yang diterima website, peringkat website di internet dan sedikit indikator kualitas dan bounce rate.

Apakah Alexa Rank Akurat?

Banyak yang menanyakan terkait keakuratan tools ini. Tetapi sampai saat ini belum ada jawaban pastinya. Ada yang berpendapat data dari Alexa cukup bisa dipercaya, namun masih banyak juga yang beranggapan bahwa Alexa berasal dari penggabungan data Alexa dengan data dari tools analisis website seperti Google Analytics.

Anggapan ini dikarenakan Alexa belum mampu mengumpulkan data secara akurat dan real-time dari semua orang karena tidak semua pengguna internet menginstall extension yang memiliki script Alexa di dalamnya. Saat ini, tidak semua website memasukkan script Alexa ke dalam website mereka agar bisa dilacak oleh Alexa.

Alexa juga belum transparan terkait bagaimana cara menentukan ranking, asal data dan cara menghitung metrics-nya.

Mengetahui Ranking Alexa

Untuk mengetahui ranking Alexa dari suatu website, caranya cukup mudah. Tidak perlu download program atau install ekstensi/widget. Anda cukup membuka website resmi Alexa di www.alexa.com/siteinfo

Dalam website Alexa, masukkan domain yang ingin anda cek, kemudian klik Find. Akan tampil halaman yang berisi hasil pencarian dan data-data detail website tersebut. Data-data yang muncul diantaranya adalah ranking situs secara global, ranking situs di suatu negara, serta letak geografis pengunjung website. Untuk contohnya, ini adalah hasil Alexa pada situs wikipedia.

Untuk versi gratis, anda hanya bisa melihat lima negara teratas pengunjung website.

 

Pada bagian selanjutnya, akan muncul data engagement website yang anda cek. Data-data yang tersedia meliputi bounce rate, jumlah halaman yang diakses oleh setiap pengunjung, dan waktu rata-rata yang dihabiskan pengunjung pada suatu situs. Anda juga bisa mengetahui bagaimana pengunjung menemukan situs anda, dan keyword apa saja yang mengarahkan pengunjung ke situs anda

Selain versi gratis, Alexa juga menyediakan plan berbayar untuk anda yang ingin mengetahui lebih jauh tentang data situs. Dengan plan berbayar, anda dapat mengetahui situs apa yang dikunjungi oleh pengunjung situs anda sebelum dan sesudah akses ke situs anda.

Tidak hanya itu, Alexa juga memberikan data website mana saja yang memberikan backlink ke situs anda, dan website-website lain yang berhubungan dengan situs anda.

Fitur Alexa yang lain adalah memberitahukan halaman atau subdomain mana saja yang dikunjungi oleh pengunjung situs anda, serta kecepatan loading dari website tersebut. Terakhir, Alexa menyediakan data demografik pengunjung website anda.

Meningkatkan Alexa Rank

Anda dapat melakukan cara-cara berikut ini untuk meningkatkan ranking Alexa situs anda :

1. Menginstall toolbar Alexa

Seperti disebutkan di awal, untuk masuk ke database Alexa anda harus menginstal toolbar atau ekstensi Alexa di browser anda. Jadi, langkah awal yang harus dilakukan untuk meningkatkan ranking website anda tentu saja adalah menginstall toolbar Alexa. Setiap anda melakukan kunjungan ke website anda, Alexa akan mengumpulkan data-data ke databasenya. Hal ini akan membantu meningkatkan ranking Alexa website anda. Untuk menginstall toolbar Alexa, anda bisa membuka situs resminya di www.alexa.com/toolbar

2. Menginstall widget Alexa di website

Setelah menginstall toolbar, anda juga perlu menginstal widget Alexa di website anda. Karena toolbar hanya merekam kunjungan dari browser anda. Kunjungan dari browser yang tidak terpasang ekstensi Alexa tidak akan dihitung. Sehingga, dengan widget alexa di website, setiap kunjungan akan dihitung meskipun pengunjung tidak menginstal ekstensi Alexa di browsernya. Bagi pengguna WordPress, anda bisa menginstall plugin Alexa Rank Widget.

3. Membuat konten yang menarik dan bernilai

Konten adalah hal terpenting untuk suatu website. Anda tentu memerlukan konten yang menarik serta teroptimasi SEO untuk mendapatkan banyak traffic. Search engine menyukai konten yang mendapatkan banyak klik. Ketika website anda memiliki ranking yang baik di search engine, maka ranking wbesite anda di Alexa juga sudah pasti baik.

Konten yang bernilai akan membuat pengunjung website anda melakukan kunjungan ulang di waktu lain. Dengan demikian, ranking Alexa situs akan naik. Anda bisa melakukan berbagai strategi seperti seocial media marketing, email marketing, dan lainnya untuk dapat mengundang pengunjung melakukan kunjungan ulang ke website anda.

Kesimpulan

Alexa Rank dapat memberikan gambaran tentang kepopuleran dari suatu website. Hal ini akan sangat berguna jika anda ingi melihat bagaimana popularitas pesaing anda.

Jika anda ingin menghasilkan uang dari blog, Ranking Alexa juga bisa digunakan oleh pemasang iklan untuk menentukan apakah website anda cukup bagus untuk ebriklan dan seberapa keuntungan yang akan didapatkan dengan memasang iklan di website anda. Meskipun akurasinya kadang dipertanyakan, Alexa dapat menjadi tools yang menjadi acuan anda dalam evaluasi suatu website.

 

0 Shares