Beberapa dari anda pasti menggunakan CMS WordPress dalam ngelola website. Mungkin dari beberapa pernah mengalami masalah saat mengunggah gambar ke WordPress.

Beberapa penyebab terjadi error saat mengunggah gambar pada WordPress, antara lain:

  • Terkait Dengan Nama File Gambar

Penyebab: Nama file yang akan diunggah memiliki kesamaan nama dengan file yang sudah pernah diunggah sebelumnya.

Solusinya: Periksa nama file gambar tersebut. Jika terjadi kesamaan nama, ganti namanya atau anda tambahkan tanda baca khusus agar berbeda.

  • Kesalahan HTTP/HTTP Error

Penyebab: Ukuran gambar terlalu besar atau format gambar yang akan diunggah tidak didukung oleh WordPress.

Solusinya: Turunkan resolusi gambar, ubah format file menjadi .jpg atau .png, pastikan resource server cukup saat mengunggah gambar, pastikan ModSecurity pada hosting disable.

  • Tidak Dapat Melihat Thumbnail Gambar Di Media

Penyebab: Terdapat perubahan nama folder konten atau perubahan lokasi path directory. Akan dijumpai notifikasi sebagai berikut: “ Tidak dapat membuat direktori wp-content/uploads/2016/02. Apakah direktori induknya dapat ditulis oleh server?”

Solusinya: Login ke cpanel, pilih file manager, plilh public_html, lalu pilh wp-content. Pastikan sudah ada folder uploads. Jika tidak ada, maka buat folder baru dengan nama uploada,, clear cache browser, lalu upload kembali.

  • File Melebihi Batas Limit PHP Max. filesize

Penyebab: Anda mengalami kegagalan upload gambar ketika file melebihi batas ukuran maksima file PHP.

Solusinya: Cek setting limit yang ada pada hosting anda. Anda juga dapat menghubungi  tim teknis dari penyedia layanan hosting anda yang saat ini digunakan.

Rate this post