HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Wordpress

Penyebab Server Mengalami Down

Pastinya anda tidak ingin mengalami kejadian dimana website anda tidak bisa diakses. Website yang tida bisa diakses dikarenakan ada masalah pada server, dimana server mengalami down.

Banyak penyebab mengapa server anda terkadang mengalami down. Banyak ditemukan server yang tidak bisa diakses sebagai mana mestinya, dan juga server down biasanya juga terjadi pada website yang sangat lama saat diakses.

Ada beberapa kemungkinan server anda mengalami down, diantaranya:

  1. Traffic membludak (Viral Effect)

Website anda yang mengalami kebanjiran banyak pengunjung, mungkin saja konten yang anda sajikan dalam website sedang viral sehingga mengundang banyak pengunjung. Hal ini dapat menyebabkan down pada website yang sedang diakses. Masalah ini dapat diatasi dengan menaikkan kapasitas dari web hosting anda.

  1. DNS bermasalah

DNS yang bermasalah dapat menjadi salah satu penyebab server anda down. Pastikan apakah hosting anda terpasang DNS dengan benar atau tidak, karena jika DNS anda bermasalah maka server tidak ditemukan atau tidak terintegrasi dengan benar dan menyebabkan website tidak dapat diakses sama sekali.

  1. IP Akses terblokir

Jika terlalu banyak mengakses server, anda akan disangka melakukan DDOS sehingga IP anda terblokir oleh firewall server yang sebenarnya berfungsi untuk melindungi server anda. Sistem ini biasanya bekerja secara otomatis dimana jika sistem mendeteksi aktifitas yang mencurigakan maka akan memblokir secara otomatis. Jika hal ini terjadi pada anda, disarankan agar anda bertanya pada penyedia layanan agar IP komputer anda tidak terblokir.

  1. Data Center yang down

Ada banyak proses yang terjadi pada server yang tidak anda ketahui. Dalam proses ini seringkali mempengaruhi kinerja server, meskipun pihak pengelola telah membuat schedule backup pada waktu tertentu, tetepa saja dapat membuat server down, apalagi jika ada kesalahan teknis pada data senter.

  1. Hacker Attack

Serangan dari hacker sering terjadi pada system yang memiliki celah keamanan. Hali ini kemungkinan akibat dari kelalaian anda untuk melogout aplikasi. Pastikan anda menghapus history dan cache ketika login website anda ditempat umum.

  1. Power Outage

Power Outage atau pemadaman listrik mendadak menjadi kondisi yang sangat berbahaya bagi infrastruktur TI.  Power Outage dapat terjadi pada sebuah data center maupun lokasi pada jaringan internet. Power Outage bisa jadi alasan mengapa layanan tidak bisa diakses untuk sementara waktu.

  1. Natural Disaster

Natural disaster atau bencana alam merupakan sesuatau yang terjadi tanpa bisa diprediksi sebelumnya. Menyiapkan perencanaan recovery jadi hal terbaik yang dapat dilakukan. Perencanaan recovery bencana disebut juga Disaster Recovery Plan (DRP) bagi penyedia layanan. Adanya DRP maka kerugian dari matinya layanan dapat diminimalisir bahkan dihindari.

  1. Plugin atau Aplikasi Bajakan

Jangan sembarangan dalam meninstal aplikasi yang belum memiliki kejelasan ke dalam hosting atau website anda. Hal ini akan mempengaruhi kinerja hosting lainnya, sehingga penyedia layanan harus menututp akses hosting yang bermasalah tersebut.

  1. Kelemahan Sistem/Single Point Of Failure (SPOF)

SPOF merupakan salah satu titik kelemahan dari sebuah sistem. Jika ada titik kelemahan akan terjadi failed, error atau gagal berjalan maka yang terjadi seluruh sistem akan berhenti berfungsi. Cara menghilangkan SPOF dapat dilakukan dengan merancang desain perencanaan yang baik, kemudian perencanaan pemilihan hardware, software serta monitoring dan kontrol yang dispilin pada sistem yang berjalan.

 

Jadilah yang pertama untuk memberi nilai
Fitri R

Recent Posts

Kenali Apa itu Pop Up, Fungsi hingga Cara Membuatnya

Kamu mungkin pernah mendengar istilah "Pop Up"  dalam beberapa penjelasan artikel. Lalu, apa si Pop…

1 day ago

Begini Cara Setting SSL di Cloudflare!

Setting SSL Cloudflare – Saat ini, HTTPS adalah salah satu upaya yang dilakukan banyak pemilik…

2 days ago

Apa itu IPv6? Kenali Perbedaannya dengan IPv4

Pernahkah kamu mendengar tentang IPv6? IPv6 adalah versi terbaru dari IP (Protokol Internet) dari yang…

2 days ago

Kesulitan Membuat Aplikasi Android? Sangat Tepat, Berikut Cara Mudah 100% Berhasil!

Bagi yang merasa kesulitan dalam membuat aplikasi Android, Hosteko akan memberikan cara mudah membuat aplikasi…

3 days ago

Amankan Website dari XSS Vulnerability dengan CSP

Ketika kamu ingin membuat website, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan, khususnya tingkat keamanan…

4 days ago

Rekomendasi Website dan Aplikasi Kompres File PDF

Kompresi online file PDF ukuran 200 KB dan 500 KB atau rahasia kompresi PDF di…

5 days ago