Para pejuang dolar pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah Newsletter bukan? Newsletter sebagai email untuk marketing Anda ini banyak digunakan sebagain besar para pelaku bisnis marketing untuk mengirimkan email kepada pelanggannya. Banyak sekali model yang digunakan untuk membuat akun bisnis Anda seperti dengan Instagram, Twitter ataupun Facebook.

Email marketing ini juga dapat membantu Anda jika Anda mempunyai update terbaru dan akan memberi tahu pelanggan melalui email Anda. Nah melalui email marketing ini maka Anda dapat menjangkau pelanggan dengan baik. Selain itu Anda juga dapat melakukan menyampaikan info dalam sekali waktu untuk promosi bisnis Anda.

Metode email marketing ini bersifat personal sehingga pelanggan Anda akan merasa sangat diperhatikan oleh Anda dan akan dapat meningkatkan kepercayaan pelanggan terhadap Anda. Bisa juga promosi dengan metode ini akan menjadikan investasi marketing dalam jangka waktu yang panjang.

Strategi marketing ini cocok untuk model business to business (B2B). Model ini memilki arus transaksi yang lambat namun transaksi yang besar serta relasi antar pelanggan yang berharga. Strategi ini juga bagus untuk model business to consumer (B2C), karena memiliki format promosi yang akan lebih menonjol dari competitor.

Nah, sekarang di artikel ini akan membahas mengenai beberapa contoh newsletter yang dapat berguna untuk email marketing Anda. Namun sebelumnya akan lebih baik jika mengetahui beberapa mengenai newsletter.

Alasan email newsletter dapat menarik pelanggan

  1. Tampilan yang menarik

Untuk dapat menarik pelanggan lebih baik untuk membuat email dengan desain yang responsive, maka email Anda dapat dilihat dari berbagai device dan resolusi layar. Email yang Anda berikan juga harus rapi.

 

  1. Tulisan yang simpel dan unik

Email newsletter ini dibuat dengan tulisan yang simpel dan unik agar pelanggan Anda lebih diperhatikan karena akan meninggalkan kesan yang baik untuk pelanggan. Terlebih hal itu dapat menarik pelanggan ana untuk menggunjungi website Anda.

 

  1. Visual yang estetis

Yang ini juga sangat penting karena tampilan yang estetis lebih nyaman untuk pelanggan Anda. Anda bisa membuat skema warna yang sesuai dengan brand Anda serta gunakan bantuan ikon untuk menguragi teks paada newsletter agar lebih unik.

  1. Banyak konten

Anda dapat memasukkan konten yang penting ke dalam newsletter Anda agar pelanggan Anda dapat menerima dengan baik. Maka akan lebih baik jika Anda menyediakan berbagai macam konten untuk promosi Anda. Seperti contoh Anda memberikan beberapa opsi konten alternative.

  1. CTA(Call to action) yang spesifik

CTA ini sangat penting dan jangan Anda lewatkan karena akan memberikan petunjuk yang benar-benar diharapkan oleh pelanggan. Contohnya mengunjungi web, memberikan donasi, mengisi formulir dan sebagainya.

CTA ini yang akan mengurangi pelanggan untuk tidak mengabaikan email Anda serta menjadi email lebih konkret.

 

Berikut ini beberapa contoh newsletter yang bisa Anda contoh

  1. BrainPicking

Newsletter dengan BrainPickings adalah blok yang berisi tentang sastra, sians, seni, filsafat dan beberapa topik tentang pikiran dan perasaan manusia. Menurut Maria Popova (seorang penulis asal Bulgaria), blogger, kritikus sastra dan seni yang mengisi kolom disejumlah media ternama seperti The New York Times, Wired UK, dan The Atlantic.

Newsletter ini mengadopsi tema yang sama seperti kombinasi putih, hitam dan kuning di sluruh tampilannya. Anda dapat mendapatkan kesan memgakses blog ketika membuka newsletter dan sebaliknya Anda juga bisa membaca ketika membuka versi blog.

Newsletter ini memberikan beberapa keunggulan yaitu kontenya padat dan berisi, kontennya bukan hanya teks saja namun juga video dan ilustrasi visual dan yang terpenting berisi sangat panjang.

Nah, tapi karena berisi konten yang sangat panjang banyak orang yang tidak menyukai newsletter ini. Namun jangan salah karena ini sudah ada sejak tahun 2006 dan masuk memiliki kekuatan serta daya tarik newsletter BrainPickings.

Tips membuat email newsletter di BrainPickings

  • Anda harus mengetahui kelebihan Anda dalam membuat konten dan menampilkannya sebaik-baiknya.
  • Anda dapat mengkombinasikan beberapa jenis konten dalam newsletter seperti teks, video, audio dan ilistrasi visual yang unik.
  • Anda bisa memberikan opsi Forward to a Friend agar dapat di teruskan ke email teman sehingga menambahkan eksposur luas dari konten yang Anda buat.
  • Silahkan Anda tambahkan opsi Read Online untuk memberikan tampilan yang user-friendly
  • Anda juga bisa menyediakan tombol Like untuk diketahui impresi pembaca sekaligus menyebarkan konten melalui Facebook.
  • Anda dapat memanfaatkan email ini untuk monetisasi blog melalui cara donasi terbuka.

  1. Pocket

Contoh newsletter yang ke dua adalah Pocket yang merupakan aplikasi sekaligus layanan berbasis web. Aplikasi ini dibuat agar internet dapat menyimpan tautan konten yang menarik baik berupa artikel, video maupun konten lain yang ada di internet.

Jika sudah disimpan, pengguna Pocket tidak akan kehilangan yang dicari karena bisa membukanya sewaktu-waktu dibutuhkan. Jadi aplikasi ini sangat simpel juga berisi banyak rekomendasi berbagai komten yang menarik diinternet.

Newsletter ini berisi beberapa judul konetn setra rangkuman singkatnya. Disetiap rekomendasi kontennya terdapat tombol Save to Pocket. Dengan mengklik tombol tersebut, konten yang dipilih secara otomatis masuk ke daftar simpan akun Pocket. Tidak hanya menawarkan layanan aplikasi, Pocket ini membantu Anda dapatkan konten menarik supaya Anda giat memakai aplikasinya.

Tips membuat email newsletter di Pocket

  • Anda dapat menggunakan email marketing sebagai cara berbagi tips agar pelanggan dapat memanfaatkan produk atau layanan bisnis dengan lebih baik lagi.
  • Anda dapat menyediakan banyak pilihan konten menarik untuk pelanggan.
  • Newsletter ini juga memudahkan pelanggan dengam memberikan tombol CTA di beberapa bagian yang relevan.

 

  1. Change.org

Newsletter berikutnya adalah Change.org yang merupakan perusahan kepentingan publik yang memiliki visi dan komitmen untuk memberdayakan komunitas. Change.org memfasilitasi siapa saja yang memiliki kebimbangan di lingkungannya untuk berani berbicara. Kemudian kebimbangan tersebut dibuat petisi yang dapat ditAndatangani. Semakin banyak orang yang mendukung maka akan peluangnya menjadi semakin besar.

Tips membuat email newsletter di Change.org

  • Lebih fokus ke platform dan menampilkan hal tersebut sebaik mungkin
  • Kualitas kontennya tidak bisa berbohong, jadi harus konten yang benar-benar berkualitas untuk dikirimkan ke pelanggan
  • Memiliki desain yang simpel dan sederhana yang bisa menonjolkan kelebihan layanan atau bisnis Anda. Jika newsletter yang dikirim padat dengan konten, silahkan hindari desain email newsletter yang penuh dan mencolok
  • Anda buat CTA yang mengarahkan ke aksi yang spesifik.

 

  1. Neil Patel

Neil Patel bukan tidak bisa memperkerjakan banyak desainer grafis untuk mendesain newsletter miliknya, atau meremehkan unsur visual sebagai senjata untuk memikat pembaca. Newsletter ini memang dipasang bersih dan apa adanya.

Tips membuat email newsletter di Neil Patel

  • Buat subjek email yang menarik dan dapat membuat pelanggan untuk tetap membacanya
  • Ketahui kekuatan utama Anda dan memaksimalkan kekuatannya sebaik mungkin
  • Pelajari lebih banyak copywriting untuk mengoptimalkan setiap kalimat yang akan Anda pakai di newsletter
  • Hard selling sudah terlalu usang, dimana Anda akan di tuntuk memberikan nilai yang seluas-luasnya kepada pelanggan Anda.

 

  1. Pinterest

Contoh newsletter yang terakhir yaitu Pinterest, biasanya sudah banyak orang yang memahami apa itu pinterest karena banyak sekali dijumpai terlebih dengan ciri yang menonjol yaitu huruf P dipojok kanan atas serta tampilannya yang berbentuk kartu.

Card pinterest ini memiliki peran ganda yaitu dapat menjadi tombol CTA yang efektif dan efisien.

Tips membuat email newsletter dengan pinterest

  • Pahami dan pelajari kelebihan dan keunikkan yang dimiliki dari brand Anda agar semakin meningkat
  • CTA tidak selalu berbentuk tombol. Anda bisa temukan cara yang paling menarik agar pelanggan Anda tidak merasa dipaksa dengan menekan tombol.

 

Diatas adalah artikel mengenai beberapa contoh dari newsletter untuk membuat email marketing Anda. Dari kelima contoh tersebut semoga bisa  diambil satu atau beberapa yang bisa Anda terapkan agar bisa menarik perhatian para pelanggan Anda dan tidak bosan. Semoga artikel ini dapat memberikan wawasan dan pengetahuan lebih mengenai email marketing untuk Anda.

 

Terimakasih

 

Semoga Bermanfaat 😀