Sering kali ketika anda mengunjungi sebuah website akan terlihat gembok berwarna hijau pada bar nama domain. Simbol gembok hijau itulah yang berguna melindungi informasi anda, sehingga tidak ada yang dapat mengetahui informasi pribadi anda. Sebuah website yang memiliki simbol gembok hijau dapat disimpulkan bahwa website tersebut  memiliki sekuritas perlindungan. Lalu apa hubungannya simbol gembok hijau dengan HTTP dan HTTPS?, sebelumnya kita bahas terlebih dahulu pengertian HTTP dan HTTPS.

Pengertian HTTP dan HTTPS

  • HTTP (hypertext transfer protocol)

Merupakan protokol yang berfungsi untuk komunikasi antar system, biasanya digunakan untuk mengirim data dari web server ke browser. Website yang masih menggunakan HTTP data yang dikirimkan tidak dienkripsi dan hal ini dapat menyebabkan penyalahgunaan data oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

  • HTTPS (hypertext transfer protocol secure)

merupakan bentuk protokol valid dan aman. Hal ini di sebabkan perintah dan data melalui protokol HTTPS ini telah di lindungi dengan sistem enkrip melalui berbagai format, sehingga itu akan menyulitkan bagi orang-orang yang ingin membajak isi dari dokumen yang dikirim dengan menggunakan media HTTPS.

Perbedaan antara HTTP dan HTTPS

Anda tentunya pernah menemukan lambang gembok berwarna hijau yang ada di samping alamat website. Lambang tersebut menunjukkan bahwa website yang sedang anda kunjungi tersebut telah menggunakan HTTPS. Jika di klik, maka akan muncul suatu informasi mengenai sertifikat autentikasi dari web tersebut. Berikut beberapa perbedaan antara HTTP dengan HTTPS, yaitu:

  • Sekuritas yang Diberikan

Dimana HTTP kurang memberikan sekuritas terhadap data yng ditransmisikan kepada pengguna maupun server. Hal ini berbeda dengan HTTPS, dimana dalam HTTPS terdapat tiga asperk yang berusaha ditangani meliputi otentikasi server, kerahasiaan data, dan integritas data. Dengan otentikasi server pengguna dipastikan dapat berkomunikasi dengan server. Kerahasiaan data terjamin dikarenakan data yang sedang ditransmisikan tidak dapat dicuri dan tidak bias dipahami oleh pihak ketiga karena sudah terenkripsi. Integritas daa juga tidak bias diubah oleh third party, dikarenakan sudah ada validasi berupa MAC ( Massage Authentication Code).

  • Sertifikat SSL

Website yang terintegrasi dengan protokol HTTPS harus terhubung dengan sertifikat SSL untuk dilakukan enkripsi data, sehingga data yang dikirim atau diterima aman.

  • Port yang Dipakai

HTTP secara default memakai jenis port 80, sedangkan HTTPS menggunakan jenis port 443. Hal ini memberikan pengaruh yang berbeda terhadap masing-masing protokol.

  • Perbedaan Cara Kerja

Cara kerja HTTP hanya terdapat proses penerimaan dan pengelolaan data untuk selanjutnya dikirim kepada pengguna agar dapat dimunculkan situs yang diinginkan. Namun untuk HTTPS, situs yang ingin diakses terlebih dahulu dicek apakah memiliki sertifikat SSL. Jika situs tersebut memiliki sertifikat SSL, maka akan dilakukan validasi untuk kemudian dilakukan SSL handshake lalu diciptakan senssion key yang menandakan koneksi internet yang digunakan aman terhadap data yang akan ditransmisikan. Kemudian akan dimunculkan web yang ingin diakses.

Keuntungan Menggunakan HTTPS

Saat anda mengakses sebuah web yang menggunakan protokol HTTPS, maka semua informasi yang dikirimkan ke server telah dienkrip terlebih dahulu ketika proses transaksi data berlangsung. Hal ini menjadikan transaksi data menjadi lebih aman.