HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Rekomendasi Aplikasi Baca Buku Dan Novel Online Terbaik 2022

Seiring majunya perkembangan dunia teknologi dan internet,kini bisa mencari & membaca buku melalui perangkat smartphone android.Caranya dengan membaca buku lewat web browser atau melalui aplikasi pembaca buku yang bisa di download secara gratis di Playstore.

Sebelum menjelaskan rekomendasi aplikasi membaca buku dan novel online,pada artikel ini kita akan menjelaskan apa itu aplikasi baca buku online.

Pengertian Aplikasi Baca Buku Online

Aplikasi Baca Buku Online merupakan aplikasi yang digunakan pengguna untuk mencari dan membaca buku favorit dengan berbagai tema seperti novel,dongeng,ilmu pengetahuan dan lainnya.Yang bisa dibaca secara online atau offline dengan cara mendownloadnya.Di mana tampilan buku bisa berbentuk file ebook (pdf) atau bisa juga berbentuk suara (audio book).

Selanjutnya kita akan membahas daftar aplikasi yang bisa digunakan pengguna untuk membaca Aplikasi Baca Buku Dan Novel Online Di handphone :

Amazon Kindle

Aplikasi Amazon Kindle bisa membaca jutaan ebooks seperti buku teks,majalah,komik dan banyak lagi.Selain itu juga bisa mendengarkan buku audio (audible) yang bisa didengarkan di manapun dan kapanpun seperti saat istirahat,di tempat tidur,di bus dll.Aplikasi Amazon Kindle dikembangkan oleh perusahaan teknologi asal Amerika Serikat bernama Amazon Mobile LLC.

Fitur Aplikasi Amazon Kindle

  1. Search Kindle : Fitur untuk menelusuri buku yang dicari dengan cara mengetikan judul tersebut pada kolom search.
  2. Read Kindle : Fitur untuk memilih dan membaca 6 juta buku pilihan yang tersedia di aplikasi amazon kindle.Seperti buku teks,majalah,komik,buku audio dan jenis lainnya.Kalian bisa melihat daftar buku apa saja yang baru di rilis dan buku paling laris versi amazon charts dengan bermacam genre.
  3. Look Up Words : Fitur untuk melihat definisi dari tulisan yang tidak dimengerti saat membaca buku.Yang secara otomatis dijelaskan aplikasi melalui google translate atau wikipedia.
  4. Track Your Reading Progress : Fitur yang memantau seberapa sering membaca buku dan melihat seberapa lama kalian menghabiskan waktu saat membaca buku.
  5. Bookmark : Fitur untuk menyimpan dan menandai buku favorit yang ingin dibaca di lain waktu dan memberi catatan pada buku tersebut.
  6. Zoom in : Fitur untuk memperbesar gambar,warna dan teks saat kalian membaca buku,majalah,komik,manga di aplikasi kindle.
  7. Sync Your Books : Fitur yang dapat menghubungkan buku yang kalian baca ke perangkat lain seperti tablet,smartphone dan PC.
  8. Audible Book : Fitur untuk memberikan buku audio untuk di dengarkan.
  9. Notified : Fitur ini membuat aplikasi amazon kindle secara otomatis akan memberi pemberitahuan ke ponsel kalian ketika penulis buku idola merilis buku baru.

Goodreads

Aplikasi Goodreads membuat pengguna bisa mencari buku favorit,membaca buku dan membagikan rekomendasi buku kepada teman-teman dan jutaan pembaca lainnya layaknya fitur goodreads versi web.Dengan lebih dari 75 juta anggota telah menambah 2.2 miliar buku ke rak mereka.

Aplikasi Goodreads dikembangkan oleh perusahaan penerbitan asal Amerika bernama Goodreads yang di miliki oleh Otis Chandler.

Fitur Aplikasi Goodreads

  1. Scan Book : Fitur yang bisa memindai sampul buku untuk membaca ulasan buku dan selanjutnya di simpan di rak buku virtual kalian.
  2. Browse : Fitur ini bisa mencari buku di aplikasi berdasarkan genre sehingga bisa menemukan lebih banyak buku favorit.
  3. See Friend : Fitur yang bisa melihat daftar buku apa saja yang sedang di baca oleh teman.
  4. Buy or Borrow : Fitur untuk membeli atau meminjam buku favorit di aplikasi melalui tautan yang tersedia.
  5. Catalog: Fitur untuk mencari,memberi peringkat dan mereview semua buku yang tersedia di catalog aplikasi.
  6. Reading Challenge : Fitur untuk mengikuti tantangan agar kalian bisa semakin terpacu untuk banyak membaca buku di aplikasi.
  7. Discuss : Fitur mendiskusikan buku-buku yang tersedia melalui pesan, ulasan dan grup komunitas gemar membaca.
  8. Recommended : Fitur untuk merekomendasikan buku yang kita baca ke teman.

Google Play Books

Aplikasi yang direkomendasikan selanjutnya yakni menggunakan aplikasi bernama Google Play Book.Aplikasi ini dikembangkan oleh perusahaan raksasa dunia di bidang internet bernama Google LLC.

Menggunakan aplikasi Google Play Books ini,kalian bisa mencari semua buku favorit yang bisa di baca atau di dengarkan secara gratis.Baik berbentuk buku teks,komik maupun audio book dengan jutaan buku pilihan yang tersedia.

Fitur Aplikasi Google Playbooks

  1. Read : Fitur untuk membaca semua buku yang ada di aplikasi seperti buku teks,komik,novel dll secara online.Kalian juga bisa membaca buku secara offline dengan cara mendownload buku tersebut terlebih dahulu.
  2. Preview : Fitur untuk melihat pratinjau pada buku yang bersifat premium pada katalog aplikasi.
  3. Favorite : Fitur ini menandai buku atau halaman favorit yang kalian baca yang akan nampak hidup menggunakan Bubble Zoom.
  4. Notes : Fitur yang membuat catatan pada buku yang dibaca secara otomatis terhubung dengan akun Google Drive milik kalian dan bisa dibagikan catatan tersebut dengan grup media sosial di aplikasi lain.
  5. Night Light : Fitur untuk mengatur mode malam saat membaca buku di malam hari sehingga warna dan kecerahan background layar secara otomatis di sesuaikan sehingga tidak merusak mata.
  6. Audio Books : Fitur ini untuk mendengarkan buku dalam bentuk audio (suara).
  7. Pickup : Fitur untuk melanjutkan membaca bagian atau halaman yang terakhir kali kalian baca sehingga tidak perlu membaca buku dari awal lagi.

Librera

Aplikasi Librera dikembangkan oleh perusahaan developer android asal Ukraina bernama Librera.Dengan aplikasi ini pengguna bisa membaca ribuan ebook yang tersedia di perpustakaan aplikasi dengan beragam genre. Selain itu aplikasi ini juga bisa di gunakan agar ponsel android kita bisa membuka file e-book dengan berbagai format seperti PDF,EPUB,TXT,RTF,HTML,XPS,CBR dan lainnya.

Fitur Aplikasi Librera

  1. Perpustakaan : Mencari semua buku dan dokumen ebook pada perpustakaan aplikasi yang bisa di cari berdasarkan judul buku,nama pengarang,seri,genre dan folder.
  2. Reading Setting : Mengatur background dan warna huruf pada ebook yang kita baca.Selain itu,bisa melakukan pengaturan tampilan agar pengguna jadi lebih nyaman saat membaca ebook seperti night mode,pemilihan font,kontrol kecerahan,perataan teks dan lainnya.
  3. Modus Unik Untuk Musisi : Digunakan para musisi untuk mendengarkan audio book musik yang bergulir secara otomatis ke halaman berikutnya dan juga pengguna bisa melihat catatan tentang musik seperti kunci gitar yang di lengkapi dengan gambar balok not tangga lagu.
  4. Learning Foreign Language : Mendengarkan buku audio yang di pilih menggunakan media player yang tersedia di aplikasi. Selain itu kita juga bisa menerjemahkan kata asing saat membaca e-book melalui google translate.
  5. PDF Reader : Digunakan pengguna untuk membaca file pdf yang dimiliki.Yang di lengkapi dengan file manager,fitur pencarian,mode malam,bookmark,voice reading,page dragging dan lainnya.
  6. Comic Book View : Membaca buku komik digital yang kalian miliki dengan format CBR & CBZ.Selain itu,bisa melihat thumbnail komik sebelum membacanya dan tombol close untuk menutup komik.

Gramedia Digital

Aplikasi selanjutnya untuk membaca e-book bahasa Indonesia gratis di smartphone android adalah menggunakan aplikasi bernama Gramedia Digital.Dengan aplikasi ini pengguna bisa membaca lebih dari 100.000 buku elektronik (ebook) dengan berbagai jenis ebook seperti majalah,Koran,buku digital dan lainnya dengan beragam genre seperti bisnis,fiksi,anak,design, gosip dan lainnya.

Fitur Aplikasi Gramedia Digital

  1. Jelajah : Dengan fitur ini kalian bisa mencari buku best seller,majalah terpopuler dan Koran langganan kalian di toko Gramedia Digital.Baik dengan melihat di kolom menu maupun mencarinya di kolom pencarian.
  2. Nostalgia : Dengan fitur ini kalian bisa membaca Koran atau majalah edisi lama yang sudah tidak tersedia edisi cetaknya.
  3. Pengaturan Halaman Ebook : Dengan fitur ini kalian bisa mengatur halaman saat membaca ebook seperti menggunakan fitur zoom,mengatur ukuran tulisan,penanda halaman dan mode malam agar mata pengguna tetap nyaman saat membaca ebook di malam hari.
  4. Parental Control : Dengan fitur ini kalian bisa mengatur aplikasi agar menampilkan buku-buku khusus keluarga & anak, tidak menampilkan buku khusus orang dewasa (+18).
  5. Majalah Digital : Dengan fitur ini kalian bisa mencari dan membaca majalah digital populer dengan beragam genre seperti Majalah BOLA,GATRA,Cosmopolitan,Auto Car,Tempo dll.
  6. Koran Digital : Dengan fitur ini kalian bisa membaca Koran langganan kita di aplikasi seperti Koran Harian Kompas, Jawa Pos, Tribun, Harian Rakyat Merdeka, Sindo dan Koran lainnya.
  7. Buku Digital : Dengan fitur ini kalian bisa membaca buku digital dari ratusan penerbit ternama seperti penerbit Gramedia Pustaka Utama, Penerbit Buku Kompas, Mizan Publika,Disney,Galang Press,Dian Rakyat dll.

Novel Toon

Aplikasi selanjutnya untuk membaca novel & buku online gratis di Hp Android yakni menggunakan aplikasi bernama Novel Toon.Aplikasi ini dikembangkan oleh perusahaan buku digital asal China bernama Noveltoon.

Dengan aplikasi ini,kalian bisa membaca novel Indonesia terbaik dan ebook offline gratis dengan beragam genre seperti genre komedi,modern,time travel,fantasi,romance,kehidupan sekolah dan lainnya.

Fitur Aplikasi Novel Toon

  1. Baca Novel : Dengan fitur ini kita bisa membaca lebih dari 400.000 novel favorit secara online dengan berbagai macam genre yang tersedia di aplikasi.
  2. Komunitas & Rate : Dengan fitur ini kita bisa bergabung dengan komunitas webnovel dan mendiskusikan cerita-cerita dengan pecinta novel.Selain itu,kalian juga bisa memberikan nilai rating untuk author favorit.
  3. Library : Dengan fitur ini kita bisa mendownload novel favorit kita yang selanjutnya bisa di baca secara offline di manapun dan kapanpun sepuasnya.
  4. Menjadi Penulis : Dengan fitur ini kalian bisa menulis novel hasil karangan sendiri dan berperan menjadi author.Bila Novel buatan kalian populer maka akan mendapatkan pendapatan yang melimpah dan mungkin saja novel kalian di adaptasi menjadi sebuah komik.

Bookmate

Aplikasi Bookmate dikembangkan oleh perusahaan developer android asal Irlandia bernama Bookmate.Dengan aplikasi ini pengguna bisa membaca buku favorit baik secara online maupun offline dengan mendownloadnya.Selain itu,pengguna juga bisa mendengarkan buku berformat audio dari berbagai bahasa di dunia.

Fitur Aplikasi Bookmate

  1. Baca Buku : Untuk membaca buku yang tersedia di aplikasi baik online maupun offline dalam 12 bahasa.Baik itu Buku populer, komik, novel, manga dan lainnya
  2. Audiobook : Mendengarkan buku berformat audio (suara) melalui berbagai pilihan bahasa seperti bahasa inggris dan bahasa indonesia
  3. Rekomended : Membaca buku rekomendasi terbaik dari pakar,teman dan editor.Selain itu,bisa mendapatkan kabar terbaru dari buku yang baru di rilis.
  4. Multiplatform : Buku digital ebook yang telah didownload bisa di baca melalui berbagai perangkat baik itu smartphone, tab dan laptop.
  5. Berbagi Cerita : Membagikan buku,kutipan favorit,kesan dan mendapatkan suka dari pengguna lainnya sehingga mampu menambah teman.
  6. Pengaturan Tampilan : Mengatur halaman buku yang kita baca.Seperti mengubah kecerahan layar,mengubah warna layar background hingga mengubah font sehingga kalian merasa nyaman.

 

Itulah artikel pembahasan mengenai aplikasi membaca buku online.Dengan membaca penjelasan di atas tentunya kalian jadi lebih tahu contoh aplikasi baca buku online beserta fiturnya.Semoga bermanfaat 🙂

Jadilah yang pertama untuk memberi nilai
feni

Recent Posts

5+ Blog Pendidikan Untuk Media Belajar Siswa

Keberadaan blog saat ini sangat bermanfaat dalam berbagai bidang, termasuk pendidikan. Blog sendiri adalah sebuah…

2 days ago

Programmer Bisa Kenali Github Lebih Dalam!

Pengertian Github Github adalah platform pengembangan software online yang digunakan untuk menyimpan, melacak, dan berkolaborasi…

3 days ago

Kamu Harus Tahu! Begini Cara Cek Pemilik Domain

Tentu saja, jika kamu ingin membuat website, kamu harus mendaftarkan nama domain terlebih dahulu. Namun,…

3 days ago

Penasaran Apa Saja Perangkat pada Komputer? Simak Di Sini ya

Seperti yang Anda ketahui, komputer tidak dapat bekerja tanpa tiga komponen utamanya yaitu hardware, software,…

4 days ago

Kenali Apa itu Pop Up, Fungsi hingga Cara Membuatnya

Kamu mungkin pernah mendengar istilah "Pop Up"  dalam beberapa penjelasan artikel. Lalu, apa si Pop…

6 days ago

Begini Cara Setting SSL di Cloudflare!

Setting SSL Cloudflare – Saat ini, HTTPS adalah salah satu upaya yang dilakukan banyak pemilik…

6 days ago