Disini kita akan membahas lebih detail mengenai protonmail,dari pengertian,sejarah protonmail dan masih banyak lagi.

Lalu apa si proton mail itu ?

Proton mail yakni Layanan surel terenkripsi ujung ke ujung yang didirikan tahun 2013.Proton mail menggunakan enkripsi sisi klien untuk melindungi isi surel dan data pengguna.Layanan ini dapat diakses melalui klien iOS,jaringan Tor,webmail dan android.Awalnya proton mail menggunakan sistem registrasi dengan undangan,namun tahun 2016 tepatnya bulan Maret proton mail dibuka untuk umum.

Sejarah tentang Proton Mail

Proton mail didirikan di Jenewa,Swiss tahun 2013 yang mana pendirinya adalah para ilmuwan di fasilitas penelitian CERN.Di tanggal 16 Mei 2014 proton mail disambut dengan respons yang cukup sampai-sampai tiga hari kemudian mereka perlu menghentikan pendaftaran versi beta untuk memperluas kapasitas peladennya.

Tanggal 14 Agustus 2015, Proton Mail merilis versi utama 2.0 : termasuk pangkalan kode yang ditulis ulang untuk antarmuka webnya,lalu proton mail merilis kode sumber untuk antarmuka web di bawah lisensi sumber terbuka.

Tanggal 17 Maret 2016 Proton Mail merilis versi utama 3.0 yang dimana itu adalah peluncuran resmi proton mail dan keluar dari versi beta.

Tanggal 19 Januari 2017,Proton Mail mengumumkan dukungan platform menggunakan jaringan Tor yang mana alamat layanan tersembunyi yakni protonirockerxow.onion.

Tanggal 21 November 2017 Proton Mail memperkenalkan Proton Mail Contacts,manajer kontak enkripsi akses-nol. yang mana proton mail contacts menggunakan verifikasi integritas data kontak dengan cara tanda tangan digital.

Tanggal 6 Desember 2017  muncul lagi trobosan baru,yakni Proton Mail Bridge,yakni aplikasi yang menyediakan enkripsi surel ujung ke ujung di klien dekstop mana pun yang mendukung SMTP,IMAP seperti Apple mail,mozilla thunderbird dan microsoft outlook untuk windows dan macOS.

Tanggal 25 Juli 2018  Proton Mail mengenalkan dukungan PGP( Pretty Good Privacy) dan verifikasi alamat,dengan dukungan PGP proton mail dapat bertukar informasi dengan klien PGP yang lain.

Tanggal 30 Oktober 2019 Proton Mail membuka kode sumber aplikasi iOS ke publik.

Lalu bulan Desember Proton Mail meluncurkan Proton Calender yang mana ini adalah kalender yang sepenuhnya sudah terenkripsi.

Tanggal 15 April 2020 Proton Mail membuka kode sumber Proton Mail Bridge ke publik,lalu merilis kodenya di GitHub dan mempublikasikan hasil audit oleh konsultasi SEC.

Baca Juga  LiteSpeed: Teknologi Mempercepat Situs-Mu

Tanggal 23 April 2020 Proton Mail membuka kode sumber aplikasi androidnya ke publik.

Dalam perkembangannya Proton Mail juga mengalami beberapa kendala,seperti serangan dan pemblokiran.

1.Pemblokiran di Rusia

Tanggal 29 Januari 2020 Layanan Federal Untuk Penaungan Komunikasi,Teknologi Informasi dan Media Massa Russia melaporkan melakukan pemblokiran menyeluruh terhadap layanan Proton Mail di Rusia.Alasan pemblokiran ini yakni penolakan Proton Mail untuk memberikan informasi terkait akun yang diduga mengirim spam dengan ancaman teror.Lalu Proton Mail mengklaim bahwa pihak mereka tidak menerima permintaan apapun dari otoritas Rusia terkait akun tersebut.Bulan Maret 2020 pihak Proton Mail mengumumkan bahwa pemblokiran oleh Rusia tidak terlalu berhasil dan layanan Proton Mail masih tetap tersedia di Rusia tanpa harus menggunakan VPN,lalu Proton Mail akan merilis fitur anti penyensoran di desktop,seluler Proton mail dan juga proton VPN yang bisa memungkinkan upaya pemblokiran dapat dielakan secara otomatis.

2.Pemblokiran di Belarus

Tanggal 15 November 2019 Belarus telah memblokir secara nasinoal Proton Mail dan alamat IP Proton VPN,namun hal itu hanya terjadi selama 4 hari saja,Namun tidak ada penjelasan mengenai pemblokiran ini,bahkan sampai pemblokiran ini dicabut.

3.Serangan DDoS

Tanggal 03-07 November 2015,Proton Mail mengalami serangan DDoS(Denial-of-service attack) yang mana ini membuat layanan ini sebagian besar  tidak tersedia bagi para pengguna.Lalu Bulan Juli 2018 Proton Mail melaporkan mereka terkena serangan DDoS lagi .Lalu Pada bulan September 2018,salah satu pelaku tertangkap oleh penegak hukum inggris,CEO Proton Mail mengklaim bahwa penyerang dibayar oleh pihak yang tidak dikenal untuk meluncurkan serangan tersebut.

Informasi Pusat Data Proton Mail

Proton mail mengurus dan memiliki perangkat keras dan jaringan peladen sendiri untuk menghindari penggunaan perkakas pihak ketiga. ProtonMail mengurus dua pusat data,pertama di Lausanne dan kedua di bekas bungker militer K7 di bawah 1.000 meter batu granit(Attinghausen).Karena pusat data berlokasi di Swiss, maka pusat data tersebut secara hukum di luar yurisdiksi AS dan UE. Di bawah hukum Swiss, semua permintaan pengawasan (surveillance) dari negara asing harus melalui pengadilan Swiss dan merupakan subjek untuk traktat.Pada bulan Desember 2014, ProtonMail bergabung dengan RIPE NCC untuk  memiliki kontrol lebih langsung atas infrastruktur Internet di sekitarnya.

Baca Juga  Trello: Pengertian Dan Cara Menggunakan untuk Kolaborasi Kerja

Kelemahan Proton Mail

  • sementara email dienkripsi ujung ke ujung, baris subjek tidak, sehingga mungkin bagi peretas untuk secara teoritis mendapatkan akses ke baris subjek email Anda, tetapi bukan pesan itu sendiri.

Kel;ebihan Proton Mail

meskipun terbilang masih baru email ini tetap eksis dengan banyak kelebihannya yakni :

  • Terenskripsi :Dengan adanya fasilitas ini, maka akun kita aman,bahkan menurut sang penciptanya, layanan email ini tidak bisa dibuka oleh agen sekaliber NSA dan CIA.
  • Tidak bisa dibuka jika bukan pemilik akun tersebut,karena  di menu login tidak ada pilihan “forgot password”, jadi harus benar-benar disimpen dengan baik.Bahkan dari pihak ProtonMail sendiri tidak bisa buka akun user, dan hanya bisa dibuka oleh si pemilik email tersebut. Tentu hal ini merupakan salah satu kelebihan proton mail jika dibandingikan dengan penyedia layanan email yang sudah ada.
  • Self-destruct MessageIni merupakan fitur yang juga tidak ditemukan pada layanan email lainnya. Setelah penerima email membaca email tersebut, maka beberapa waktu kemudian isi email tersebut akan terhapus dan hilang dengan sendirinya.

Proses pengiriman surel

Surel yang dikirim dari satu akun ke akun Proton Mail lain secara otomatis dienkripsi dengan kunci publik si penerima. Setelah dienkripsi, hanya kunci pribadi si penerima yang dapat mendekripsi surel. Ketika penerima masuk log,kata sandi kotak surat mereka yang mendekripsi kunci pribadi mereka dan membuka kunci kotak masuk mereka.Surel yang dikirim dari ProtonMail ke alamat surel non-Proton Mail secara opsional dapat dikirim dalam teks biasa atau enkripsi ujung ke ujung.

Enkripsi

Ketika seorang pengguna membuat sebuah akun ProtonMail, peramban web mereka menghasilkan sepasang kunci RSA publik dan pribadi :

  • Kunci publik digunakan untuk mengenkripsi surel pengguna dan data pengguna lainnya.
  • Kunci pribadi digunakan untuk mendekripsi data pengguna yang dienkripsi secara simetris dengan kata sandi kotak surat pengguna.

ProtonMail juga menawarkan para pengguna yakni pilihan untuk masuk log dengan mode 2 kata sandi yang memerlukan kata sandi masuk log dan kata sandi kotak surat.

  • Kata sandi kotak surat mengenkripsi kotak surat pengguna yang berisi surel yang diterima, kontak, dan informasi pengguna serta kunci enkripsi pribadi.
  • Kata sandi masuk log digunakan untuk autentikasi.
Baca Juga  Fungsi HTTPS Terhadap Hasil Pencarian Google Search Engine

Hal ini untuk mengakses akun dan kotak surat yang terenkripsi dan kunci enkripsi pribadinya.Pendekripsiannya terjadi di sisi klien baik di peramban web atau di salah satu aplikasi. Kunci publik dan kunci pribadi yang terenkripsi disimpan di peladen ProtonMail. Dengan demikian, ProtonMail menyimpan kunci dekripsi hanya dalam bentuk terenkripsi sehingga pengembang ProtonMail tidak bisa mendapatkan surel pengguna atau mengatur ulang kata sandi kotak surat pengguna.Sistem ini membebaskan ProtonMail dari:

  • membocorkan isi surel masa lalu tapi tidak dengan surel masa depan.
  • menympian data tidak terenkripsi ( kata sandi kotak surat ).
  • mendekripsikan kotak surat jika diminta atau dipaksa oelh perintah pengadilan.

Jenis akun Proton Mail

Jika kita ingin mendaftar email dengan proton mail maka kita memiliki opsi sebagai berikut :

 

BEBAS  : ini merupakan akun dasar dengan fitur terbatas.

  • Penyimpanan 500MB .
  • 150 pesan per hari.
  • Folder atau label 3/20.
  • Hanya 1 alamat alias.

PLUS :Amankan email dengan fitur canggih.

  • Penyimpanan 5 GB.
  • 1000 pesan per hari.
  • Folder atau label 200/200.
  • 5 alamat alias.
  • Harga :$4.00 /Bulan atau tertagih sebagai $48.00/Tahun.
  • 1 domain .
  • Kirim pesan terenkripsi ke penerima eksternal.

VISIONARY : Akun khusus untuk pendukung proton mail.

  • Penyimpanan 20 GB.
  • Hingga 50 email alias.
  • Tak terbatas pesan per hari
  • Dukungan hingga 10 domain.
  • Folder atau label tidak ada batas.
  • Kirim pesan terenkripsi ke penerima eksternal.
  • Harga : $24.00 /Bulan atau tertagih sebagai $288.00 /Tahun.

PROFESIONAL : Surel Terenkripsi untuk Organisasi kalian.

  • Penyimpanan 5 GB.
  • Tak terbatas pesan per hari.
  • Folder atau label tidak terbatas.
  • 5 alamat alias.
  • Dukungan 2 alamat domain
  • Harga : $6.25 /Bulan tertagih sebagai $75.00 /Tahun
  • Memberikan surel terenkripsi yang di-host untuk perusahaan Anda. Gunakan domain kalian sendiri dan buat akun untuk karyawan.

demikianlah artikel kali ini semoga bisa membantu menambah informasi kalian mengenai proton mail ini 🙂

BACA JUGA ARTIKEL INI :

PANDUAN CARA MENGGUNAKAN MESSENGER TELEGRAM UNTUK BERJUALAN
KODE WARNA DI HTML(HYPERTEXT MARKUP LANGUAGE) DAN CSS(CASCADING STYLE SHEETS)
TOOLS YANG DIGUNAKAN UNTUK MENINGKATKAN CRM (CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT)
MANFAAT DAN KELEBIHAN CLOUD COMPUTING
FUNGSI DAN JENIS-JENIS SSL

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

0 Shares