Peran teknologi sangatlah penting di era digital saat ini,apalagi bagi pemilik perusahaan atau pebisnis.Salah satunya yaitu CRM (Customer Relationship Management),apa itu CRM ?Mari kita bahas sedikit apa itu CRM.

CRM(Customer Relationship Management) yaitu  software yang mampu mengatur kontak secara cerdas,atau untuk menjaga interaksi dengan konsumen melalui telepon dan email,lebih tepatnya membantu kita dalam meningkatkan produktivitas, penjualan hingga kepuasan konsumen.

Customer Relationship Management mengumpulkan data-data pelanggan melalui berbagai saluran seperti website perusahaan,telpon,chat,email,media sosial,dan lain-lain.CRM juga akan memberikan data terperinci kepada perusahaan mengenai informasi pribadi pelanggan, riwayat pembelian, pertimbangan pelanggan ketika melakukan pembelian, dan masih banyak lagi.

Lalu untuk meningkatkan CRM ini kita bisa menggunakan tools dibawah ini,lalu apa saja tools tersebut?mari kita bahas :

1.ZOHO

Keunggulan Zoho untuk CRM yakni melacak pengeluaran marketing.Dengan adanya campaign yang terpadu dan otomatis terintegrasi dengan penjualan,bisa membantu kamu dalam mengukur kinerja maupun laba perusahaan. Campaign yang digunakan untuk sebuah produk dapat melalui website, impor data lead dan sebagainya.Fitur dalam zoho yang membantu CRM yakni fitur reports karena fitur ini berguna untuk menampilkan laporan mengenai modul seperti sales metrics dan sebagainya.

Baca Juga  Panduan Lengkap Cara Membuat Link WhatsApp

2.SUGARCRM

Keunggulan SUGARCRM adalah memiliki fleksibilitas dan dari segi biaya sangat terjangkau.SUGARCRM dikenal sebagai yang terbaik. Tool ini dapat digunakan di berbagai perusahaan besar hingga UKM.Untuk SUGARCRM gratis memiliki dua lisensi yakni SUGARCRM Public License dan Microsoft Shared License. Sementara untuk yang berbayar adalah SUGARCRM Professional Edition dan Enterprise Edition. SUGARCRM pun sangat mendukung pada penggunaan database MySQL dan MS SQL.

3.SALESFORCE

Salesforce memiliki fitur seperti sales cloud yang mampu untuk memaksimalkan penjualan, dan meningkatkan pendapatan serta produktivitas bisnis. Kamu tidak perlu khawatir mengenai keamanan dan kenyamanan penggunaannya, karena tool CRM ini sudah terintegrasi dengan sistem cloud.Keunggulan lainnya adalah adanya fitur salesforce platform and AppExchange yang berguna untuk membuat aplikasi mobile dan real time yang bisa digunakan oleh lebih dari 100 ribu konsumen.

Baca Juga  Pengertian, Manfaat, Kelebihan Serta Cara Kerja Child theme

4.Vtiger

Keunggulan Vtiger yakni dalam mengorganisir dan memelihara informasi yang berkaitan dengan konsumen. Fitur-fiturnya pun sangat lengkap dan membantu kinerja perusahaan.Ada fitur analytical reports yang menyediakan laporan teranalisis oleh sistem. Ada pula fitur sychrinization yang memiliki fungsi sebagai sarana untuk sinkronisasi tool Vtiger dengan aplikasi email yang digunakan oleh perusahaan maupun bisnis.Lalu Ada juga fitur customer relationship management yakni fitur yang membantu mengelola data konsumen, seperti akun, kontak, dan prospek dari konsumen tersebut..Bisa dibilang Vtiger adalah salah satu tool CRM yang paling populer.

5.HubSpot CRM

HubSpot adalah pilihan utama bagi mereka yang ingin memulai bisnis.Dengan semua jaringan pemasaran yang Anda butuhkan di satu software, Anda tidak perlu lagi mencari alternatif software pemasaran lain. Ini akan membantu Anda mencapai kesuksesan yang lebih besar di masa-masa awal membangun bisnis.Dalam hal instalasi HubSpot tidaklah sulit dan mudah digunakan di berbagai platform.

Baca Juga  Cara Mengatasi Error 401 Unauthorized pada Website

setidaknya tools diatas bisa kamu pilih untuk meningkatkan kinerja CRM,selamat mencoba 🙂

baca juga artikel dibawah ini ya 🙂 🙂 🙂

MENGENAL APA ITU ZOHO MAIL ?
PLUGIN EMAIL MARKETING YANG BAGUS UNTUK WORDPRESS
MENGENAL DATA WAREHOUSE
MEMBAHAS MENGENAI DNS DAN PROPAGASI DNS
FUNGSI HTTPS TERHADAP HASIL PENCARIAN GOOGLE SEARCH ENGINE
CARA MEMBUAT CONTENT CALENDAR DI SOSIAL MEDIA
DROPSHIPPING VS AFFILIATE MARKETING
CARA MENDAPATKAN UANG DARI INTERNET
MENGENAL TENTANG WGET COMMAND (WINDOWS & AMP; LINUX)
CARA MEMASANG PIXEL FACEBOOK PADA WORDPRESS
0 Shares