Desain merupakan elemen penting untuk menilai seberapa menarik dan berkualitasnya suatu situs website atau blog. Diharapkan sebuah situs selain isinya bermanfaat juga memiliki tampilan desain yang menarik sehingga para pengunjung akan betah saat menjelajahi halaman-halaman di dalam situs tersebut.

Berikut beberapa tips untuk memilih desain website/blog, antara lain:

  • Pilihlah Paduan Warna yang Serasi

Dengan memakai paduan warna yang serasi akan membuat desain website/blog enak dilihat, bahkan bisa menjadi inspirasi pilihan warna website orang lain. Jika anda mendasain sendiri gambar-gambar pendukung untuk ditampilkan di situs, maka buatlah dengan warna yang cocok dengan warna dominan di situs anda.

  • Perhatikan Gambar Pendukung

Gambar pendukung yang digunakan pada situs anda haruslah sesuai dengan isi web/blog anda, ataupun jika anda menggunakan situs untuk bisnis online maka gambar pendukung harus sesuai dengan produk anda. Pilih juga warna dan bentuk gambar yang sesuai dengan warna latar dan space yang tersedia, sehingga bisa proporsional.

  • Perhatikan Penggunaan Font

Pemilihan jenis font haruslah yang proporsional dan nyaman untuk dibaca semua orang. Disarankan untuk menggunakan font yang umum dan mudah dibaca orang lain.

  • Perhatikan Tata Letak Ruang/Space

Jagalah kerapian dan keseimbangan di blog anda dengan tatanan space yang proporsional untuk tulisan dan gambar. Susunlah serapi mungkin agar pengunjung senang merasakannya.

  • Perhatikan Kerapian Web/Blog

Saat anda meletakkan segala bentuk elemen pendukung, letakkanlah pada tempat yang tepat. Jika anda memiliki banyak banner dan iklan teks, maka letakkan banner dan iklan-iklan tersebut ditempat yang tepat, mudah dan enak dilihat.

  • Gunakan Favicon

Favicon penting agar desain website/blog anda terlihat professional. Alasannya anda memiliki Favicon yaitu untuk brand website, memberikan penampilan desain web/blog lebih lengkap, menunjukkan bahwa anda memperhatikan hal kecil dengan detail, mudah membuat list favorit, dan lainnya.

 

Rate this post