Web hosting merupakan sebuah layanan jasa penyewaan di internet yang digunakan untuk menyimpan dan mempublikasikan data-data pada website baik individu, organisasi bahkan sebuah perusahaan. Sehingga data yang terdapat pada web hosting bisa diakses oleh semua orang dari berbagai daerah secara bersamaan.

Pada hakikatnya sebuah server web hosting menggunakan komputer biasa, hanya saja ditambah dengan perangkat dan program-program pada sebuah server yang mewajibkanya untuk selalu hidup atau standy setiap hari tanpa harus dimatikan dalam kurun waktu yang lebih lama dibandingkan dengan komputer biasa.

Nah sebelum itu berikut ini perbedaan antara Dedicated Server dengan VPS

Dedicated Server

Dedicated server ini merupakan jenis hosting yang biasa digunakan untuk kebutuhan berskala besar atau komplek. Konsumen dapat menentukan spesifikasi server sesuai yang dibutuhkan dan sebuah server tersebut diletakkan pada sebuah data center yang aman dari banjir, gempa dan sirkulasi suhu yang dikhususkan untuk server.

Dengan menggunakan dedicated server pengguna bisa leluasa menggunakan resource sebuah server karena administrasi server dikelola sendiri. Umumnya sebuah dedicated server dipakai oleh penyedia layanan shared hosting, Penyedia layanan aplikasi atau sebuah website yang mempunyai tingkat kunjungan yang tinggi. Harganya lebih mahal dibanding dengan VPS atau shared hosting.

Tips Memilih Dedicated Server

  • Harga

Dalam memilih sebuah dedicated server masalah harga harus dipertimbangankan, harus sesuai dengan kebutuhan yang harus dipenuhi. Karena harga server dedicated lebih mahal dibandingkan dengan shared hosting. Jadi pertimbangkanlah apakah website Anda sudah waktunya menggunakan dedicated server atau belum.

  • Spesifikasi Server

Hal yang harus diperhatikan selanjutnya adalah spesifiaksi dari server itu sendiri. Dalam memilih spesifikasi server harus lebih tinggi dibandingkan dengan shared hosting biasa dan yang jelas harus meningkatkan performa dari website yang Anda miliki. Pilihlah penyedia layanan dedicated server yang sudah mendukung teknologi Cloud VPS Parallel untuk server.

  • Security

Masalah keamanan ini sangat penting, jangan sampai Anda sudah membayar mahal-mahal data yang Anda miliki mudah untuk dijebol oleh orang lain apalagi digunakan untuk e-commerce. Dalam memilih penyedia layanan Dedicated server Anda harus memilih yang bisa menjamin hardware dan software yang berlicensi untuk tingkat keamananya.

  • Memory

Dalam memilih sebuah dedicated server kapasitas sebuah memory juga sangat penting karena berkaitan dengan cepat atau lambatnya server bekerja dalam melayani pengunjung. Apabila performa dari servernya bagus otomatis pengungjung bisa betah di website Anda. Jadi sebelum memutuskan untuk membeli pastikan dulu RAM yang disediakan cukup sesuai dengan kebutuhan Anda.

  • Pelayanan

Kebanyakan pembeli dedicated server adalah seseorang yang memiliki sebuah website premium, jadi wajar jika harus mendapatkan pelayanan yang istimewa. Anda dapat mencari penyedia layanan dedicated server yang bisa memberikan dukungan asisten terbaiknya. Kalau perlu bisa dihubungi via SMS, chating maupun telepon dan menjadikan Anda sebagai pelanggan VVIP yang diutamakan.

VPS (Virtual Private Server)

Virtual Private Server atau lebih dikenal dengan nama VPS merupakan sebuah teknologi software yang memungkinan akan pembagian sumber daya ke dalam virtual mesin pada sebuah server. Pada setiap server akan memiliki sebuah sistem operasi yang bekerja secara mandiri. VPS memberikan akses penuh terhadap root user dan bisa mengkonfigurasi layaknya sebuah server fisik.

Sebuah VPS biasanya digunakan untuk Website dengan keperluan resource sedang dan di atas shared hosting. dan VPS biasanya digunakan oleh orang-orang dengan budget minim namun resource yang didapat cukup memadai.

Berikut ini kelebihan dari VPS :

  • Murah dibandingkan dengan dedicated server
  • Performa tinggi seperti dedicated server
  • Kebebasan dalam mengkonfigurasi SO atau software sesuai kebutuhan

Berikut ini beberapa Tips dalam memilih VPS

  • Harga

Dalam memilih sebuah hosting ada baiknya jika anda melakukan pencarian di berbagai jasa penyedia layanan untuk membandingkan harga di setiap paketenya. Buatlah list dibeberapa web hosting yang berkualitas dan tentukan kapasitas hosting yang sesuai dengan kebutuhan dan dan bandingkan satu-persatu harganya.

Dengan begitu anda bisa menemukan paket hosting dengan harga yang paling murah dan memiliki kualitas yang sama dengan lainnya. Karena dalam mencari kualitas VPS murah namun bagus itu butuh pengorbanan untuk memilihnya.

  • Kebutuhan Visitor

Kebutuhan visitor atau pengunjung juga harus dipertimbangakan dari 2 sisi, yaitu sisi internal dan sisi ekternal. Sebagai contoh Anda mempunyai sebuah agen perjalanan wisata yang mencari partner travel di setiap kota di Indonesia hal ini tentu saja membuat Anda memiliki pengunjung dan klien yang sama-sama berasal dari Indonesia.

  • Besarnya Trafic Data

Misal Anda memiliki sebuah website yang mempunyai trafic jumlah pengunjung 3000 per harinya tentu saja tidak mungkin jika kapasitas memory dari server hanya 320 MB saja. Hal itu yang akan menjadikan website Anda menjadi Down atau lambat dalam diakses.

Jika Anda takut salah dalam memilihnya ada baiknya untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan Customer Service dari penyedia jasa layanan tersebut untuk mendapatkan informasi yang sesuai dengan kebutuhan website yang Anda miliki supaya tidak menyesal apabila salah dalam membeli paket server.

  • Kecepatan

Website berjalan dengan cepat tentu itu yang diharapkan oleh Anda, tentu saja itu berkaitan dengan kecepatan server yang dimiliki. Biasanya server dengan kecepatan tinggi memiliki spesifikasi hardware yang bagus dan biasa disediakan oleh jasa pelayanan hosting yang terkenal.

Anda dapat mencari info mengenai hardware yang digunakan pada VPS yang anda pilih dengan menanyakan kepada CS, biasanya jasa layanan yang sudah mempunyai reputasi baik akan lebih terbuka dengan hal demikian.

  • Teknologi yang Digunakan

Dalam memilih sebuah VPS pastikan teknologi yang digunakan adalah teknologi terbaru. Karena dengan menggunakan teknologi terbaru akan membuat Anda lebih mudah dalam mengatur dan manajemen pada sebuah website yang Anda miliki. teknologi yang harus ada diantaranya adalah fitur untuk memonitoring CPU,Disk space, RAM dan Inode.

Inode yaitu sebuah struktur data yang mempunyai tugas untuk menyimpan semua informasi mengenai file yang terdapat pada akun hosting yang Anda miliki. biasanya Inode dilambangkan dengan jumlah file, email, folder atau apa saja yang Anda miliki dan Anda simpan pada server.

  • Lokasi

Sekarang ini lokasi data center ada dimana-mana terutama di negara bagian Amerika yang memiliki data center terbanyak. Namun di negara Indonesia juga memiliki beberapa data center diantara di kota Jakarta dan Batam. Sebelum membeli ada baiknya Anda menanyakan dimana lokasi server yang akan dibeli.

Biasanya para penyedia layanan hosting akan menawarkan beberapa pilihan lokasi server diantaranya Lokasi yang terletak di Indonesia adalah Hosting IIX, lokasi yang servernya di Amerika adalah Hosting USA, lokasi yang servernya di Singapura adalah Hosting SG dan lokasi yang servernya ada di Erpoa adalah Hosting EU.

  • Keamanan

Dalam membeli sebuah VPS Anda harus menanyakan secara detail dari virtualisasi yang digunakan pada VPS tersebut. Apakah menggunakan XEN, KVM, OpenVZ atau yang lainya. Dan Anda harus menanyakan tingkat keamanan yang paling baik untuk melindungi data-data Anda pada VPS tersebut.

  • Pelayanan

Tentu saja hal ini juga penting, yaitu pelayanan dari penyedia Jasa server tersebut. Karena apabila Anda menemukan sebuah masalah akan cepat terselesaikan apabila penyedia layanan mau melayani Anda 24 / 7.

Nah itulah mengenai tips dalam memilih server dedicated atau VPS server yang bisa Anda pahami sebelum memutuskan untuk membeli server yang digunakan pada Website Anda. Pastikan Anda membeli sesuai dengan kebutuhan website yang Anda miliki. Kami siap memberikan saran yang terbaik untuk segala kebutuhan anda, silahkan hubungi kami di https://hosteko.com/hubungi-kami/

0 Shares