Sebelum anda memutuskan untuk memilih paket hosting tertentu, pertimbangkan dahulu sebelum mengambil keputusan. Hal ini sangat penting untuk menentukan Janis paket hosting yang tepat untuk blog atau website sehingga nantinya anda tidak akan mengeluarkan banyak biaya secra sia-sia.

Ada beberapa faktor yang bisa anda jadikan pertimbangan ketika memilih hosting, antara lain:

  1. Kebutuhan Hosting

Dengan mengetahui ukuran website anda, maka anda akan memiliki gambaran paket hosting apa yang nantinya akan anda pilih. Seperti apa kebutuhan hosting anda sangat menentukan besarnya space hosting yang dipilih, lokasi server, dan support hosting yang diperlukan . jika website anda merupakan website baru, maka kapasitas hosting yang diperlukan tidak sebesar website lama.

  1. Jenis Website Yang Akan Dibangun

Sebagai contoh jika anda ingin membuat toko online tentu akan sedikit berbeda dengan membuat website profil pribadi, karena toko online membutuhkan space yang lebih besar untuk menampung gambar produk yang banyak. Disarankan pastikan lebih dulu website seperti apa yang akan anda buat.

  1. Lokasi Server

Mungkin anda perlu tahu lokasi server yang ditawarkan oleh para penyedia jasa hosting sangat beragam, sebagai contoh lokasi server yang ditawarkan oleh https://hosteko.com/, antara lain:

  • Hosting lokasi server di Indonesia
  • Hosting lokasi server di USA
  • Hosting lokasi server di Singapore

Idealnya semakin dekat lokasi server dengan pengunjung website, maka kecepatan proses load website akan lebih cepat. Sebenarnya kecepatan server tidak hanya dipengaruhi oleh lokasi tetapi juga dipengaruhi factor lain seperti spesifikasi hardware server. Oleh sebab itu,perhatikan juga spesifikasi server yang ditawarkan oleh penyedia jasa layanan web hosting sebelum ada memutuskan untuk memilih paket hosting yang nantinya akan gunakan.

  1. Jangan Terjebak Dengan Istilah Unlimited

Jika anda sering melihat berbagai paket hosting, tentu anda akan menjumpai istilah “unlimited bandwidth” atau “unlimited space”. Anda jangan terkecoh dengan istilah tersebut, karena pada dasarnya semua resource memiliki batasan termasuk kapasitas bandwidth dan space hosting. Jadi yang dimaksud dengan unlimited disini yaiutu anda berhak menggunakan fisilitas space atau bandwidth sesuai kebijakan masing-masing penyedia jasa hosting.

  1. Utamakan Ekstensi Domain “.com”

Ketika hendak memilih nama domain usahakan cari yang ekstensi domain “.com”. Secara psikologis orang cenderung mengingat dan mengetik esktensi domain “.com” disaat menulis alamat sebuah website, karena ekstensi comain tersebut sangatlah populer.

Rate this post