Di era digital sekarang ini, internet seolah-olah sudah menjadi kebutuhan primer bagi manusia modern. Segala hal bisa dilakukan melalui internet. Perlu diketahui bahwa kejahatan sudah mulai menyerang para pengguna internet, maka dari itu perlu mengetahui tips menggunakan internet aman dan nyaman. Jika Anda pengguna internet aktif untuk mencari informasi atau pengguna sosial media aktif, maka terapkanlah beberapa tips berikut ini:

  1. Selalu Melakukan Logout Akun

Untuk menghindari bocornya data-data pribadi ke pihak yang tidak diinginkan, kita perlu melakukan logout setiap selesai mengakses akun. Apalagi jika anda mengakses akun melalui komputer/laptop milik umum, kemungkinan kajahatan cyber akan lebih besar karena banyak pihak yang menggunakannya.

  1. Lengkapi Firewall/Antivirus Yang Update

Anda diharuskan memasang antivirus utuk keamanan data anda. Antivirus akan bekerja dengan cara memblokir situs-situs yang mengandung harm content seperti pornografi, perjudia, dan konten berbahaya lainnya. Anda juga harus selalu meng-update antivirus yang anda miliki.

  1. Password Akun Harus Kuat Dan Ubah Password Secara Rutin

Hal yang sangat penting ketika menggunakan internet adalah password sebagai kuncian dari semua peralatan digital Anda. Gunakan kombinasi password yang kuat agar tidak mudah terdeteksi oleh hacker. Gunakan kombinasi password yang terdiri dari huruf, angka, dan karakter agar password anda kuat. Jangan lupa untuk mengubah password secara rutin setiap 1 bulan sekali.

  1. Berhati-Hati Jika Menggunakan Free Wifi

Jika anda sering menggunakan free wifi ditempat umum dengan tujuan browsing, anda perlu berhati-hati saat menggunakan wifi gratis yang disediakan ditempat umum tersebut. Spot-spot seperti ini seringkali dijadikan sasaran empuk bagi kejahatan cyber untuk mencuri informasi sensitive melalui internet.

  1. Hapus History/Riwayat Setelah Browsing

Jika anda menggunakan computer/laptop secara bergantian, perlu sekali untuk menghapus history/riwayat browser. Bisa jadi informasi data pribadi anda, username, bahkan password anda disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

  1. Akses Website Dengan Awalan URL https://

HTTPS merupakan protokol yang mengatur komunikasi antara server dengan web browser. HTTPS memiliki kelebihan di bidang lapisan keamanan. Huruf “S” artinya Secure, berarti situs ini telah menggunakan lapisan keamanan SSL. Anda tak perlu khawatir jika akan melakukan upload informasi pribadi terkait data diri, password, dan kartu kredit.

  1. Akses Website Dengan URL Yang Memiliki Ikon Gembok Hijau (Secure)

Sebuah website yang memiliki ikon gembok berwarna hijau itu menandakan bahwa website dilengkapi keamanan SSL. Anda tidak perlu hawatir saat mengunjungi website tersebut, karena telah terjamin keamanannya.