Saat ini perkembangan internet sangat pesat. Namun, ada banyak orang yang tidak bertanggung jawab dalam menggunakan internet. Beberapa kegiatan pelanggaran yang sering terjad adalah penipuan toko online, lowongan pekerjaan, dan aktivitas lainnya dengan jumlah korban yang tidak sedikit. Hal ini menjadi sesuatu yang harus diperhatikan.

Berikut ini beberapa cara untuk mengetahui website penipuan, yaitu:

  1. Alamat Website/Nama Domain

Saat anda ingin mengikuti promo atau menyebarkan informasi, anda perlu meneliti nama domain dari website tersebut. Biasanya penipuan online menggunakan cara yang praktis. Selain itu juga menggunakan CMS Blogger, WordPress gratisan atau menggunakan domain bawaan dari CMS tersebut.

  1. Tampilan dan Konten Website

Apabila website yang anda kunjungi terlihat berantakan dan memiliki tampilan yang sangat sederhana, maka anda patut untuk mencurigai web tersebut. Selain itu, web penipuan pada kontennya mengandung call to action yang bersifat memaksa untuk agar anda mudah terpengaruh hingga akhirnya menjadi korban penipuan.

  1. Alamat Perusahaan

Jika dalam website terdapat  sebuah alamat, hal tersebut belum tentu menandakan website tersebut dapat dipercaya, pastikan juga alamat yang tertera adalah benar milik perusahaan atau pemilik website. Bisa saja alamat yang dimasukan adalah alamat palsu.

  1. Kontak dan Customer Service

Pastikan anda mengetahui contact person/customer servis utama suatu perusahaan dengan baik. Dilihat dari kontak email, seharusnya perusahaan profesional mempunyai email khusus untuk dapat dihubungi.