WordPress sudah sangat familiar di era milenial ini, bahkan sudah banyak sekali penggunanya. Untuk membuat dan mengembangkan website dengan WordPress terasa sangat mudah, namun tidak semua orang menyukai tulisan “Powered by WordPress” yang muncul di bagian footer temanya dan hampir semua tema WordPress terdapat tulisan tersebut.

Tema bawaan WordPress menggunakan area footer untuk menampilkan link “Powered by WordPress”. Mungkin bagi Anda yang memiliki website WordPress merasa tulisan tersebut mengganggu atau menjadikan website Anda terlihat kurang professional.

Anda ingin menghapus link pada footer WordPress? Apakah boleh?

WordPress adalah CMS gratis dan di bawah lisensi GPL, itu berarti legal untuk menghilangkan link pada footer WordPress karena lisensi tersebut memberikan kebebasan untuk menggunakan, memodifikasi, dan mendistribusikan WordPress. Jadi, dengan lisensi tersebut Anda memiliki hak untuk melakukan apa saja pada tema, plugin, dan WordPress itu sendiri untuk kebutuhan situs website Anda terasuk menghapis link “Powered by WordPress” yang terdapat pada footer.

Cara menghapus link pada footer WordPress

  1. Halaman Pengaturan Tema

Sebagian pengguna WordPress pasti lebih menyukai tema yang menawarkan cara edit footer atau cara menghilangkan link. Anda dapat menemukannya pada pengaturan template, dengan mengecek customizer template WordPress.

  • Buka browser dan login ke halaman admin WordPress: buka halaman dengan menambahkan /wp-admin di akhir domain Anda. Masukkan username dan password ke masing-masing kolom Username or Email dan Password dan klik tombol Log In

  • Setiap tema WordPress mungkin memiliki tempat yang berbeda untuk melakukan perubahan atau menghapus kredit link footer ini. Tapi untuk melihatnya, tempat pertama yang harus Anda tuju adalah pada:
    1. Customizer tema WordPress di menu Appearance >Customize

    2. Lalu klik menu Site Identity
    3. Pada bagian Footer Credit pilih Hide lalu Save & Publish

    4. Jika tema WordPress yang Anda gunakan memiliki Theme Options, lihat pada bagian pengaturan tersebut. Di menu Appearance > Theme Options

  1. Edit Footer Via PHP

Beberapa template mungkin tidak terdapat menu untuk menghilangkan bagian kredit di footer. Untuk mengatasi hal tersebut, cara menghilangkan Powered by WordPress dapat melalui file footer.php.

  • Login ke dashboard admin
  • Pilih menu Apperance > Editor

  • Bagian menu sebelah kanan akan terlihat file php yang dapat Anda modifikasi, silahkan pilih footer.php

  • Akan terlihat baris kode yang berisi Powered by. Anda dapat menghapus atau mengedit baris kode tersebut.
  • Klik Update File untuk menyimpan perubahan.
  1. Menambah Kode CSS

Catatan: Metode ini tidak benar-benar menghilangkan link Powered by, tetapi hanya menyembunyikannya. CSS memang mudah digunakan dan dijalankan, tetapi berisiko membuat website Anda terkena penalti oleh Google dan mesin pencari lainnya.

Apabila template WordPress tidak menyediakan custom CSS, maka Anda harus menginstall plugin tambahan. Misalnya, Anda bisa menginstall Simple Custom CSS:

  • Login ke dashboard admin
  • Cari tombol Custom CSS. Jika Anda sudah menginstall plugin Simple Custom CSS, maka tombol Custom CSS ada di bawah Appearance. Apabila template WordPress Anda sudah menyediakan opsi CSS, maka Anda bisa menemukannya di bawah Theme Options.
  • Sembunyikan kredit footer dengan rule CSS display:none. Rule ini harus diaplikasikan ke class atau ID CSS tertentu, bergantng pada tema yang digunakan. Misalnya, class kredit footer default untuk tema Twenty Seventeen adalah .site-info.Anda dapat memanfaatkan tool Chrome Developer untuk mencari nama class/ID. Masukkan rule ke kolom dan klik Update Custom CSS.

Namun perlu Anda ketahui bahwa hal tersebut dapat beresiko pada SEO situs Anda, dan Google tidak suka link yang disembunyikan dengan (display: none) karena itulah teknik yang digunakan spammer untuk menyembunyikan link dari pengguna tapi masih terlihat oleh Google (dengan harapan peringkat yang lebih tinggi).