WordPress telah membuat pembaharuan terbaru yaitu WordPress 5.1, dimana terjadi pada perubahan pada editornya yang disebut Gutenberg. Dengan adanya update dari WordPress 5.1 ini akan menjadi pertimbangan dari banyak orang dikarenakan tentunya perubahan mayor ini akan berdampak pada banyak hal seperti tema-tema, plugin, dan hal lain yang harus menyesuaikan dengan pembaharuan yang ada.

Jika anda ingin melakukan update pada WordPress 5.1 ini, pastikan anda harus melakukan backup terlebih dahulu karena saat update kemungkinan akan menyebabkan ketidakcocokan pada platform anda yang lama sehingga untuk mengurangi kekecewaan anda jangan sampai anda tidak melakukan backup terlebih dahulu.

Berikut ini cara untuk update ke WordPress 5.1, yaitu:

  1. Install Gutenberg Editor

Langkah sebelum anda melakukan update, disarankan anda terlebih dahulu mencoba Gutenberg editor yang merupakan tampilan editor terbaru dari WordPress 5.1. Anda dapat mendownloadnya pada halaman Gutenberg editor plugin.

  1. Backup WordPress

Pastikan anda sudah melakukan backup pada website anda atau anda bisa menghubungi provider hosting anda. Hal ini untuk menghindari hal yang tidak diinginkan seperti kerusakan dan kegagalan update pada WordPress lama milik anda.

  1. Cek Plugin dan Tema

Terlebih dahulu anda cek adakah kerusakan pada plugin anda. Jika tidak terjadi kerusakan, maka bisa dikatakan anda masih aman dan bisa melanjutkan untuk mencoba update ke WordPress 5.1.

  1. Update WordPress

Jika semua persiapan sudah, lalu anda lakukan update WordPress 5.1.

  1. Update Semua Theme dan Plugin yang sudah Compatible

Silakan cek pada halaman pembaharuan anda untuk melihat update plugin dan theme yang sudah kompatibel dengan WordPress 5.1. Jika belum ada, silahkan anda tunggu untuk segera melakukan update pada plugin dan theme.

Keunggulan WordPress 5.1

WordPress 5.1 memberikan keaman yang baik. Ketika anda mengupdate WordPress 5.1, anda akan mendapatkan keamanan yang lebih baik dari wordpress versi sebelumnya. Sehingga anda akan lebih tenang dalam mengoperasikan website anda. WordPress 5.1 juga membuat proses editing menjadi lebih ringkas dan padat.

 

Silahkan Beri Rating