Sitemap menurut Wikipedia dalah salah satu alat bantu untuk para webmaster yang mempermudah dalam pengenalan peta situs dalam website. Sitemap akan mempermudah dalam menjelajah dan mencari halaman yang ada didalamnya.

Awalnya sitemap berfungsi untuk membantu pengguna menavigasi semua konten yang tersedia di dalam situs web, namun kini telah berekembang pesat setiap saat hinga berbentuk daftar bullet HTML dan untuk menargetkan mesin pencari.

Sama dengan website pada umumnya, blog memerlukan sitemap yang berguna agar mesin pencari dapat mendeteksi dengan mudah. Setiap sitemap pengguna dapat melakukan submit peta web berbasis XML yang langsung ke Google dan akan mengindeks halaman web dengan mudah.

 

Alasan harus memiliki sitemap

Karena sitemap XML sebagai sarana untuk menjadikan mesin pencari tahu mengenai semua halaman yang ada dalam website Anda dan untuk menunjukkan link yang penting.

Sitemap sangat penting karena web Anda akan di indeks. Sangat penting bagi situs baru dan blog yang belum memiliki banyak backlink.

Cara Membuat Sitemap Dengan Plugin Google XML Sitemap WordPress

Membuat sitemap disini dengan menggunakan plugin pada website atau blog WordPress yaitu dengan menggunakan plugin Google XML Sitemaps. Anda juga dapat menggunakan plugin SEO seperti All in One SEO karena sudah menawarkan fitur sitemap sendiri.

Jika Anda pengguna yang mengoptimalkan SEO seperti SEO Yeast, maka Anda tidak perlu menggunakan plugin ini karena sudah terdapat notifikasi yang mewajibkan Anda menghapus plugin Google XML Sitemaps.

Plugin ini dikhususkan untuk menghasilkan sitemap XML. Plugin ini juga mendukung semua jenis halaman WordPress yang dihasilkan bahkan URL kostum.

Berikut langkah membuat XML Sitemap WordPress dengan Google XML Sitemaps plugin

Plugin ini berguna untuk membuat XML sitemap memudahkan mesin pencari dalam menjelajahi website milik Anda.

Plugin ini menjadikan cara mudah dalam membuat sitemap untuk berbagai mesin pencari seperti Ask, Google, Yahoo dan Bing. Plugin ini dapat juga untuk melihat semua halaman WordPress dan kostum URl, yang secara otomatis akan mengirimkan notifikasi ke seluruh mesih pencari utama jika konten terbaru di-publish.

Silahkan ikuti tahap dibawah ini untuk membuat XML Sitemap dengan plugin Google XML Sitemaps :

1.       Silahkan install adan aktifkan plugin Google XML Sitemaps dari WordPress plugin directori yang resmi.

2.       Silahkan aktifkan plugin ini dan secara otomatis akan menampilkan sitemap untuk website Anda.

3.       Untuk melihat URL WordPress sitemap Anda dapat dilihat pada halaman konfigurasi plugin dan pilih Setting kemudian XML Sitemap.

Pada halaman ini Anda dapat mengubah beberapa pengaturan seperti post/ page priority, exclude content dan lainnya.

Selamat mencoba, jika anda masih bingung maka kami akan siap membantu

Membuat Sitemaps Dengan Plugin Google XML Sitemap WordPress
4.5 (90%) 8 vote[s]