Apa itu Softaculous?

Softaculous adalah auto installer yang ada di hosting dan berfungsi untuk mempermudah instalasi bergagai CMS (Contet Management System) serta beragam aplikasi website yang bersifat open soure. Dapat diartikan pula bahwa Softaculous merupakan auto installer yang terdapat di panel hosting yang berfungsi untuk mempermudah user dalam menginstal aplikasi. Megutip dari Wikipedia, Softaculous akan menghandle semua proses instalasi seperti membuat table database, melakuakn instalasi software, mengatur data login admin, mengatur konfigurasi web server sampai melakuakn proses backup. Softaculous merupakan auto installer terbaik dengan 4444 script terbaik, 1115 class PHP dan masih banyak lagi (dikutip dari Softaculous). Softaculous sangat ideal untuk penyedia layanan web hosting karena bersifat mempermudah user.

 

Fungsi Softaculous

Softaculous mempunyai beberapa fungsi, diantaranya adalah:

  1. Integrasi Kontrol Panel Hosting

Softaculous dapat digunakan diberbagai macam control panel hosting misalnya cPanel, Plesk, H-Sphere, ISPmanager, DirectAdmin, InterWorx, Centos Web Panel, ISPConfig dan Hosting Controller.

  1. Automatisasi dengan WHMCS

Dengan Softaculous anda dapat melakukan auto installation  dari beberapa script dengan menggunakan WHMCS.

  1. Pilihan Bahasa lebih Banyak

Bagi anda yang kurang lancar dalam berbahasa inggris, Softaculous menyediakan beberapa pilihan bahasa yang dapat anda gunakan.

  1. Backup dan Auto Upgrade

Pada Softaculous terdapat fitur backup dan auto upgrade yang bisa anda jalankan, serta  ada lebih dari 413 script yang dapat diinstall hanya dengan 1 kali klik saja.

  1. Membangun Website dengan Mudah dan Cepat

Anda dapat membuat website dengan cepat tanpa harus mengerti bahasa pemrograman, tanpa perlu melakukan install manual, dan semua proses instalasi dilakukan secara otomatis.

  1. Fitur Search

Dengan memiliki fitur search, akan mempermudah user dalam mencari aplikasi yang diinginkan.

  1. Selalu Update

Softaculous selalu update dan selalu memberikan versi terbaru dari aplikasi, patch, dan update security. Anda juga dapat melakukan update via cron atau admin softaculous.

  1. Mempunyai Beragam aplikasi

Terdapat banyak aplikasi yang bisa digunakan. Jika anda ingin membuat blog, anda dapat menggunakan WordPress, Open Blog, Serendipity dan yang lainnya. Jika anda ingin membuat portal website, anda dapat menginstal Joomla, Drupal, Mambo dan sebagainya. Bagi pengguna framework dapat menggunakan Laravel, Codelgniter, Yii, Bootstrap dan sebagainya.

  1. Support HTTPS

Anda dapat melakukan instalasi aplikasi/ CMS langsung di domain yang memiliki protokol HTTPS.

  1. Memiliki Ratings, Review dan Demons

Fitur Rating dan Review bisa anda gunakan untuk mempertimbangkan script sebelum install. Sedangkan fitur Demons dapat menampilkan tampilan script setelah di install, sehingga anda mudah mempelajari tentang script sebelum menggunakan.

  1. Digunakan oleh Ribuan Web Hosting di Dunia

Selain memberikan banyak kemudahan, adanya Softaculous juga memberikan kemudahan khususnya user pemula dalam membuat website secar instan. Sehingga Softaculous banyak digunakan oleh ribuan web hosting diseluruh dunia.