Pengertian Cloudflare

Cloudflare adalah sebuah CDN (Content Delivery Network) yang memiliki fitur lebih baik dari standar CDN yang ditawarkan. Cloudflare merupakan sebuah CDN yang berada ditengah-tengah antara nama domain dan web hosting. Selain itu, Cloudflare juga menyediakan keamanan tambahan untuk serangan DDoS dan juga merupakan sumebr cache statis yang membuat website lebih cepat dimuat. Layanan CDN bisa didapatkan secara gratis atau menggunakan paket berbayar. Meskipun bisa didapatkan secara gratis, Cloudflare juga memberikan berbagai fitur menarik yang bias didapatkan, antara lain:

  • Analltics: fitur statistika pengunjung website yang menampilkan jumlah visitor, threats, dan bias digunakan untuk mengukur satuan bandwidth.
  • DNS: fitur yang digunakan untuk melakukan setting DNS record. Cloudflare memberikan 2 pilihan yaitu menggunakan IP asli hosting atau menggunakan IP Cloudflare.
  • Cryto: layanan SSL free yang diterbitkan oleh Cloudflare.
  • Flrewall: fitur keamanan yang disediakan oleh Cloudflare.
  • Speed: fitur yang digunakan untuk optimasi yang berhubungan dengan kecepatan loading website.
  • Cache: merupakan layanan yang disediakan oleh Cloudflare yang bertujuan untuk dapat akses ke website lebih cepat dan ringan.

Pada Cloudflare pula terdapat kelebihan dan kekurangan. Dari kelebihan dan kekurangan ini, dapat diputuskan apakah anda perlu menggunakan Cloudflare atau tidak pada website anda. Berikut ini ulasan tentang kelebihan dan kekurangan dari Cloudflare.

Kelebihan menggunakan Cloudflare

  • Gratis Dan Dapat Menggunakan Banyak Domain

Anda dapat menambahkan banyak domain di Cloudflare secara gratis dan mendapatkan beberapa fitur unggulan lainnya seperti CDN yang merupakan fitur berbayar.

  • Memperbaiki Website yang Di Hack

Cloudflare mempunyai kemampuan dalam memfilter traffic pada website sehingga traffic malware dan virus akan berhenti secara otomatis.

  • Menyembunyikan IP Website Atau Hosting

Cloudflare bertindak sebagai penghubung antara pengunjung website dengan server. Dengan adanya Cloudflare, hacker tidak akan mengetahui dimana website anda berada.

  • Perubahan DNS atau Poiting Lebih Cepat

Dengan adanya Cloudflare hanya dibutuhkanhitungan menit untuk mengarahkan domain anda ke server atau hosting lain. Hal ini sangat berguna saat anda melakukan migrasi dari layanan hosting sehingga tidak terjasi downtime.

  • Website Cache dan Hemat Bandwidth

Cloudflare melakukan caching sebagaian atau keseluruhan dari website sehingga akan  mengurahi resource dari server atau hosting khususnya pada penggunaan bandwidth.

  • Proteksi Spam

Cloudflare akan secara otomatis melindungi website anda dari proteksi spam, sehingga website akan terbebas dari traffic yang berbahaya. Hal ini juga dapat menghemat resource termasuk bandwidth hosting karena semua traffic telah difilter oleh Cloudflare.

  • Proteksi DDOS dan DOS

DDOS adalah serangan dengan mengirimkan permintaan paket dalam jumlah yang sangat besar agar hosting atau website tersebut down. Cloudflare akan melindungi website Anda dari DDOS.

  • Gratis SSL

Anda bias mendapatkan SSL secara gratis melalui Cloudflare.

  • Support http2

Website secara otomatis mendukung http2 meski layanan hosting belum mendukung. http2 dapat memberikan keuntungan SEO di website.

Kekurangan menggunakan Cloudflare

Meskipun Cloudflare memiliki banyak kelebihan, namun ada beberapa kekuranga dari Cloudflare, antara lain:

  • Website Menjadi Lambat

Jika hosting dan target visitor terletak di Indonesia, disarankan agar tidak menggunakan Cloudflare. Hal ini dikarenakan jika menggunakan Cloudflare secara otomatis visitor yang akan mengakses website dan dipaksa untuk route server internasioanl atau server luar, sehingga menyebabkan route semakin panjang dan waktu akses semakin banyak dan menyebabkan ekses website lebih lama.

  • False Positive atau Kesalahan Proteksi

Hal yang bisa terjadi, anda bisa terblokir saat mengakses Cloudflare dan harus memasukkan captcha untuk mengakses website lain.

  • Website Down Meski Hosting Up

Jika terjadi issue error disisi Cloudflare akan mengakibatkan website tidak bisa diakses meskipun hosting berjalan normal, dikarenakan Cloudflare  berada diantara pengunjung dan hosting maka website akan down ketika Cloudflare  down. Kasus ini sering terjadi dan menjadi keluhan dari para pelanggan.

Secara keseluruhan layanan Cloudflare sangat bagus dan sangat cocok bagi website yang menargetkan visitor dari luar negeri, ingin mendapatkan keamanan dan akses yang lebih mudah. Namun Cloudflare tidak disarankan untuk pengguna hosting Indonesia dan menargetkan visitor dari Indonesia.