Tahukah Anda apa yang disebut dengan Top Level Domain atau yang sering disingkat TLD ?

Top Level Domain adalah komponen terkahir dari nama domain atau singkatnya Top Level Domain adalah bagian setelah komponen ‘dot’ (.) pada alamat URL. Di Indonesia sendiri banyak Top Level Domain yang digunakan sesuai dengan fungsi website. Oleh karena itu, TLD sangat membantu audiens mengenali website bahkan sebelum membuka ataupun menelaah isi konten dari web tersebut.

Top Level Domain dibagi menjadi tiga kategori :

1. Country Code Top Level Domain

Digunakan untuk mengidentifikasikan darimana website tersebut berasal, contohnya :

  • .id untuk Indonesia
  • .my untuk Malaysia
2. Generic Top Level Domain

Digunakan untuk keperluan umum, contohnya :

  • .com (untuk keperluan komersial)
  • .net (untuk bidang teknologi)
  • .org (untuk organisasi)
  • .info
3. Sponsored Top Level Domain

Digunakan untuk organisasi professional seperti :

  • .mil (untuk militer)
  • .gov (untuk pemerintahan)

 

Namun, ada beberapa diantaranya yang menjadi Top Level Domain terbaik dan terfavorit yang sangat sering kita jumpai. Apa sajakah itu?

1. .com

Top Level Domain ini paling banyak digunakan dan menjadi yang terfavorit dari terfavorit. Com merupakan kependekan dari kata commercial yang memang dimaksudkan untuk website dengan keperluan komsersial, seperti website bisnis atau toko online. Dikarenakan .com merupakan Top Level D         omain yang sangat popular dan mudah diingat, para webmaster pun memilih menggunakannya walau bukan merupakan website komersial.

 

2. .net

Domain ini digunakan untuk website dengan keperluan dibidang tekonologi, namun kini kepopuleran .net digeser oleh domain .com.

 

3. .co.id

Domain ini merupakan Top Level Domain lokal Indonesia, yang menandakan website tersebut menggunakan bahasa Indonesia. Ada syarat khusus untuk menggunakan domain yang sangat popular di Indonesia ini yaitu, harus merupakan website bisnis yang memiliki legalitas hukum seperti CV dan PT.

 

4. .id

Selain .co.id ada pula yang menjadi tanda sebuah website merupakan website lokal Indonesia yaitu jika menggunakan domain .id karena domain ini biasa digunakan untuk website milik individu atau perorangan. Domain ini juga bias digunakan untuk keperluan bisnis dengan syarat melengkapi persyaratan yang ditentukan.

5. .ac.id

Website yang menggunakan TLD ini pasti website yang dimiliki oleh institusi pendidikan selain TLD ini juga seringkali menggunakan .edu. Jika .ac.id digunakan oleh hampir seluruh universitas yang ada di Indonesia maka .edu biasa digunakan oleh lembaga pendidikan non formal.

 

6. .or.id

Website yang bergerak dibidang organisasi akan menggunakan Top Level Domain ini. Adapula yang menggunakan .org. Dua domain ini bisa digunakan oleh semua bentuk organisasi, baik organisasi yang memiliki surat keputusan atau organisasi non formal seperti komunitas.

 

7. .co

Top Level Domain yang satu ini merupakan kependekan dari company, corporation, ataupun commerce yang dianggap modern dan menarik. Domain ini banyak dipilih karena bisa mempresentasikan website yang professional baik secara individe, perusahaan, ataupun organisasi.

 

Lalu, Apakah Fungsi Top Level Domain ?

Anda bisa membacanya pada artikel  Manfaat Top Level Domain pada Website