Saat anda memulai sebuah bisnis dan menjadikan media website sebagai sarana bisnis, salah satu hal yang harus anda pikirkan adalah nama domain yang akan anda gunakan untuk website bisnis anda. Memiliki nama domain yang diinginkan agak sulit, karena kepemilikan nama domain hanya 1 di dunia. Sehingga untuk memiliki nama domain yang diinginkan harus membuatkan sesegera mungkin dan tentu saja yang unik. Ketika anda ingin memilih nama domain untuk sebuah bisnis atau perusahaan, anda perlu menjaga merek anda. Nama domain harus sama dengan nama merek anda, tapi pilihlah dengan cerdas dan nama yang mudah untuk diingat.

Untuk memudahkan anda dalam memilih nama domain yang cocok untuk website bisnis anda , ada beberapa tips yang dapat anda gunakan dalam memilih nama domain untuk bisnis anda.

Berikut cara memilih nama domain untuk bisnis anda, antara lain:

  1. Tetapkan Tema Bisnis Anda

Sebelum anda menentukan nama domain, anda tetapkan terlebih dahulu tentang  apa bisnis anda, siapa target calon pembelinya.

  1. Gunakan Nama Domain Anda Sebagai Alat Branding

Sebuah nama domain dibuat dengan tujuan sebagai alat branding. Nama domain sangat bermanfaat untuk pemasaran bisnis anda. Nama domain bisa menjadi sebuah identitas dari bisnis anda yang tergambar melalui.

  1. Nama Domain Pendek Dan Mudah Diingat

Sebuah nama domain memang dibuat untuk memberikan identitas kepada website, tetapi pembuatan nama domain tidak harus panjang dan lengkap seperti nama perusahaan atau nama lengkap anda. Nama domain sebaiknya pendek minimal 3 dan tidak boleh lebih dari 63 karakter.

  1. Berakitan Langsung Dengan Jenis Produk

Sebaiknya nama yang dipilih berkaitan dengan isi dan website anda/produk anda. Nama yang berhubungan dengan isi website akan memudahkan Anda dalam menjalankan fungsi promosi. Nama domain harus berhubungan dengan website agar  mudah diingat.

  1. Mempertimbangkan Penggunaan Ekstensi

Nama domain tidak boleh ada yang sama. Sehingga setiap orang harus memiliki nama domain sendiri yang memiliki perbedaan dengan domain lainnya. Salah satu caranya yaitu dengan menggunakan ekstensi. Ekstensi domain yang tsering digunakan adalah .com, .net, .org, .info, .co dan .id. Anda harus mempertimbangkan memilih ekstensi yang sesuai dengan nama domain dan usaha anda.

  1. Mampu Melindungi Merek Anda

Memilih nama domain bukan hanya mampu menjadi identitas usaha anda, tetapi juga mampu melindungi merek dagang. Karena nama domain tidak boleh sama, sehingga anda mampu melindungi merek melalui nama domain yang anda miliki.

  1. Lebih Kreatif

Memilih sebuah nama domain haruslah yang menggambarkan merek atau bisnis anda. Semakin kreatif anda memilih nama domain, maka semakin membuat domain anda berbeda dan mudah untuk dikenali.

  1. Brandable Dan Powerful

Domain wajib dipilih dari nama yang powerful. Sebab, domain juga berfungsi sebagai branding / promosi. Sekali orang melihat domain / brand anda, diharapkan orang akan suka dan kembali mencari website anda. Hal ini sama ketika anda berfoto lalu ingin hasilnya “instagramable” agar banyak orang yang menyukai foto anda.

  1. Miliki Domain Untuk Merek Pribadi

Dengan kata lain ini sebagai hak paten.  Nama domain yang menggambarkan merek pribadi anda tentu saja menjadi hak paten anda. Mendaftarkan nama domain sendiri merupakan cara yang baik untuk membangun merek pribadi anda, dan anda sudah memiliki domain atas nama produk anda.

  1. Hindari Menggunakan Tanda Penghubung

Nama domain yang menggunakan tanda penghubung tidak memiliki branding dan sangat sedikit memiliki nilai SEO. Tanda hubung mengurangi kredibilitas dan dapat bertindak sebagai indikator spam. Tanda baca menyebabkan hilangnya link yang ada, dikarenakan orang-orang sulit untuk mengingat tanda hubung yang digunakan.

  1. Jangan Biarkan Nama Domain Anda Berakhir

Nama domain yang menjadi expire atau berakhir masa aktifnya akan sangat berpengaruh terhadap bisnis atau usaha anda. Anda harus mengingat dengan baik batas waktu aktif domain. Jangan abaikan setiap pesan yang terkirim ke email anda, terlebih mengenai penawaran perpanjangan domain.