Saat anda ingin membangun sebuah bisnis, mungkin anda akan berusaha mengatur budget seminimal mungkin untuk mendapatkan hasil yang terbaik. Biasanya biaya marketing menjadi biaya utama yang dihilangkan. Akan tetapi, perlu anda ketahui bahwa tanpa adanya strategi marketing bisnis anda mungkin saja tidak dapat berkembang, karena akan sangat sulit mengenalkan suatu bisnis baru terhadap target pasar tanpa adanya promosi yang dilakukan.

Saat ini terdapat banyak strategi pemasaran yang bisa anda coba tanpa harus mengeluarkan anggaran yang terlalu besar.

Berikut adalah beberapa strategi marketing online yang dapat anda terapkan dengan anggaran terbatas:

  • Buatlah Konten yang Terbaik

Konten yang baik tentu dapat membantu mempromosikan produk serta layanan anda. Konten yang baik akan berpengaruh pada SEO website anda. Semakin baik konten akan semakin besar kemungkinan website bisnis anda muncul di halaman pertama mesin pencarian/Google. Anda perlu memiliki wadah khusus sebagai tempat untuk meletakkan segala konten yang anda miliki. Salah satunya adalah melalui blog. Anda dapat membuat blog berisi konten berkualitas untuk memikat lebih banyak calon pelanggan.

  • Maksimalkan Konten Video

Video merupakan cara yang efektif dalam berbagi konten di internet. Anda cukup persiapkan konten informative dengan durasi pendek. Dalam pengambilan gambar cukup menggunakan kamera ( dari smartphone atau yang lainnya). Selanjutnya anda bagikan video promosi anda di internet melalui sosial media.

  • Daur Ulang Konten Lama

Strategi pemasaran bisa dengan mendaur ulang konten lama anda. Ada kemungkinan masih banyak orang yang belum pernah melihat artikel lama anda. Berikan konten lama kepada pengunjung menggunakan kemasan baru. Hal ini selain efektif juga akan memudahkan Anda di saat mulai kehabisan ide konten baru. 

  • Gunakan Teknik Infografis Pada Konten Dan Desain

Anda dapat mencoba untuk menggunakan perangkat lunak khusus desain seperti Adobe Photoshop atau Adobe Illustrator. jika Anda tidak terbiasa menggunakan aplikasi desain tersebut, mulailah dengan layanan murah seperti infogr.am atau visual.ly untuk mendapatkan beberapa inspirasi desain. Anda juga dapat menggunakan Canva.com sebagai pilihan desain simple untuk desain yang lebih mudah.

  • Optimasi SEO Lokal

Fokus pada pencarian lokal, dengan membuat halaman Google Plus untuk bisnis anda dan tantadi lokasi kantor atau toko pada Google Maps. Anda juga dapat bekerjasama dengan website atau forum guna menampilkan website bisnis anda. Seringnya website bisnis anda disebutkan di internet akan membantu meningkatkan peringkat di hasil pencarian.

  • Buat Komunitas Online

Membangun komunitas merupakan langkah yang harus anda lakukan. Anda bisa memulainya dengan membalas komentar pengunjung pada blog bisnis anda, atau anda dapat membuat komunitas melalui group sosial media. Wadah ini dapat menampung orang-orang yang memiliki ketertarikan pada bisnis anda.

  • Hadirkan Event Secara Online

Platform yang bisa Anda gunakan pun cukup beragam. Saat ini Google Hangout masih menjadi salah satu favorit para penyelenggara online conference. Di samping itu Anda juga dapat memanfaatkan Skype maupun Telegram.

  • Memanfaatkan Review Site

Para calon pelanggan lebih menyukai bisnis dengan reputasi baik, sehingga anda perlu menghadirkan kesan baik di hadapan mereka melalui berbagai platform di internet. Anda juga bisa memanfaatkan Yelp maupun bekerjasama dengan bermacam-macam blog yang khusus berisi review produk dan layanan. Rating serta testimoni yang diberikan pelanggan nantinya bisa anda jadikan materi pemasaran yang efektif.