HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Domain

Industri Teknologi Harus Tau Domain io Sebagai Alternatif Domain

Seperti yang Anda ketahui, untuk membuat sebuah website diperlukan sebuah komponen yang bernama domain. Domain di sebuah situs web dapat diibaratkan dengan nama jalan. Dengan kata lain, domain adalah alamat yang dapat diakses oleh sejumlah orang yang tidak ditentukan.

Domain io masih merupakan salah satu ekstensi domain yang paling sedikit digunakan. Mengapa? Pasalnya, domain .com masih menjadi pilihan utama dalam membuat website.

Tapi jangan salah paham, domain io juga memiliki banyak kelebihan. Apa saja kelebihannya? Cari tahu lebih lanjut pada artikel ini ya!

Penjelasan Domain io

Domain io adalah domain kode negara atau ccTLD (TLD kode negara) untuk Kepulauan Chagos, Wilayah Britania di Samudra Hindia. Bagaimana domain negara bisa menjadi ekstensi domain yang menjanjikan dan menguntungkan?

Domain io memang termasuk ke dalam kode domain negara, namun saat ini istilah io sering dikaitkan dengan input/output. Dalam sistem komputer, input/output adalah sarana komunikasi antara pengguna dan perangkat pengolah data (komputer). Oleh karena itu, istilah i/o semakin populer di kalangan masyarakat umum.

Salah satu startup indonesia yang menggunakan domain io sebagai ekstensi domain adalah Nodeflux.

Nodeflux merupakan salah satu perusahaan industri yang berkecimpung di dunia teknologi. Nodeflux lebih fokus pada teknologi AI berbasis Computer Vision atau pemrosesan gambar. Nodeflux membuat aplikasi atau sistem yang dapat mendeteksi hanya dengan melalui gambar.

Mengapa Harus Menggunakan Domain io?

Setelah mempelajari mengenai deskripsi domain io, sekarang saatnya memahami mengapa Anda harus menggunakan domain io. Ini dia bermacam alasannya:

Nama Domain Unik

Seperti yang Anda ketahui, domain .com masih menjadi langganan bagi perusahaan yang ingin membuat website. Tapi jangan salah, Domain .com kini semakin langka, dan nama domain pun sulit untuk mencarinya.

Misalnya, sebelum memilih domain io, Anda berencana menggunakan domain .com dengan nama domain harapantani.com. Saat mendaftarkan nama domain harapantani.com, ditemukan bahwa domain tersebut sudah digunakan oleh orang lain.

Yep benar, Anda pasti kesusahan sebagai seorang pengusaha, dan ternyata nama tersebut menjadi merek dagang yang digunakan orang lain. Ini berarti Anda perlu memikirkan kembali branding perusahaan Anda.

Berbeda jika menggunakan domain io. Karena domain io merupakan domain baru, nama domain tetap dapat dipilih.

Apabila Bisnismu Bergeran di Industri Teknologi, Gunakan Domain io!

Banyak industri teknologi menggunakan domain io sebagai ekstensi domain. Salah satunya adalah nodeflux.io.

Nodeflux adalah perusahaan di industri teknologi yang fokus pada pengembangan teknologi AI berdasarkan Computer Vision atau pemrosesan gambar. Nodeflux membuat aplikasi atau sistem yang hanya dapat dikenali melalui gambar. Nodeflux telah merilis banyak produk yang masing-masing dijamin akan membuat Anda terdiam takjub.

Berguna untuk Meningkatkan SEO Website

Umumnya domain io berada dalam kode domain negara. Artinya jika Anda menggunakan domain io di website Anda, hal itu dapat mempengaruhi SEO Anda.

Kenapa begitu? Pasalnya, Google menganggap kode negara sebagai wilayah tersendiri. Biasanya ketika kode negara digunakan, pengguna dianggap sebagai pengguna di negara tersebut.

Misalnya Indonesia mempunyai domain kode negara yaitu domain .id. Domain .id sesuai untuk digunakan website yang menyasar pasar di Indonesia. SEO website Anda akan bagus jika target penggunanya adalah masyarakat Indonesia.

Yap, berbeda dengan domai io. Meskipun domain .io merupakan kode domain negara, Google tidak menganggap domain .io sebagai wilayah eksklusif. Google menganggap domain .io sebagai gTLD, artinya situs web dengan domain .io disebut domain gTLD (.com, .net, dll.).

5/5 - (2 votes)
Nabilah Atikah S

Recent Posts

Caddy: Web Server Modern dengan Konfigurasi Sederhana

Caddy Web Server merupakan platform server web andal yang dirancang untuk mempermudah pengelolaan situs web.…

9 hours ago

Gunakan DNS Tercepat Dan Terbaik Untuk Websitemu

Halo Sobat Teko! Jika Anda familiar dengan dunia website, pastinya Anda sudah familiar dengan istilah…

10 hours ago

Perbandingan NGINX dan Lighttpd: Mana yang Cocok untuk Kebutuhan Anda?

Ketika berbicara tentang web server yang efisien dan andal, NGINX dan Lighttpd sering dibicarakan. Kedua…

2 days ago

Lakukan Optimasi SEO YouTube Dengan Menggunakan Tools Ini

Sebenarnya ada beberapa alat yang dapat Anda gunakan untuk mengoptimalkan SEO YouTube Anda dengan lebih…

2 days ago

Begini Caranya Mengoptimasi SEO YouTube

Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan istilah SEO. Ini adalah cara agar konten Anda…

2 days ago

Apa itu Telnet? Yuk, Kenali Fungsi, Cara Kerja dan Jenis-Jenisnya

Telnet itu apa? Istilah ini lebih dikenal sebagai protokol komunikasi Internet yang memungkinkan pengguna mengakses…

3 days ago