HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Apa Itu SaaS Dan Contoh Aplikasinya

Saas sangatlah akrab dengan kehidupan sehari-hari, misalnya Microsoft Office, Google Docs, dan lain sebagainya yang hanya membutuhkan beberapa sentuhan pada smartphone atau klik pada PC dan laptop.Untuk mengakses dan menggunakan saas, yang kalian butuhkan hanyalah internet.Lalu apa si SaaS itu ?

Pengertian Dari SaaS

SaaS (software as a service) adalah suatu model penyampaian aplikasi perangkat lunak oleh suatu vendor perangkat lunak yang mengembangkan aplikasi web yang diinangi dan dioperasikan,baik secara mandiri maupun melalui pihak ketiga untuk digunakan oleh pelanggannya melalui internet.Penyedia layanan juga sudah menjamin ketersediaan dan reliabilitas aplikasi, sehingga sebagai pengguna,kalian bisa langsung menggunakannya tanpa harus mengeluarkan biaya investasi atau membeli lisensi yang relatif mahal.

Konfigurasi SaaS

Pada dasarnya SaaS hanya memiliki dua bentuk :Vertical SaaS dan Horizontal SaaS.

  • Vertical SaaS
    SaaS dalam vertical berguna dalam menentukan data yang diperlukan dalam suatu sektor perusahaan yang spesifik, seperti sektor perusahaan software,kesehatan, agrikultur, dan keuangan.
  • Horizontal SaaS
    SaaS dalam horizontal lebih berfokus pada sektor software saja, tetapi masih dalam lingkup perusahaan.

Karakteristik Dari SaaS

Berikut adalah beberapa penjelasan tentang karakteristik dari SaaS :

  • Multi Arsitektur

Pengguna dan semua aplikasi memiliki satu infrastruktur yang sama dengan kode dasar yang dapat dikelola dan diolah secara terpusat.Karena berada pada infrastruktur dan kode dasar yang sama, maka vendor-vendor dapat berinovasi dengan cepat tanpa harus membuang-buang waktu.

  • Kostumisasi Mudah

Dapat dengan mudah menyesuaikan aplikasi untuk kebutuhan bisnis tanpa harus merubah atau mengganti infrastruktur pusat. Nantinya berbagai macam perubahan dapat dibuat untuk masing-masing perusahaan. Jadi penyedia layanan SaaS dapat melakukan perubahan sesering mungkin tanpa merugikan para pengguna.

  • Akses Lebih Bagus

Akses data dari berbagai perangkat dapat dilakukan dengan lebih mudah dan cepat.Selain itu layanan SaaS  dapat memantau para pengguna data dan memastikan para pengguna data tersebut dapat melihat data-data yang sama dalam satu waktu.

  • Tren SaaS

Banyak organisasi yang telah mengembangkan berbagai platform integrasi SaaS.Hal ini bertujuan untuk menciptakan dan membangun aplikasi -aplikasi SaaS tambahan.Perlu diketahui bahwa SaaS (Software as a Service) dapat berkembang jauh lebih canggih dibanding dengan software dengan fungsi tunggal.

  •  SaaS Memanfaatkan Konsumen Web

Dengan adanya model SaaS,para pengguna dapat melakukan kustomisasi dengan cepat dan mudah tanpa harus memakan waktu yang lama.

Aplikasi Saas

Beberapa perusahaan memanfaatkan celah yang ada yaitu bisnis SaaS,Ini merupakan bisnis atau usaha yang dijalankan oleh perusahaan dengan memanfaatkan SaaS.Pada umumnya,produk dari bisnis SaaS dapat diakses secara online,baik menggunakan medium aplikasi atau peramban.Di Indonesia sendiri,tidak sedikit perusahaan startup digital yang mengembangkan produk SaaS.

 

Berikut ini daftar startup di Indonesia yang menggunakan aplikasi SaaS :

  • Gawean

 

 

Gawean hadir sebagai platform untuk menjawab persoalan yang dihadapi baik oleh para calon pelamar kerja,maupun perusahaan yang mencari tenaga kerja.Bagi calon pelamar kerja,gawean menyediakan daftar tempat kerja di bidang retail, F&B,serta hospitality dari tempat kerja yang memiliki reputasi yang baik.Lalu untuk para perusahaan yang mencari pegawai,Gawean membantu mempersingkat perekrutan sehingga kalian tidak perlu buang-buang waktu membaca CV pelamar satu-per-satu dan tidak mendapatkan hasil.Dengan sistem Gawean Point Average,akan memberikan daftar kandidat yang direkomendasikan, sesuai dengan kebutuhan,sehingga proses perekrutan menjadi lebih efektif dan efisien.Untuk kalian yang sedang mencari pekerjaan kalian bisa coba menggunakan Gawean ini.

  • Gadjian

 

Gadjian merupakan aplikasi penggajian berbasis cloud (HR & software penggajian) terbaik di Indonesia.Gadjian membantu operasional perusahaan dalam mengelola karyawan serta melakukan perhitungan gaji dan administrasi, perizinan, sakit, cuti, BPJS, PPh21(termasuk multi NPWP) dan pengaturan shift.Dari segi jurnal pengupahan, aplikasi ini telah terintegrasi dengan Jurnal, sebuah software akuntansi. Ini membuat kalian lebih nyaman mengelola administrasi SDM.Pengguna Jurnal dan Gadjian yang mencari solusi untuk memudahkan penghitungan gaji dan jurnal pengupahan dalam satu platform terintegrasi. Kembangkan bisnis kalian dengan Jurnal dan Gadjian.

  • Sleekr

Sleekr atau Software HRIS merupakan aplikasi yang memberikan solusi lengkap manajemen HR yang terintegrasi, mulai dari absensi online,cuti online,klaim atau reimbursement,perhitungan payroll atau penggajian beserta perhitungan PPh 21 karyawan dan iuran BPJS Ketenagakerjaan maupun BPJS Kesehatan.Aplikasi ini sudah di percayai oleh banyak perusahaan.

Fitur di aplikasi ini pun juga banyak seperti :

  • Approval dan Hak akses
  • Aplikasi mobile karyawan
  • Administrasi HR
  • Petty Cash(kas kredit)
  • Klaim dan reimbursement
  • Cuti Karyawan
  • Absensi dan shift karyawan
  • Slip gaji karyawan
  • Pajak PPh 21
  • BPJS karyawan
  • Perhitungan gaji(payroll) dan THR
  • Databasa karyawan,

 

  • MailToGo

Ini merupakan aplikasi online yang dirancang untuk membantu dan memudahkan pelaku bisnis dalam memasarkan produk melalui kanal email. Aplikasi ini berfokus pada layanan otomasi email untuk pemasaran dan sudah dilengkapi dengan fitur terbaru.Aplikasi ini juga sangat membantu pelaku bisnis untuk bersaing dengan produk luar negeri.

Fitur di aplikasi ini pun juga banyak seperti :

  • Kontak Tidak Terbatas
  • Mesin Template Email yang Kuat
  • Email Otomatisasi Cerdas
  • Email Transaksional yang Andal
  • Statistik Email Terperinci
  • Pengirim Kustom

 

  • Sales1CRM

Sales1CRM merupakan layanan berbasis cloud yang fokus di sektor korporasi.Sales1CRM bertujuan untuk membantu perusahaan dalam menjalankan tim penjualan sehingga lebih produktif, kompetitif, dan efisien.

Yang membuat aplikasi ini berbeda dari yang lain adalah :

  • Sederhana : yakni hanya memasukkan fitur yang berguna.
  • Di personalisasikan : ingin membuat seluruh perjalanan ini dipersonalisasi untuk kalian. Domain yang dipersonalisasi,Co-Branding,Kustomisasi.
  • Integrasi  : Dengan API terbuka sales1, Sales1 dapat berintegrasi ke sistem apa pun – ERP, akuntansi, HRIS, WMI, dan lainnya.
  • Peduli : Dukungan teknis sales1 berkomitmen untuk memastikan bisnis kalian berkembang dan berkembang.Sales1 bahkan menyediakan pelatihan online & langsung.

 

  • Quintal

Quintal adalah portal akademis modern penuh yang dibangun untuk melayani sekolah-sekolah di Indonesia.Quintal mengintegrasikan Sistem Manajemen Pembelajaran dan Sistem Informasi Siswa untuk membuat portal akademis terpadu yang mudah digunakan oleh administrator, guru, siswa, dan orang tua.Quintal memberikan pelayanan pemindahan data gratis untuk selamanya.Pengaturan sistem akan sepenuhnya dilakukan oleh tim ahli mereka,Sekolah hanya cukup membantu menyediakan data yang diperlukan saja.Quintal memberikan pelatihan berkala bagi guru dan operator 100% gratis, mulai dari pelatihan dasar, sampai dengan trik trik jitu yang pastinya akan membantu memudahkan keseharian kalian.Quintal memberikan pelayanan dukungan gratis bagi setiap penggunanya, apapun masalahnya, tim kami akan memberikan solusi terbaik lewat telpon,online chat, dan kunjungan langsung ke sekolah.Quintal memberikan update perkembangan fitur-fitur selamanya secara gratis, selama fitur tersebut dapat berguna bagi sekolah.

  • NoLimit

NoLimit adalah layanan SaaS yang berfokus untuk memonitori dan analisis pada media online dengan menggunakan teknologi Big Data,untuk digunakan oleh klien, dengan tujuan bisa mendapakan hubungan antara perusahaan dengan konsumen yang lebih baik.NoLimit sudah berjalan selama 7 tahun dan masih akan terus berlanjut, dengan beberapa produk yang sudah berjalan berdasarkan misi dari NoLimit sebagai Online Media Technology Partner.

  • Jubelio

Salah satu tool berbasis cloud yang menyediakan layanan manajemen pesanan pembeli dari berbagai situs marketplace yaitu Jubelio. Tidak hanya bisnis online saja, pemilik toko offline juga menggunakan aplikasi karena memadukan data transaksi bisnis online dan offline secara otomatis.Jubelio sudah terhubung ke semua Top Online Marketplace di Indonesia.

  •   AkuntansiOnline

Aplikasi ini menyediakan layanan sistem akuntansi virtual yang tidak hanya menyediakan layanan penghitungan saja,namun mendukung konsultasi pendampingan juga.Startup ini memfasilitasi 3 bidang, yaitu pembuatan SOP bisnis dan sistem akuntansi perkantoran, konsultasi bisnis, dan jasa pembuatan laporan keuangan.

 

sekian artikel kali ini semoga bisa membantu kalian semua 🙂

Baca Juga Artikel Ini :

MENARIK CALON PELANGGAN MELALUI TAMPILAN HOMEPAGE

MENGENAL LITESPEED WEB SERVER

TEKNIK MARKETING DENGAN BUDJGET TERBATAS PADA BISNIS ONLINE

TOOL PENDUKUNG YANG EFEKTIK UNTUK ARTIKEL

PERBEDAAN EMAIL HOSTING DAN WEB HOSTING

CARA MENANGANI KOMPLAIN PELANGGAN

TIPE-TIPE PELANGGAN YANG KOMPLAIN

3/5 - (1 vote)
feni

Recent Posts

5+ Blog Pendidikan Untuk Media Belajar Siswa

Keberadaan blog saat ini sangat bermanfaat dalam berbagai bidang, termasuk pendidikan. Blog sendiri adalah sebuah…

11 hours ago

Programmer Bisa Kenali Github Lebih Dalam!

Pengertian Github Github adalah platform pengembangan software online yang digunakan untuk menyimpan, melacak, dan berkolaborasi…

1 day ago

Kamu Harus Tahu! Begini Cara Cek Pemilik Domain

Tentu saja, jika kamu ingin membuat website, kamu harus mendaftarkan nama domain terlebih dahulu. Namun,…

2 days ago

Penasaran Apa Saja Perangkat pada Komputer? Simak Di Sini ya

Seperti yang Anda ketahui, komputer tidak dapat bekerja tanpa tiga komponen utamanya yaitu hardware, software,…

2 days ago

Kenali Apa itu Pop Up, Fungsi hingga Cara Membuatnya

Kamu mungkin pernah mendengar istilah "Pop Up"  dalam beberapa penjelasan artikel. Lalu, apa si Pop…

4 days ago

Begini Cara Setting SSL di Cloudflare!

Setting SSL Cloudflare – Saat ini, HTTPS adalah salah satu upaya yang dilakukan banyak pemilik…

4 days ago