Software Akuntansi terbaik dibangun untuk membantu karyawan dan pemilik bisnis mencapai tujuan yang akan di raih. Meskipun ada banyak sekali software akuntansi yang beredar di pasaran, tidak semua software akuntansi tersebut memenuhi standar sistem akuntansi yang berlaku di Indonesia. Jika tidak menggunakan software akuntansi yang sesuai dengan standar tersebut, maka perusahaan akan mengalami kesulitan dalam mencocokkan dengan peraturan yang berlaku.

Pertimbangan Memilih Software Akuntansi

1. Fitur software akuntansi

Banyak iklan aplikasi akuntansi / accounting software yang menawarkan bebagai modul dan fitur yang menarik, antara lain :

  1. Fitur transaksi keuangan dan laporan lengkap.
  2. Kelola keuangan, inventori, pembukuan, invoicing, perpajakan, laporan.
  3. Mudah & bisa  langsung pakai‎ untuk semua usaha dan semua level bisnis.
  4. Free konsultasi dan user.
  5. Simple dan mudah digunakan.
  6. Cocok untuk UKM.
  7. Support dengan remote desktop.
  8. Berbasis web / cloud dengan teknologi terkini, bisa cek transaksi dari manapun.
  9. Bisa android system.
  10. Free trial dan demo.
  11. Custom made dan modifikasi.

2. Kemudahan dalam menggunakan software akuntansi

Saat sebuah perusahaan mencoba mengimplementasikan accounting software, akan muncul berbagai komentar yang kadang tidak enak didengar. Komentar-komentar seperti itu sering terdengar dari lisan orang perusahaan, dari level manajemen puncak hingga karyawan biasa.

Ada juga perusahaan yang setiap akhir bulan dan akhir tahun ketika akan melakukan closing periodeAtau tutup buku begitu heboh dengan melibatkan hampir semua bagian! dari purchasing, produksi, marketing, dan tentunya bagian akunting & keuangan.

Kemudian ada juga perusahaan yang telah mengimplementasikan accounting software yang terintegrasi dengan semua bagian. Sejak go live sampai maintenance bertahun-tahun masih didampingi konsultannya, sampai-sampai sulit untuk membedakan mana konsultan dan mana karyawan perusahaan. Namun banyak juga perusahaan yang performance-nya meningkat secara signifikan setelah menggunakan aplikasi akuntansi.

Bagaimanapun juga memilih aplikasi akuntansi yang akurat dan terpercaya memang tidak mudah, misalnya mencari fitur yang sesuai dengan kebutuhan proses bisnis perusahaan. Selain itu dibutuhkan waktu, usaha yang sungguh-sungguh, ketelitian, kejelian dan kebijaksanaan yang memadai. Karena keputusan dalam memilih aplikasi akuntansi akan berpengaruh terhadap berbagai aspek, mulai aspek administrasi, keuangan dan seluruh aktivitas perusahaan.

Bila saat ini Anda salah dalam mengambil keputusan dalam memilih aplikasi akuntansi, dalam beberapa tahun kedepan kemungkinan besar harus mengeluarkan dana lagi untuk mengganti aplikasi akuntansi baru.

Contohnya fitur automatic posting yang menjadi salah satu pertimbangan dalam memilih software akuntansi. Dan bisa memfasilitasi semua jenis aktivitas transaksi keuangan serta dapat difungsikan secara efektif. Serta mampu mengantisipasi perkembangan bisnis perusahaan di masa depan.

3. Hal-hal pertimbangan memilih software akuntansi

Berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk memilih aplikasi akuntansi terbaik :

  • Jenis perusahaan

Apa jenis bisnis perusahaan Anda : jasa, dagang, manufaktur, atau kombinasi dari beberapa jenis perusahaan.

  • Aplikasi akuntansi yang digunakan saat ini 

Apakah aplikasi yang sedang digunakan saat ini akan terus dipakai lalu diintegrasikan dengan aplikasi akuntansi yang baru, atau seluruhnya akan diganti dengan aplikasi akuntansi yang baru.

  • Ukur tingkat kemampuan dan pengetahuan akuntansi dan keuangan tim Anda.

Dengan mengetahui tingkat kemampuan akuntansi&keuangan tim Anda sendiri. Maka anda akan dapat menentukan dan membuat daftar modul serta fitur yang dibutuhkan.

  •  Integrasi

Apakah saat ini perlu suatu aplikasi yang bisa mengintegrasikan semua bagian; produksi, inventory, purchasing, penggajian dan perpajakan.

Kalau sudah saatnya menggunakan alat pendukung, software akuntansi terbaik seperti apa yang dibutuhkan?

Bila belum dibutuhkan, maka carilah aplikasi akuntansi yang bisa di-upgrade dengan kebutuhan dan perkembangan perusahaan.

  • Komponen pendukung.Apakah komponen-komponen yang saat ini ada baik hardware maupun software seperti server, network tools, dan operating system masih bisa digunakan ataukah harus baru dengan spesifikasi sesuai aplikasi akuntansi yang baru.
  • Faktor Eksternal.Apakah partner-partner perusahaan mengharuskan suatu sistem yang bisa mempermudah dan memfasilitasi transaksi antar sistem.Bila itu dibutuhkan dan akan meningkatkan performance perusahaan, mau tidak mau perusahaan harus mencari aplikasi akuntansi yang bisa memfasilitasi kebutuhan itu.

    Dari poin 1 sampai 6, maka akan diperoleh sebuah kesimpulan penting mengenai aplikasi akuntansi seperti apa yang akan digunakan? Yaitu sebuah aplikasi akuntansi yang bisa memenuhi kebutuhan perusahaan saat ini dan masa yang akan datang.

Review Software Akuntansi Terbaik

Berikut ini adalah beberapa pertimbangan utama yang perlu di review saat memilih software akuntansi terbaik untuk bisnis, yaitu :

1. Kemudahan dalam menggunakan aplikasi

Tujuan menggunakan aplikasi akuntansi adalah untuk membantu mempercepat pekerjaan. Jika suatu aplikasi malah memperlambat proses pekerjaan karena sulitnya pengoperasian atau membutuhkan waktu yang lama untuk dapat mengoperasikan secara optimal maka sebaiknya mencari aplikasi akuntansi yang lain.

Saat ini hampir semua penyedia aplikasi akuntansi menyatakan bahwa produk mereka user-friendly, mudah digunakan, namun faktanya membutuhkan waktu yang lama untuk bisa mengoperasikan aplikasi itu secara optimal.

2. Support terhadap aplikasi

Ada beberapa penyedia/penjual produk aplikasi ketika menjual produknya, semua dikatakan bagus; produknya, support setelah pembelian (training, maintenance, upgrade), dan dukungan lain. Namun setelah produk itu dibeli, apa yang dikatakan sejak awal tidak sepenuhnya terbukti. Maka pastikan sejak awal bahwa produk aplikasi yang akan dibeli benar-benar memperoleh support penuh dari penyedia/penjual aplikasi.

3. Security dan otorisasi

Data akuntansi dan keuangan adalah data vital bagi perusahaan, sehingga faktor keamanan menjadi persoalan besar yang perlu mendapatkan perhatian. Sehingga faktor keamanan ini harus menjadi pertimbangan penting dalam memilih aplikasi akuntansi.

4. Referensi dan Rekomendasi pihak ketiga

Cari informasi lengkap dari pihak ketiga berkaitan dengan aplikasi yang akan digunakan berkaitan dengan informasi penting seperti pada poin 1 sampai 3. Informasi-informasi itu bisa diperoleh dari yang telah menggunakan aplikasi tersebut dari sumber-sumber independen seperti review profesional, dan dari forum-forum independen tentang aplikasi akuntansi.

Walaupun informasi-informasi tersebut tidak sepenuhnya benar, karena bisa saja datang dari pesaing yang ingin menjatuhkan reputasi aplikasi tersebut. Namun paling tidak hal itu bisa dijadikan bahan referensi untuk menggunakan aplikasi tersebut.

Kesalahan Umum Memilih Software Akuntansi

1. Mengandalkan informasi yang terbatas

Memilih aplikasi akuntansi yang kredibel membutuhkan usaha dan waktu yang tidak sebentar maka sangat penting untuk mencari informasi yang lengkap tentang kebutuhan perusahaan, tentang aplikasinya sendiri dan tentang dampak setelah pemakaian aplikasi tersebut. Oleh karena itu diperlukan studi yang lebih komprehensif dan riset yang menyeluruh mengenai penggunaan aplikasi akuntansi.

2. Mudah terkesan dengan penampilan

Kalimat itu sangat populer pada beberapa tahun yang silam dan kenyataannya secara naluri manusia pada umumnya memiliki kecenderungan untuk terpesona terhadap penampilan luar akan sesuatu. Namun untuk aplikasi akuntansi, yang dibutuhkan tidak hanya sekedar penampilan yang menarik, profesional, warna yang menyejukkan mata dan bening, melainkan reliability dan stability.

3. Pemahaman yang salah terhadap otomatisasi

Aplikasi akuntansi memang sangat membantu mengefesien proses dan operasional perusahaan dalam proporsi tertentu.

“Namun aplikasi akuntansi dan kecanggihan teknologi pada umumnya tidak pernah bisa menggantikan kerja keras, usaha dan kecintaan terhadap perusahaan dan fungsi manusia secara keseluruhan”.

4. Tidak melibatkan banyak pihak 

Bila suatu saat nanti perusahaan sudah mengimplementasikan aplikasi akuntansi maka yang paling merasakan baik dan buruknya aplikasi itu adalah karyawan perusahaan.

“Oleh karena itu perlu melibatkan berbagai pihak, baik manajemen puncak maupun karyawan kunci sejak pemilihan hingga implementasi aplikasi akuntansi”.

Daftar Software Akuntansi Yang Ada Di Indonesia

1. Bee Accounting

Software akuntansi ini besutan anak-anak kota Pahlawan Surabaya. Unik, handal, dan pas dengan bisnis serta perpajakan Indonesia.

Software yang membawa slogan “Software Akuntansi no : 2 di Indonesia” ini terkenal mudah, akurat dan untung.

Ada dua versi, desktop dan cloud tinggal memilih yang cocok dengan kebutuhan bisnis. Sebagaimana di informasikan di situsnya, Bee cloud adalah software akuntansi online berbasis web based dengan sistem Mobile Dashboard Approval.

Kelebihan software Bee Acounting :

  1. Mudah untuk digunakan.
  2. Bisa online multi cabang.
  3. Dapat digunakan di berbagai sistem aplikasi.
  4. Menyediakan versi gratis untuk UKM Indonesia.
  5. Memadahi berbagai kebutuhan perusahaan.
  6. Fitur yang disediakan lengkap.
  7. Telah menyediakan fitur cloud computing.
  8. Harga yang terjangkau.
  9. Support Barcode reader, POS Printer kasir, Cash drawer.

Kelemahan software Bee Acounting :

  1. Terdapat limitasi kuota pada versi BEE UKM series.
  2. Tidak tersedian fitur plugin pada versi BEE UKM Series.
  3. Masih butuh pengembangan.
  4. Belum ada bukti konkrit hasil dari kinerja software tersebut.
  5. Server belum tersedia untuk beberapa versi Mac.

2. Zahir Accounting

Zahir Accounting adalah software akuntansi keuangan terbaik, penuh inovasi yang sangat berbeda dengan software akutansi lain. Zahir Accounting Software disebut “business management software.

Kelebihan software Zahir Accounting :

  1. Mudah digunakan oleh non akuntan karena sudah disediakan formulir khusus untuk menginput semua transaksi umum dalam perusahaan seperti transaksi keluar atau masuk kas, pembelian, penjualan, piutang dan sebagainya.
  2. Desain user interface (tampilan)  menarik dan mudah dipahami karena struktur menu dan icon berupa gambar yang sederhana dan digunakan dalam kehidupan sehari-hari.
  3. Faktur dan laporan dapat didesain sesuai dengan keinginan dan kebutuhan perusahaan serta disertakan berbagai variabel data dan fungsi matematika yang dapat digunakan langsung.
  4. Laporan dapat dikirim via email dan diexport ke berbagai format. Mengirim laporan menggunakan email sangat mudah, cukup membuka laporan yang diinginkan kemudian klik tombol Send Email. Zahir Accounting juga dapat mengexport data dengan tampilan yang sama persis dengan tampilan pada Zahir Accounting.
  5. Menggunakan database client server sehingga menjadi lebih handal untuk menangani data besar, volume transaksi yang sangat tinggi dan tingkat keamanan data sangat tinggi.
  6. Fasilitas dan kapasitas dapat dipilih sesuai kebutuhan sehingga kita cukup membeli paket yang paling murah kemudian memesan fasilitas tambahan sesuai dengan kebutuhan.
  7. Berbagai grafik dan analisa bisnis interaktif yang tersedia dalam satu layar dan setiap grafik dapat diklik untuk dianalisis.
  8. Laporan dapat di klik untuk melihat detail transaksi (audit atau drill down) pada neraca atau laporan laba-rugi akan menampilkan buku besar per rekening. Jika mengklik nomor transaksi maka transaksi asli akan terbuka kembali. Jika mengklik kanan  mouse pada laporan keuangan akan menampilkan jurnal double entry.
  9. Seluruh transaksi dapat diedit dan dihapus.
  10. Memudahkan dalam pengambil keputusan bisnis karena dilengkapi berbagai analisa laporan keuangan perusahaan seperti analisis rasio, break even point analysis, berbagai grafik serta laporan interaktif yang menarik dan terintegrasi.
  11. Memiliki berbagai opsi fasilitas advace seperti :
    • Multi currency, multi price, multi discount.
    • Serial number.
    • Lot number dan expire date.
    • Giro mundur.
    • Sinkronisasi data antar cabang melalui internet dial-up. Hal ini belum dimiliki oleh keempat software di atas. Hal ini mempermudah dalam hal pengendalian perusahaan karena bersifat real time.
    • Predictive input (menginput transaksi berulang kali secara otomatis).

Kelemahan software Zahir Accounting :

  1. Zahir Accounting tidak dapat secara otomatis menghitung biaya per jam, perburuh dan biaya lain dalam akuntansi biaya.
  2. Pada Zahir edisi Flexy Money tidak tersedia fasilitas harga tetap, proyek dan departemen.
  3. Zahir Accounting edisi pendidikan belum mendukung pengeditan (unposting) transaksi penjualan dan pembelian.
  4. Tidak memberikan rekomendasi tentang kebutuhan perangkat yang dibutuhkan serta kompatibel dengan Zahir Pos.
  5. Zahir Pos kurang cepat dan responsif khususnya pada saat menginput transaksi, membuka faktur, menginput produk dan mencetak faktur.

3. Jurnal.id

Jurnal.id didirikan oleh Anthony Kosasih pada tahun 2015. Setelah 5 tahun berkarya software accounting yang ditujukan bagi pengusaha UKM dan bisnis menengah ini telah kian populer dikalangan masyarakat, dan sudah menjadi satu dengan aplikasi lain menjadi Mekari.

Kelebihan software Jurnal.id :

  1. Berbasis cloud sehingga laporan keuangan bisa di monitor melalui gadget dimanapun dan kapan pun.
  2. Ada 11 desain faktur yang akan mempermudah pembuatan faktur sesuai dengan bisnis proses perusahaan.
  3. Pencatatan biaya & penyimpanan bukti yang mudah.
  4. Persediaan mudah dimonitor secara real time.
  5. Laporan keuangan bisa dilihat real time dimanapun & kapanpun.
  6. Manajemen aset, sehingga menjaga nilai aset tetap tinggi & masa penggunaan yang panjang.

4. Software akuntansi berbasis DOS

Hingga saat ini, banyak perusahaan yang masih menggunakan software akuntansi yang menggunakan sistem operasi DOS karena perusahaan enggan untuk mengeluarkan biaya lebih untuk membeli lisensi dari software-software akuntansi terbaru atau perusahaan enggan untuk beralih ke software akuntansi baru karena sudah merasa cukup dengan software akuntansi yang saat ini digunakan.

Kelebihan Software akutansi berbasis DOS :

  1. Membutuhkan spesifikasi komputer yang sangat minim dan bisa berjalan dalam komputer pentium I.
  2. Respon cepat.
  3. Jarang diserang virus. Hal ini karena kebanyakan virus berjalan di sistem operasi Windows, sedangkan  software akuntansi ini menggunakan DOS sehingga cukup aman dari virus.
  4. Real time adalah data yang di input akan segera tersimpan di dalam database, sehingga bila terjadi pemadaman listrik tiba-tiba saat tengah melakukan proses penginputan data tidak perlu melakukan penginputan ulang karena data yang sebelumnya kita masukkan akan secara otomatis tersimpan dalam database.

Kekurangan Software akutansi berbasis DOS :

  1. Tampilan masih monokrom (hitam-putih) sehingga memberikan kesan kurang nyaman pada saat penginputan data.
  2. Memerlukan printer dot matriks dengan harga perawatan printer yang sangat mahal dan bersuara berisik yang dapat mengganggu kinerja perusahaan.
  3. Hasil cetak biasanya memerlukan kertas khusus untuk printer dot matriks dan biasanya berukuran besar (A3) yang kurang efisien.
  4. Sangat sulit untuk melakukan upgrade bila perusahaan mengalami perkembangan usaha.

5. Accurate

Software accounting Accurate telah berdiri sejak 1998, dengan sepak terjangnya yang sudah lama di Indonesia, accurate telah banyak dipercaya oleh masyarakat kita dari berbagai kalangan, bahkan dari kaum pelajar. Accurate 3.3.0 versi bahasa Indonesia merupakan software adaptasi dari Accurate International. Tampilan yang sederhana (mirip MYOB) namun elegan dengan banyak pilihan skin sehingga terkesan modern dan juga untuk menghilangkan kejenuhan karena skin dapat diganti-ganti.

Kelebihan software Accurate :

  1. Kelebihan ada pada segi bahasa, karena terdapat pilihan bahasa Indonesia, sehingga lebih mudah dipelajari.
  2. Kemampuan modifikasi form dan laporan.
  3. Support dengan sistem perpajakan yang berlaku di Indonesia.
  4. Multiuser, multi departemen, multi gudang, multi proyek dan multi currency. MYOB v13 belum memiliki fitur multi gudang dan multi currency sehingga Accurate 3.3.0 ini sedikit di atas MYOB v13.
  5. Sama halnya dengan MYOB dan juga Quickbook, laporan yang sudah dibuat dapat diekspor ke format Microsoft Excel, Notepad, HTML dan PDF.
  6. Mendukung fitur reminder dan email. Hal ini juga dimiliki oleh Quickbook.

Kelemahan software Accurate :

  1. User hanya bisa login sebagai supervisor.
  2. Hanya bisa membuka database di hard disk drive lokal komputer.
  3. Tidak mendapat keistimewaan berupa potongan harga trade in atau major upgrade.
  4. Tidak bisa migrasi.

6. EPICOR

Epicor di nominasikan sebagai Visionary pada Gartner Magic uadrant for single-Insance ERP for Product Cntric Midmarket Companies. Epicor juga telah memiliki lebih dari 20.000 customer dan telah hadir di 150 negara. Dikatakan didalam website, bahwa Epicor memiliki 5 kelebihan yang unik yaitu :

  1. Kolaborasi antara pengguna di perusahaan.
  2. Pilihan lokasi server.
  3. Responsif dengan kinerja hebat & kemudahan pengguna.
  4. Kesederhanaan dengan teknologi Microsoft & interface pengguna yang mudah.
  5. Mobilitas untuk pengguna web dengan transaksi cepat & praktis dengan bantuan langsung.

Kekurangan software Epicor :

  1. Biaya yang besar.
  2. Tenaga kerja sulit beradaptasi dengan keberadaan software Epicor.
  3. Sistem yang lebih rumit.
0 Shares
Baca Juga  Cara Menambahkan Kode Header atau Footer di WordPress