Terdapat banyak cara untuk mendapatkan uang dari blog. Langkah-langkah untuk bisa menghasilkan uang dari blog sebenarnya tidak ribet, hanya saja membutuhkan kesabaran dan ketekunan yang tinggi.

Ada beberapa langkah yang perlu anda lewati, yaitu:

  1. Menentukan Topik Dan Target Pengunjung

Sebelum anda membuat sebuah blog, disarankan anda terlebih dahulu tahu topic apa yang akan dibahas dan juga sudah menentukan siapa target pengunjung blog anda.

  1. Membuat Sebuah Blog

Untuk membuat sebuah blog tersedia banyak pilihan platform yang dapat digunakan. Untuk hasil yang terbaik diaranda anda menggunakan platform yang paling popular. WordPress merupakan platform yang paling popular dibandingkan dengan platform lain yang digunakan untuk membangun blog.

  1. Membuat Konten Berkualitas

Setelah blog anda jadi, anda perlu mengisi blog tersebut dengan konten-konten yang berkualitas. Dengan adanya konten-konten yang berkualitas maka blog anda akan banyak pengunjungnya. Memilki pengunjung blog yang banyak adalah salah satu kunci kesuksesan sebuah blog.

  1. Bangun Kepercayaan

Pengunjung blog merupakan hal yang sangat penting dalam menentukan penghasilan yang akan anda dapatkan. Oleh sebab itu, anda perlu membangun kepercayaan pengunjung dengan memberikan solusi dari setiap masalah mereka yang berhubungan dengan pembahasan di blog anda.

  1. Mempromosikan Blog

Saat ini jumalh blogger di Indonesia sudah sangat banyak yang artinya persaingan akan semakin ketat. Dengan bermodalkan konten yang berkualitas saja belum cukup untuk bisa mendapatkan banyak pengunjung, anda juga perlu mempromosikan blog anda.

  1. Tentukan Sumber Penghasilan

Setelah blog anda mendapat banyak pengunjung, langkah selanjutnya menentukan sumber penghasilan blog. Tedapat banyak pilihan yang biasa anda gunakan sebagai sumber penghasilan blog anda, antara lain:

  • Pasang iklan

Untuk menghasilkan uang dari blog dengan memasang iklan ada dua cara yaitu pertama anda mendaftar keprogram Advertising Networks atau jaringan iklan. Cara kedua anda menawarkan secara langsung kepada calon pemasang iklan untuk beriklan di blog anda atau biasa disebut Direct Advertising.

  • Afiliasi

Melalui program afiliasi anda akan mendapatkan komisi setiap kali ada pengunjung blog yang melakukan pembelian atau melengkapi data melalui link/banner afiliasi. Untuk jumlah komisis tergantung dari produk yang dipromosikan. Konten yang sesuai dan tertarget serta tampilan website anda merupakan hal yang sangat penting dalam afiliasi marketing.

  • Paid review

Anda bisa mendapatkan penghasilan dengan mereview produk atau jasamilik orang lain melalui postingan di blog anda. Pada paid review iklannya dalam bentuk postingan review.

  • Jasa

Anda dapat menawarkan jasa kepada para pengunjung blog, misalnya jasa pembuatan website, desain grafis, dan yang lainnya sesuai dengan keahlian yang dimiliki.

  • Produk

Melalui blog, anda dapat menjual produk yang anda miliki melalui blog. Dapat berupa produk digital ataupun produk fisik.

  • Menyediakan program membership

Salah satu dari program membership adalah metode monetisasi. Metode ini sudah terbukti memberikan penghasilan yang lumayan karena sudah banyak blogger baik di Indonesia maupun di luar negeri yang sudah membuktikan. Program membership pada dasarnya merupakan program dimana anda menyediakan konten premium di blog dan konten tersebut hanya bisa diakses oleh pengunjung yang sudah menjadi member dengan membayar sejumlah uang.

  • Sumber lain

Masih banyak cara yang bisa anda coba sealin dari cara-cara diatas, misalnya

  • PayPal untuk menerima donasi
  • Email marketing
  • Infolinks