HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Tips

Cara Membuat Email Pada Plesk Panel

Plesk Panel adalah salah satu panel premium untuk mengelola hosting atau VPS yang mana telah populer dan banyak digunakan. Berbagai fitur yang ada sangat memudahkan pengguna, termasuk dalam urusan email bisnis.

Salah satu yang perlu dimiliki ketika memulai bisnis berbasis digital adalah Email Bisnis. Alamat email yang langsung mempresentasikan suatu bisnis. Email bisnis ini penting untuk menambah kemudahan dalam memberikan saluran komunikasi kepada calon pelanggan. Selain itu juga bisa menjalankan strategi email marketing nantinya. Karenanya perlu mengetahui bagaimana cara membuat email di plesk panel, untuk kebutuhan email bisnis.

Kepemilikan email bisnis tidak hanya untuk perusahaan besar, namun juga perusahaan yang saat ini sedang merintis, atau bahkan melakukan branding personal memerlukan kepemilikan email bisnis. Karena hal ini menjadi salah satu tanda profesionalisme.

Bukankah akan lebih menarik dan profesional ketika email tidak seperti pengguna lain. Seperti saat ini email misalnya; BISNISSAYA@GMAIL.COM atau BISNISSUKSES@YAHOO.COM. Ketika menjadi info@bisnissaya.com atau kontak@bisnissukses.com maka akan jauh lebih profesional dan menarik.

Syarat Membuat Email Bisnis Pada Plesk Panel

Sebelum membuat email pada plesk panel. Tentu harus mengetahui apa saja yang diperlukan untuk bisa memiliki email bisnis. Berikut adalah apa saja yang perlu dipersiapkan dan dimiliki ketika akan membuat email di plesk untuk bisnis :

1. Domain

Memiliki domain merupakan hal yang dapat digunakan untuk kebutuhan email nanti. Seperti dalam contoh di atas, nama domain akan menjadi nama dalam email misalnya nama@domaianda.com. Maka penting untuk memilih nama domain bisnis yang tepat.

Selain itu juga perlu mencari penyedia jasa domain yang profesional. Hal ini agar terhindar dari domain dengan kualitas buruk karena pernah digunakan sebelumnya. Perlu mewaspadai hal tersebut, jangan sampai domain yang digunakan sebelumnya pernah digunakan untuk tindakan kejahatan atau sesuatu yang tidak menyenangkan.

2. Hosting

Yang terpenting dari sebuah hosting adalah kemampuan dalam menjalankan kebutuhan website dan berbagai hal pendukung, salah satunya email.

Untuk membuat email bisnis di Plesk Panel membutuhkan hosting. Penting untuk memilih layanan hosting murah namun memiliki fitur dan spesifikasi yang mumpuni untuk bisnis.

3. Website

Setelah memiliki domain dan hosting, langkah selanjutnya adalah perlu membuat website. Ini sangat penting untuk menampilkan informasi penting mengenai diri Anda, atau perusahaan di ranah digital seperti saat ini.

Pembuatan website bisa dilakukan secara mandiri dengan menggunakan CMS yang sudah umum seperti CMS wordpress, bisa mendapatkan panduan pembuatan website secara gratis dari penyedia layanan hosting tempat dimana membeli.

Selain itu, bagi yang membutuhkan pembuatan website profesional bisa menggunakan jasa pembuatan website. Yang mana melalui jasa ini bisa mendesain website sesuai kebutuhan tanpa perlu menghabiskan waktu dalam pembuatan secara mandiri.

Cara Membuat Email Pada Plesk Panel

Setelah memiliki domain, memiliki hosting dan sudah selesai membuat website. Maka sudah bisa melanjutkan langkah dalam membuat email bisnis di Plesk panel, dan tentu nantinya bisa lanjutkan dengan memanfaatkan email ini untuk kebutuhan email marketing dari usaha.

Berikut adalah langkah-langkah dalam membuat email pada Plesk Panel, yaitu :

1. Membuat Email Di Plesk Panel dengan Login ke akun Plesk

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah login ke akun Plesk Panel yang telah dimiliki. Link untuk login ke akun plesk panel akan berbeda dari setiap penyedia jasa hosting. Silahkan gunakan username dan password yang telah dimiliki untuk login.

2. Pilih Menu Mail

Setelah berada dalam Plesk Panel, maka akan melihat banyak pilihan menu. Silahkan pilih menu Mail. Tampilan menu mail seperti pada contoh berikut ini :

3. Masuk ke menu Create Mail Address

Setelah klik menu mail, maka akan ada menu baru Create Mail Address, klik menu tersebut untuk kemudian mulai membuat email bisnis.

Masukkan nama akun email di kolom Email address. Kemudian juga perlu mengisi kolom External email address yang digunakan untuk reset ulang password.

Untuk box Can be used to log in to Plesk tidak perlu centang box tersebut. Silahkan centang box pada bagian Mailbox, untuk bisa menerima email dan pilih penggunaan disk yang diinginkan untuk akun email yang baru dibuat.

Jika semuanya sudah selesai, langkah terakhir silahkan klik OK untuk menambah akun.

Jika domain email telah selesai dibuat, maka akan tampil informasi seperti pada gambar berikut :

4. Email Sudah Siap Digunakan

Untuk login ke webmail bisa melakukannya dengan klik ikon menu yang berada di sebelah kanan alamat email. Atau bisa melakukan login dengan memanfaatkan URL webmail.namadomainanda.com (namadomainanda.com bisa disesuaikan dengan nama domain hosting yang digunakan.

Cara Mengakses Email Plesk

Untuk mengakses kotak surat melalui webmail, lakukan salah satu dari yang berikut:

1. Di browser Web, kunjungi URL webmail(dot)example(dot)com, di mana example(dot)com adalah alamat Internet situs web.
2. Saat diminta, tentukan alamat email lengkap  sebagai nama pengguna (misalnya, mail@example(dot)com), dan tentukan kata sandi alamat email.

3. Maka sudah berhasil masuk ke Email Hosting di Plesk Hosting.

Cara Mengakses Email Plesk Melalui Aplikasi Email Client

Install program klien surat di komputer dan mulai. Biasanya, dalam program semacam itu harus menentukan pengaturan sebagai berikut :

  • Nama pengguna. Tentukan alamat email lengkap secara spesifik di bidang ini.
  • Kata sandi. Masukkan password dengan kekuatan maksimal untuk melindungi email.
  • Protokol server surat. Fungsi Mail server protocol adalah untuk menjaga salinan email di server atau tidak. Jika ingin menjaganya, silakan pilih IMAP. Sedangkan jika tidak ingin menjaga salinan email tersebut, silakan pilih POP3. Dengan memilih IMAP dapat mencoba fitur SpamAssassin, untuk menyaring email spam yang diterima. Tentu SpamAssassin harus diaktifkan terlebih dahulu.
  • Server surat masuk (POP3 / IMAP). Pilihlah port untuk mail server protocol yang digunakan. Untuk POP3 menggunakan port 110. Sedangkan IMAP menggunakan port 143.
  • Server surat keluar (SMTP). Tentukan nama domain di sini. Misalnya, example(dot)com. Port SMTP default adalah 25. Tetapkan bahwa server memerlukan otentikasi.
5/5 - (2 votes)
Risa Y

Recent Posts

Amankan Website dari XSS Vulnerability dengan CSP

Ketika kamu ingin membuat website, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan, khususnya tingkat keamanan…

2 days ago

Rekomendasi Website dan Aplikasi Kompres File PDF

Kompresi online file PDF ukuran 200 KB dan 500 KB atau rahasia kompresi PDF di…

2 days ago

Disclaimer: Pengertian, Jenis, dan Cara Membuatnya

Kamu pasti tahu disclaimer di blog, kan? Pasalnya, disclaimer merupakan salah satu tulisan yang sering…

3 days ago

Cara Mudah Menghapus Cache di Google Chrome

Pernahkah Anda mendengar kata cache? Jadi, apakah ada perbedaan antara cache hosting dan cache browser…

3 days ago

Yuk Cari Tahu! Cara Memasang Widget di WordPress

Apakah kamu pengguna WordPress? Apakah kamu ingin menambahkan kalender atau kode HTML ke website? Jika…

4 days ago

Apa Saja yang Harus Dipejalari Untuk Menjadi Seorang IT Support?

Saat ini, karir apa pun yang berhubungan dengan IT menjadi semakin populer. Tak heran jika…

4 days ago