Anda tentunya tidak ingin mengalami masalah dalam mengakses suatu website yang dikarenakan loading page lama. Begitu pula dengan pengunjung website anda. Jangan sampai merka meninggalkan website anda dikarenakan informasi yang yang dibutuhkan terlalu lambat ditampilkan. Loding lama dapat membuat para pengunjung pergi dari website anda. Oleh sebab itu, kecepatan akses merupakan salah satu aspek penting dalam website.

Sebenarnya ada beberapa penyebab suatu website memiliki loading time tinggi, antara lain:

  • Web Hosting: Layanan hosting yang kurang memadai dapat membuat website anda lebih lambat.
  • Konfigurasi WordPress: Jika anda tidak memperhatikan penanganan cache saat melakukan konfigurasi, maka akan berimbas pada kecepatan WordPress.
  • Ukuran File Gambar: Pastikan gambar pada WordPress telah dikompresi maksimal sehingga tidak membebani load website.
  • Plugin WordPress: Beberapa plugin dapat memperlambat load website.
  • Server Hosting: Memastikan konfigurasi dari server hosting.

Cara Mempercepat Loading Website WordPress  

Ada beberapa cara untuk mempercepat loading website WordPress anda, antara lain:

  • Mengaktifkan Caching WordPress

Pada dasarnya plugin caching akan bekerja dengan membuat file html statis, sehingga ketika diakses kembali dapat diakses dengan lebih cepat karena tidak perlu memuat script dinamis yang membebani kinerja server.

  • Pastikan WordPress Menggunakan Versi Update

Upadate dilakukan untuk memperbarui fitur dan menghilangkan bug dalam versi sebelumnya. WordPress yang tidak update lebih lambat dan rentan terhadap ancaman seperti malware, virus, bahkan ancaman hacker. Oleh sebab itu, anda harus selalu melakukan update versi terbaru WordPress.

  • Menghapus Plugin yang Tidak Berguna dalam Website

Banyaknya plugin khususnya plugin yang tidak dipakai lagi hanya akan mengganggu performa WordPress. Anda harus menghapus atau menonaktifkan plugin yang tidak diperlukan ketika mengoptimasi WordPress. Anda hanya membutuhkan plugin yang mempengaruhi kinerja website.

  • Mengoptimasi Gambar

Gambar yang berukuran besar pada website dapat menambah waktu loading, sebab itu anda harus lakukan optimasi. Saat meminimalkan ukuran gambar, pastikan tetap terlihat dengan resolusi yang baik.

  • Menggunakan CDN (Content Delivery Network)

CDN akan membantu website anda lebih cepat diakses dari lokasi manapun, lokasi server mempengaruhi kecepatan akses. Jaringan CDN terdapat di seluruh dunia dan menyimpan file statis website anda.

  • Memilih Tema yang Ringan, Cepat, dan Asli

Disarankan anda sebaiknya memilih tema yang tidak terlalu berat, sehingga saat diakses tidak memperberat load website anda.

  • Minify CSS, HTML, dan JavaScript

Minify adalah salah satu teknik yang berguna jika Anda hendak meningkatkan performa website. Teknik ini akan memperkecil ukuran file front-end dan script (HTML, CSS, JS) dengan cara menghapus karakter yang tidak terkait, seperti space dan komentar, dari file-file tersebut.

  • Mengaktifkan Gzip Compression

Ketika anda menggunakan kompresi Gzip loading website WordPress anda menjadi semakin cepat. Kompresi gzip berfungsi untuk memperkecil ukuran file website CSS, HTML, javascript, json, xml maupun font. Selain mempercepat loading website, sumber daya server dan bandwidth hosting Anda akan menjadilebih hemat.

  • Memperbaiki Broken Link atau Link yang Rusak

Broken link akan mengakibatkan suatu halaman tidak dapat diakses dan menampilkan pesan Error 404, pengunjung yang mengakses website dan menginginkan suatu informasi pasti akan kecewa dan akan langsung keluar dari website Anda. Banyaknya kunjungan halaman yang rusak akan mempengaruhi citra Anda di mesin pencari maupun pengunjung website Anda.

  • Membagi Konten Menjadi Beberapa Halaman

Pagination atau membagi konten mengacu pada teknik untuk menyederhanakan atau memperpendek konten yang lebih panjang. Bagian yang pendek ini kemudian akan ditampilkan satu per satu sebagai halaman terpisah.Umumnya pagination digunakan untuk menampung komentar dikarenakan meloading ribuan komentar secara serentak dapat mengakibatkan kemacetan pada bandwidth.

  • Memilih Layanan Hosting yang Tepat

Jenis layanan yang tepat merupakan salah satu kunci utama cara mempercepat loading website WordPress. Banyak sekali website yang dihosting pada penyedia yang tidak terpercaya dan ternyata website tersebut ditempatkan bersama ribuan situs klien di satu server bersama-sama, sehingga mengakibatkan server anda sangat lambat.