Pembuatan website  digunakan untuk memenuhi kebutuhan seseorang, sehingga diperlukan maintenance dalam memelihara website.

Pemilik website perlu melakukan maintenance secara berkala agar website selalu berada pada peforma yang baik, terupdate dan terhindar dari berbagai masalah.

Anda dapat melakukan maintenance secara mandiri atau meminta kepada salah satu penyedia jasa maintenance website yang memiliki kemampuan ahli dan berpengalaman.

Berikut 5 Alasan Harus Melakukan Maintenance Website

1. Hosting Website Membutuhkan Pemeliharaan

Semakin banyak jumlah viewer yang mengunjungi website anda, dapat menyebabkan loading page di website menjadi lambat akibat CPU usage yang tinggi. Oleh karena itu, anda harus melakukan pemeliharaan terhadap kondisi CPU usage dengan memeriksanya maksimal 3 hari.

2. Membackup Data Website Secara Rutin

Backup data pada website dilakukan untuk menjaga keamanan data anda pada website dari serangan hacker atau virus.  Hal ini dapat dilakukan minimal tiap minggu sekali, sehingga anda tidak perlu khawatir jika pada suatu saat ada hal yang buruk terjadi pada website.

3. Mencegah Serangan Hacker atau Malware

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, bahwa hacker dapat menyerang website siapapun termasuk anda. Hal ini menyebabkan semua data hilang dan  merusak aktivitas website anda.  Maintenance dapat dilakukan minimal setiap 1 bulan sekali menggunakan tools Google WebMaster untuk melakukan perbaikan segera mungkin.

4. Pengunjung Menginginkan Informasi dan Konten Terbaru 

Tentu anda akan merasa bosan ketika membuka website dengan tampilan yang sama. Karena itu, anda harus merubah tampilan website untuk membuat pengunjung betah berlama-lama pada website anda. Semakin up to date informasi yang ditampilkan juga akan meningkatkan jumlah pengunjung website anda. Hal ini dapat dilakukan dengan melakukan pembaharuan pada desain tampilan halaman website dan update kontennya. Idealnya untuk melakukannya dapat dilakukan selama 3 hari sekali.

5. Meningkatnya Persaingan pada Mesin Pencari Google

Munculnya website baru menyebabkan persaingan dalam mesin pencari sehingga anda harus untuk melakukan maintenance  website sehingga menjadi yang terdepan dan traffic meningkat.

 

 

 

0 Shares