Kenapa harus mengetahui cara mempercepat waktu loading website? Diartikel sebelumnya sudah disinggung sedikit mengenai kenapa harus mempercepat waktu loading. Salah satunya adalah untuk meningkatkan kinerja dan juga meningkatkan trafik pengunjung ke website Anda.

Jadi mempercepat waktu loading berarti sangat penting untuk kemajuan website Anda. Tapi tahukan Anda bagaiaman cara mempercepat waktu loading tersebut? Mungkin sebagian sudah sedikit mengerti. Namun tidak ada salahnya jika membahas cara mempercepatnya. Tapi sebelumnya mari cari tahu dulu pengertian dari website dahulu.

Website adalah salah satu bentuk penyampaian informasi di Internet. Simpelnya dapat diibaratkan sebuah lokasi internet, siapapun di dunia ini dapat dikunjungi dan bisa kapan saja mengetahui informasi yang disampaikan di website tersebut dan kepuasan pengunjung sangat bergantung pada kecepatan website saat pertama kali di buka.

Berikut adalah cara mempercepat waktu loading website.

  • Memilih Layanan Hosting Yang Terbaik

Yang pertama agar dapat mempercepat waktu loading adalah memakai layanan domain yang mudah dan memiliki layanan hosting terbaik, karena jika memakai hosting terbaik dipastikan kecepatan web akan lebih cepat dan lebih cepat di akses baik di Negara mana saja.

 

  • Memakai Plugin Cache

Di website terutama WordPress yang memiliki banyak sekali plugin. Namun Anda juga tahu jika menggunakan terlalu banyak plugin akan membuat web menjadi berat. Kenapa demikian ? karena pemakaian plugin untuk menyimpan Cache dari website Anda. Jika Anda ingin memakai plugin Anda dapat memiliki W3 Total Cache atau Wp Super Cache, untuk meningkatkan kecepatan website Anda secara otomatis.

 

  • Mengoptimalkan Home Page

Home page juga dapat mempercepat waktu loading jika dioptimalkan dengan baik, karena pada bagian home page adalah bagian yang paling penting dari situs Anda. Pada bagian home page adalah hal yang pertama kali pengunjung liat untuk mengakses web terntetu. Jadi pengunjung untuk pertama kali melihat adalah pada bagian home page nya.

Jika ingin mengoptimalkan home page Anda dapat melakukan cara berikut ini:

  1. Menampilkan artikel dalam bentuk kutipan bukan hanya tulisan saja.
  2. Membatasi jumlah postingan di bagian home page.
  3. Menghapus beberapa widget yang tidak digunakan atau tidak berguna.
  4. Menghapus plugin tidak aktif dan widget yang tidak dipakai.
  5. Membuat smeinimal mungkin, karena pengunjung datang ke website karena konten website bukan karena widget.

Banyak kemungkinan jika Anda melakukan hal tersebuat, pada bagian home page Anda akan lebih cepat waktu di buka.

 

  • Memilih Tema yang Ringan

Tema memang akan mempengaruhi website Anda. Dengan menggunakan tema yang menarik akan membuat pengunjung senang. Namun apakah dengan menggunakan tema yang bagus dapat membut waktu loading website Anda menjadi cepat? Belum tentu. Terkecuali Anda dapat melakukan coding, maka Anda dapat menggunakan tema tersebut.

Jika Anda ingin merapkan tema yang sesuai pastikan Anda memilih tema yang cepat dan responsif.   Tema responsif adalah tema yang dapat memuat lebih sedikit resources untuk smartphone dan mobile browser atau membuat gambar resolusi tinggi menjadi lebih ringan ketika di buka di smartphone. Banyak tema di WP yang memiliki ukuran yang ringan sehingga mempercepat waktu loading Anda.

Dengan website yang responsive akan meningkatkan SERP website anda di pencarian Google.

 

  • Optimasi Gambar-Gambar Di Situs

Memiliki situs salah satu hal yang penting salah satunya adalah harus memiliki gambar. Gambar ini akan membutuhkan waktu untuk mengakses, biasanya 65% dari konten web. Lalu bagaimana cara mengoptimalisasi gambar yang akan Anda upload ke website.

Cara pertama adalah mencari dimensi gambar maksimal untuk thumbnail serta gambar berukuran medium dan large, Anda dapat menemukan setting ini di Media. Jika mengunggah gambar berukuran 1024px dan area konten Anda hanya 640px, gambar yang Anda upload akan di resize secara otomatis oleh CSS.

Cara kedua adalah memperkecil ukuran gambar yaitu dengan tools atau plugin. Resize gambar disini tanpa mengurani kualitas gambar yang akan di unggah. Tools yang dapat digunakan seperti re Smush.it atau Tinypng. Jika menggunakan WordPress dapat menggunakan Optimus.

Cara terakhir, Anda dapat melakukan Lazy loading. Ini sangat bermanfaat untuk Anda yang memiliki gambar banyak. Gambar website akan muncul jika pengunjung membuka website Anda buka ketika halaman di loading.  Hal tersebut dapat mempercepat waktu loading website Anda tetapi tetap akan terdapat delay dalam menyajikan gambar ketika halaman di scroll ke bawah.

 

  • Menghapus dan Membuang Software yang Tidak Dipakai

Software disini dalah seperti plugin yang tidak terpakai, tema yang sudah lama, AddOn yang tidak terpakai dan fitur lain yang tidak digunakan.

 

  • Mengaktifkan CloudFlare

CloudFlare adalah sebuah tool untuk melakukan caching, yang berfungsi untuk mempercepat loading website Anda.

 

  • Mengurangi Pemasangan Link Aktif di Footer

Di halaman footer biasanya banyak pemilik website yang menambahkan link aktif yang pada periode waktu tertentu melakukan refresh. Kurangi penggunaan link tersebut karena dapat mempengaruhi kinerja situs Anda.

 

Jadi, waktu loading website itu intinya sangat penting jika Anda ingin mengoptimalkan website Anda. Cara diatas dapat dipakai untuk meningkatkan loading time website Anda, dan akan meningkatkan trafik pengunjung Anda.

 

Terimakasih

 

Semoga bermanfaat 😀