Strategi komunikasi  yang ampuh sangat dibutuhkan untuk menarik seseorang ataupun konsumen untuk membeli produk anda, salah satunya yaitu melalui storytelling. Dari sini  anda dapat menceritakan produk  dan membangun brand awareness. Hal ini juga tidak luput dari konsumen yang saat ini mengakses internet, sehingga anda harus merancang cerita yang akan disampaikan seperti menjabarkan circumstance ceritanya dengan memberikan informasi yang penting  mengenai produk anda. Setelah itu gunakan komponen curiosity untuk membuat konsumen merasa penasaran dan akhirnya menginginkan produk anda.

Terdapat lima komponen yang harus selalu ada dalam storytelling, yaitu circumstance (keadaan), curiosity (rasa penasaran), characters (karakter), conversations (percakapan), dan conflict (konflik atau masalah).

Adapun beberapa tips cara menggunakan Storytelling untuk keberhasilan bisnis Anda yaitu:

  1. Gunakan Nama yang Tepat

Nama pada produk anda merupakan identitas yang sangat penting untuk diperhatikan. Dalam membuat nama produk anda hindari penggunaan nama yang rumit dan tidak berhubungan dengan citra dan visi bisnis anda agar mudah diingat. Adapun hal lain yang perlu anda perhatikan adalah ketersediaan alamat domain, seperti penggunaan ekstensi domain  . SHOP, .ONLINE, .STORE, .SPACE dan sebagainya, dimana ekstensi alamat ini akan membantu anda mendapatkan alamat domain yang lebih kreatif.

 

  1. Deskripsikan Produk Secara Retable

Dalam mendeskripsikan produk, anda harus membuat hal menarik yang berhubungan dengan diri mereka sendiri. Hal ini bertujuan agar mereka  merasa diperhatikan , sehingga akan mempertajam identitas brand anda, menciptakan kompetitif yang kuat dan fleksibilitas harga yang lebih tinggi.

 

  1. Pilihlah Gaya Bercerita yang Menarik

Anda dapat menceritakan bisnis dari awal hingga berkembangnya sampai saat ini.

Hal ini bertujuan agar konsumen dapat mengetahui perkembangan startup bisnis anda.

Ceritakan tujuan anda dalam membangun bisnis dan apa saja yang dikerjakan dalam startup bisnis anda, hingga nantinya mereka akan menilai dan menceritakan ulang bisnis anda.

Dalam membuat storytelling, anda dapat menggunakan ilustrasi, video dan foto untuk membuat lebih menarik. Selain itu, gaya bercerita yang cocok dengan konsumen merupakan salah satu cara untuk membuat pelanggan meneruskan storytelling.

 

  1. Perhatikan Struktur Cerita

Langkah-langkah  pada piramida Freytag  dapat anda terapkan  dalam membuat storytelling. Struktur ini membagi cerita menjadi lima busur narasi yaitu eksposisi, komplikasi atau rising action, klimaks, falling action dan resolusi.  Tetapi, pendekatan akan membuat hubungan emosional anda dengan konsumen menjadi lebih dekat.

 

  1. Hindari Penggunaan Fake Claim

Fake claim merupakan cara yang  buruk untuk mendapatkan pelanggan.  Tetapi, hal ini tidak akan bertahan lama. Jika anda terbukti melangar fake claim, tentu orang orang akan meragukan bisnis anda dan menjauhi bisnis anda.

 

Diatas merupakan  artikel mengenai Cara Menggunakan Storytelling untuk keberhasilan bisnis Anda.  Semoga artikel ini dapat menambahkan wawasan  dan pengetahuan baru untuk Anda. Selain itu juga dapat mengembangkan bisnis anda secara perlahan.

Terima Kasih 🙂

 

 

0 Shares