HOTLINE

(0275) 2974 127

CHAT WA 24/7
0859-60000-390 (Sales)
0852-8969-9009 (Support)
Blog

Cara Menjual dan Membeli NFT

Cara Menjual dan Membeli NFT di OpenSea

Apabila tertarik untuk membeli atau menjual NFT, ada beberapa hal yang sebelumnya harus diketahui.

Pertama-tama bisa membeli dan menjual NFT pada beberapa marketplace khusus yang tersedia.

Marketplace NFT dapat dianggap sebagai pasar digital yang menawarkan berbagai bentuk NFT, mulai dari seni lukis hingga gim-gim khusus.

Aset kripto yang nantinya digunakan untuk membeli NFT biasanya bergantung kepada platform yang dipilih. Untuk menggunakan aset kripto dan bertransaksi di situs jual beli NFT, juga harus memindahkannya ke dalam dompet digital seperti Metamask.

Salah satu marketplace yang dianggap paling baik untuk keperluan jual beli NFT adalah OpenSea. Ia memiliki beragam fitur dan opsi yang membuat proses jual beli NFT menjadi lebih mudah dan terpercaya.

1. Cara Menjual NFT di OpenSea

  • Buka profil dan atur akun

Pertama-tama harus mengunjungi laman OpenSea dan membuka profil akun dengan mengklik simbol di bawah ini.

Nantinya perlu menghubungkan akun crypto wallet terlebih dahulu sebelum bisa mengatur profil. Berikut ini merupakan adalah laman profil dan setup crypto wallet OpenSea.

Ketika muncul kata “Connecting”, proses menghubungkan crypto wallet akan segera rampung. Setelah itu bisa langsung mengatur akun dan menambahkan link media sosial, edit username, bio, alamat email, avatar, dan banner profil.

  • Pilih NFT art yang ingin dijual

Untuk menjual NFT, hal yang perlu dilakukan adalah karya yang hendak dijual. Untuk melakukannya  harus klik simbol profil dan pilih opsi “My Collections”.

Setelah menemukan NFT yang hendak dijual perlu menekan opsi “Sell” yang tersedia di sudut kanan atas halaman untuk diantar ke listing page. Listing page merupakan laman di mana daftar NFT yang dijual tersedia.

  •  Tentukan cara menjual NFT

Setelah tiba di listing page akan diminta memilih harga, jenis lelang, durasi penjualan, dan target pembeli NFT yang diinginkan. Sejatinya, ada dua jenis lelang yang terdapat dalam laman OpenSea, yakni “Fixed Prize” dan “Timed Auction”

Lelang “Fixed Prize” adalah proses penjualan di mana harga NFT yang dipertunjukkan tidak akan berubah.

Sementara itu, pada skema “Timed Auction” akan memiliki dua opsi, yakni untuk terus meningkatkan atau menurunkan harga hingga ada yang membeli.

Di sini juga perlu memilih berapa lama NFT akan ditampilkan pada laman penjualan. Opsi default-nya adalah selama 1 hari, 3 hari, atau 1 minggu. Akan tetapi bisa menentukan durasi yang diinginkan secara mandiri.

2. Cara membeli NFT di OpenSea

  • Klik opsi “Explore”

Untuk membeli NFT di OpenSea, hal pertama yang perlu dilakukan adalah dengan mencari terlebih dahulu karya yang dibeli. Bisa melakukannya dengan menekan opsi “Explore” yang tersedia di bagian atas layar laman OpenSea seperti di bawah ini :

Nanti akan menemukan banyak opsi, mulai dari art hingga collectibles. Pastikan memilih opsi yang benar-benar ingin dibeli.

  • Klik “Buy Now”

Setelah menemukan NFT yang ingin dibeli, hal yang bisa dilakukan adalah untuk memulai proses pembelian. Seperti yang sudah dijelaskan, NFT di OpenSea dijual dengan 2 metode lelang, yakni “Fixed Prize” dan “Timed Auction”.

Dalam lelang “Fixed Price”, bisa langsung menekan opsi “Buy Now” yang terletak pada deskripsi produk yang diinginkan. Mungkin akan diminta oleh OpenSea untuk meninjau beberapa detail tentang pembelian sebelum finalisasi.

Hal ini mereka lakukan guna memastikan bahwa tahu persis apa yang sudah dibeli dan untuk membantu  menghindari scammers yang membuat NFT palsu dengan tampilan serupa.

Jika semuanya terlihat aman bisa langsung melanjutkan ke pop-up checkout di mana tersedia detail dapat biaya akhir pembelian. Nanti akan diminta untuk menyetujui persyaratan layanan OpenSea, dan klik tombol “Checkout” untuk menyelesaikan pembelian.

  • Klik “Place Bid”

Beda halnya dalam “Timed Auction”. Di sini, untuk membeli NFT, hal yang harus dilakukan adalah untuk menawarkan harga pembelian.

Tawaran yang ingindiberikan setidaknya harus 5 persen lebih tinggi dari tawaran sebelumnya. Untuk membuat penawaran bisa langsung klik tombol “Place Bid” di halaman deskripsi NFT.

Sekali lagi mungkin akan diminta untuk meninjau beberapa detail tentang NFT untuk memastikan keasliannya. Setelah itu, pilihlah mata uang yang akan digunakan untuk melakukan penawaran. Biasanya akan ada biaya tambahan jika menawarkan mata uang yang belum pernah digunakan.

Masukkan jumlah penawaran dan tanggal kedaluwarsanya. Tanggal kedaluwarsa akan memberi penjual jangka waktu untuk membuat keputusan terkait penawaran. Dapat melihat semua penawaran yang telah diperpanjang dengan kembali ke profil dan menemukan tab “Bids”.

Cara Menjual dan Membeli NFT di MakersPlace

Selain OpenSea, tersedia sejumlah marketplace berkualitas lain untuk keperluan jual beli NFT, salah satunya adalah MakersPlace.

Menurut laman Crypto Wisser, marketplace satu ini cukup digemari karena mampu menerima pembayaran dengan kartu kredit atau PayPal. Tidak hanya itu, sistem keamanan, tampilan UI, hingga proses transaksinya pun dianggap mumpuni dan membuat pengalaman jual beli NFT menjadi menyenangkan.

1. Cara menjual NFT di MakersPlace

  • Buat akun dan upload karya

Jika ingin menjual NFT di situs ini, hal pertama yang perlu dilakukan adalah untuk memiliki akun Makersplace terlebih dahulu.

Caranya sign up-nya cukup simpel. Tinggal kunjungi laman Makersplace dan langsung daftarkan akun di sana. Petunjuknya mudah untuk diikuti.

Berikutnya bisa langsung meng-upload karya seni yang sudah di-mint pada akun MakersPlace. MakersPlace sendiri akan merekomendasikan pengguna untuk meng-upload versi terbaik dan kualitas tertinggi dari kreasi mereka.

Sebagai bantuan tambahan, MakersPlace akan menyediakan fitur penjaga keaslian dan kepemilikan atas kreasi, setelah ia diunggah ke blockchain.

  • Sertakan latar belakang NFT art

Setelah upload karya perlu menceritakan latar belakang karya tersebut untuk membangun hubungan emosional dengan calon pembeli. Untuk setiap karya yang hendak dijual di MakersPlace, menyertakan latar belakang dan cerita di balik karya merupakan suatu hal yang cukup penting.

Sebab, ia biasanya menjadi pertimbangan terbesar pelanggan saat melakukan pembelian, di luar kualitas dan harga karya.

  • Tentukan harga yang relevan

Berikutnya, cara menjual NFT di MakersPlace adalah dengan menentukan harga karya secara relevan.

Menurut laman resmi MakersPlace, pengguna dapat mempertimbangkan biaya dan waktu yang telah mereka keluarkan untuk keperluan produksi karya. Selain itu, mereka juga dapat menyertakan harga yang murah untuk mendorong popularitas. Setelah produk menjadi populer, penjual bisa langsung tingkatkan harga.

  • Tetap konsisten dan share di media sosial

Supaya NFT yang dijual bisa laku, jangan lupa untuk tetap menyebarkan karya secara konsisten. Konsisten di sini bukan hanya mengacu pada rilis karya yang terjadwal, tetapi, juga tema karya NFT yang serupa dan eksklusif.

Jangan sampai karya ciptaanmu mengikuti tema penjual yang lain. Hal ini hanya akan membuat NFT yang dijual tampak membosankan dan tidak otentik. Selain itu, bagikan link penjualan NFT pada akun media sosial. Strategi ini dijamin dapat meningkatkan angka penjualan dengan cepat.

2. Cara membeli NFT di MakersPlace

  • Kunjungi “Marketplace” dan pilih NFT

Untuk memulai pembelian NFT di MakersPlace, hal yang harus dilakukan adalah dengan mengunjungi laman “Marketplace” yang memiliki tampilan seperti di bawah ini.

Seperti halnya di OpenSea, kamu akan menemukan banyak opsi, mulai dari yang populer hingga penawaran karya terbaru. Sebelum mulai membeli, pastikan dulu kamu memilih NFT yang tepat dan sesuai dengan keinginan.

  • Buat penawaran dan klik “Make an Offer”

Setelah memilih NFT yang ingin dibeli, kamu memiliki opsi untuk mengajukan penawaran dengan kartu kredit. Akan tetapi juga bisa menghubungkan crypto wallet, seperti MetaMask, bila memilih pembayaran dengan Ethereum.

Setelah memasukkan rincian pembayaran, silahkan dan buat penawaran untuk sebuah karya seni dengan klik “Make an Offer”.

MakersPlace nantinya akan menginformasikan mengenai jumlah penawaran minimum sebelum melanjutkan.

Terakhir, pindahkan NFT dari platform dan masuk ke dompet pilihan. Pastikan sudah memasukkan alamat yang benar. Konfirmasikan transaksi melalui dompet jika penawaran diterima oleh pembeli.

5/5 - (2 votes)
Risa Y

Recent Posts

Begini Cara Membuat Web Dengan Laravel

Pernahkah kamu mendengar kata Laravel? Bagi developer website pasti sudah familiar dengan istilah tersebut. Laravel…

3 hours ago

Cara Mudah Membuat Redirect PHP

PHP Redirect – PHP dianggap sebagai bahasa pemrograman berbasis web paling populer di kalangan developer.…

5 hours ago

5+ Blog Pendidikan Untuk Media Belajar Siswa

Keberadaan blog saat ini sangat bermanfaat dalam berbagai bidang, termasuk pendidikan. Blog sendiri adalah sebuah…

2 days ago

Programmer Bisa Kenali Github Lebih Dalam!

Pengertian Github Github adalah platform pengembangan software online yang digunakan untuk menyimpan, melacak, dan berkolaborasi…

3 days ago

Kamu Harus Tahu! Begini Cara Cek Pemilik Domain

Tentu saja, jika kamu ingin membuat website, kamu harus mendaftarkan nama domain terlebih dahulu. Namun,…

4 days ago

Penasaran Apa Saja Perangkat pada Komputer? Simak Di Sini ya

Seperti yang Anda ketahui, komputer tidak dapat bekerja tanpa tiga komponen utamanya yaitu hardware, software,…

4 days ago